in ,

Keindahan Patung Bawah Laut Bali, Penuh Ikan Warna-warni

4 Wisata Bawah Laut Bali

Bali memiliki banyak pantai dengan keindahan bawah laut yang eksotis. Pemandangan bawah laut tidak saja yang natural seperti terumbu karang atau ikan-ikan hias. Sebagian pantai juga memiliki keindahan bawah laut buatan berupa patung-patung yang sengaja ditenggelamkan.

Baca juga : Pesona Empat Puncak Gunung Raung, Ada yang Dijuluki ‘Shiratal Mustaqim’

Putri Menjangan

Patung di Putri Menjangan, Bali.
Patung di Putri Menjangan, Bali. [image source]

Spot menyelam di Pantai Putri Menjangan yang satu ini termasuk salah satu wisata Bali terbaru karena baru dibuka sekitar 2 tahun yang lalu. Sebanyak 10 patung ditenggelamkan oleh komunitas pelaku wisata Forum Konservasi Putri Menjangan (FKPM) di perairan Pantai Putri Menjangan, Buleleng, Bali dengan kedalaman 10-15 meter. 10 patung ini berkisah tentang Putri Menjangan yang sering dipentaskan dalam lakon calonarang. Lokasi patung-patung ini bisa menjadi pilihan menyelam menarik di pantai ini.

Suci’s Place Tulamben

Patung di bawah laut Pantai Tulamben, Karangasem, Bali.
Patung di bawah laut Pantai Tulamben, Karangasem, Bali. [image source]

Pantai Tulamben di Karangasem, Bali sudah lama dikenal turis sebagai lokasi penyelaman. Pantai ini memiliki keindahan bawah laut berupa aneka biota laut dan bangkai kapal USS Liverty. Terbaru bawah laut pantai ini memiliki lokasi penyelaman terbaru bernama Suci’s Place. Lokasi menyelam ini berupa patung-patung seperti patung Buddha dan Dewi Tara. Ada pula lima stupa dan patung-patung Hindu seperti Brahma, Baruna, Wisnu, Siwa, Ganesa dan lainnya. Patung-patung ini sengaja ditenggelamkan secara bertahap mulai 2012 lalu berkedalaman 9-17 meter.

Taman Dewa Pemuteran

Patung di bawah laut Pemuteran, Bali.
Patung di bawah laut Pemuteran, Bali. [image source]

Sebanyak 33 patung dewa mulai ditenggelamkan secara bertahap di Pantai Pemuteran, Buleleng, Bali sejak 2015 lalu. Patung-patung dewa di antaranya Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Masyarakat setempat kemudian menamakan lokasi menyelam ini dengan nama Taman Dewa. Patung-patung ini ditenggelamkan dengan kedalaman antara 7-10 meter dekat pantai. Bagi yang ingin menyelam atau snorkeling lokasi patung-patung ini bisa menjadi pemandangan bawah laut yang menarik.

Temple Point Nusa Penida

Patung Budha di Temple Point Nusa Penida, Bali.
Patung Budha di Temple Point Nusa Penida, Bali. [image source]

Lokasi menyelam ini berada di perairan Pulau Nusa Penida, Klungkung, Bali. Temple Point ini juga dikenal dengan nama Candi Budha. Patung-patung ini sudah mulai ditenggelamkan sejak 10 tahun lalu dengan kedalaman 7 meter. Dahulu lokasi bawah laut ini pemandangannya tidak menarik, setelah adanya patung ini menjadi lokasi yang eksotis bagi wisatawan yang ingin menyelam. Kini patung-patung serupa Candi Borobudur itu sudah mulai ditumbuhi lumut, anemone dan terumbu karang.

Bagi kita yang sudah bosan dengan pemandangan bawah laut natural, pantai-pantai ini bisa menjadi pilihan berwisata bawah laut yang menarik. Bagaimana, seru bukan? Next

ramadan

Penyandang Disabilitas Ini Taklukan Gunung-gunung Tertinggi Dunia

Hotel Murah di Makassar, Tinggal Jalan Kaki ke Pantai Losari Tanpa Nyasar