in , ,

Pasar Bunga Sidomulyo Batu, Surganya Tanaman Hias Murah

Sidomulyo Batu
Sidomulyo Batu

Berwisata tidak harus ke tempat yang mahal dan fancy, kan? Nah, kalau kebetulan teman traveller sedang berkunjung ke kota Batu, ada beberapa tempat yang sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pasar Bunga Sidomulyo Batu. Pasar bunga yang berlokasi di lereng gunung Arjuna ini menyediakan berbagai macam tanaman hias dengan harga terjangkau lho, teman traveller. Seperti apa serunya? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Bobobox Pods Cipaganti, Pengalaman Menginap Unik di Bandung

Pasar Bunga Sidomulyo (c) Erisa/Travelingyuk

Menemukan lokasi Pasar Bunga Sidomulyo cukup mudah, kok. Teman traveller tinggal mengikuti arah menuju taman rekreasi Selecta, kurang lebih seratus meter sebelum sampai ke taman rekreasi tersebut kamu akan disambut gapura besar bertuliskan Kawasan Wisata Bunga Sidomulyo. Yup, letak Pasar Bunga Sidomulyo memang berada di tengah-tengah desa kok, teman traveller. Tepatnya di pekarangan dan teras rumah-rumah warga desa Sidomulyo, Batu.

Sebagian besar warga desa Sidomulyo memang berprofesi sebagai pembudidaya tanaman hias. Jenis yang dibudidayakan pun beragam, dari bunga matahari, lavender, mawar, krisan, anggrek, hingga succulent dan tanaman hias daun seperti pucuk merah atau monstera, semuanya ada. Selain itu teman traveller juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman buah seperti strawberry, jeruk dan apel.

Pasar Bunga Sidomulyo (c) Erisa/Travelingyuk

Karena merupakan salah satu daerah penghasil tanaman hias terbesar di Indonesia, harga tanaman yang dijual di pasar bunga ini dipatok cukup murah. Teman traveller bisa membawa pulang tanaman hias dengan kisaran harga antara Rp 3 ribu hingga Rp 150 ribu saja. Dan apabila kamu berdomisili di luar kota Malang, para petani Pasar Bunga Sidomulyo juga bersedia kok untuk mengirim tanaman yang kamu pesan ke kotamu. Tapi tentu saja harus dalam jumlah besar, ya!

Tak hanya menjadi tempat transaksi jual-beli tanaman hias, Pasar Bunga Sidomulyo juga terbuka lebar untuk teman traveller yang sekedar ingin jalan-jalan atau berburu foto dengan pemandangan sekitar. Pasar seluas 2,5 hektar ini bebas kamu jelajahi dari jam 8 pagi hingga menjelang petang.

Pasar Bunga Sidomulyo (c) Erisa/Travelingyuk

Jika teman traveller memang berniat untuk berburu tanaman hias sebagai buah tangan, jam terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari. Dan jika kamu berniat untuk mengambil beberapa foto di pasar ini, jam berkunjung terbaik adalah sekitar jam 4 sore ketika matahari mulai beranjak kembali ke peraduannya. Kombinasi antara kebun bunga yang luas, langit senja di pegunungan, hawa yang semakin dingin karena kabut mulai turun dan aktifitas pasar yang mulai lengang dijamin membuat hasil jepretan kameramu ciamik banget!

Pasar Bunga Sidomulyo (c) Erisa/Travelingyuk

Jadi tunggu apa lagi, sudah siap menghabiskan hari di Pasar Bunga Sidomulyo, Batu bersama orang tersayang, teman traveller? Jangan lupa pakai pakaian yang hangat dan bawa serta kamera, ya! Next

ramadan
Wayang Krucil

Wayang Krucil, Pertunjukan Seni dari Malang

fi wisata glow kebun raya bogor

Wisata Glow Kebun Raya Bogor, Menelusuri Negeri Dongeng di Malam Hari