in ,

Pecel dan Surabi Oranye, Legenda Kuliner di Tasikmalaya dengan Usia Hampira 1 Abad Lamanya

Salah Satu Legenda Kuliner di Tasikmalaya, Pecel dan Surabi Oranye

via Instagram/hari.wijayanto
via Instagram/hari.wijayanto

Jalan-jalan ke Tasikmalaya kurang lengkap jika kamu tidak mencicipi berbagai kuliner nikmat yang ditawarkan. Sangat beragam, mulai dari yang tradisional sampai dengan modern. Nah, kali ini Travelingyuk akan mengulas salah satu legenda kuliner di Tasikmalaya yang keberadaanya sudah ada sejak sebelum kemerdekaan. Namanya adalah Pecel dan Surabi Oranye. Penasaran? Yuk, baca terus.

Baca juga : Deretan Hotel Bintang 5 di Jakarta Pusat, Ada yang Sampai 10 juta, lho!

Sudah Ada Sejak Tahun 1923

Pecel dan Surabi Oranye, via Instagram/hari.wijayanto
Pecel dan Surabi Oranye, via Instagram/hari.wijayanto

Pecel dan Surabi Oranye merupakan salah satu kuliner legendaris yang keberadaanya pantas untuk diperhitungkan. Bagaimana tidak, makanan Tasikmalaya ini sudah hadir meramaikan dunia kuliner sejak tahun 1923. Yaitu hampir 95 tahun berdiri.

Pecel Oranye kini dipegang oleh generasi ketiga. Tidak mengherankan jika sekarang sudah memiliki pelanggan tetap. Bahkan dalam perjalanannya pada masa penjajahan Jepang namanya diganti Pecel Asia. Setelah Jepang terusir dari Indonesia, namanya kembali menjadi Pecel Oranye. Namanya unik, ya.

Rahasia Kenikmata Pecel di Sini

Pecel dengan emping, via Instagram/wiskultasik
Pecel dengan emping, via Instagram/wiskultasik

Menu utama yang disajikan di sini adalah pecel dan surabi. Sambal pecelnya memiliki keunikan tersendiri. Jika tempat lainnya diolah dengan cara diulek ataupun ditumbuk, di sini malah memanfaatkan blender. Bumbu kacang ini sudah dibuat terpisah sebelumnya, dan akan disajikan jika nanti ada pesanan yang datang dengan menambahkan air hangat secukupnya.

Beragam pilihan surabi, via Instagram/oranye27
Beragam pilihan surabi, via Instagram/oranye27

Citarasa dari nasi pecel di sini merupakan perpaduan asam, manis, sedikit asin dan pedas yang disiramkan di atas sayuran rebus. Selain pecel, tempat makan legendaris ini juga menawarkan menu lainnya yang tidak kalah nikmat. Misalnya saja ada gado-gado, lotek, karedok, dan sejumlah makanan Sunda lainnya.

Alamat Pecel dan Surabi Oranye

Serabi di Pecel Serabi, via Instagram/tiatiaramutia
Serabi di Pecel Serabi, via Instagram/tiatiaramutia

Tertarik untuk mencicipi kuliner yang begitu legendaris di Tasikmalaya ini? Langsung datang saja ke Jl. Empang No. 27, Pasar Mambo, Empangsari, Tawang, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. Buka setiap hari mulai jam 10:00 pagi sampai dengan 22:00 WIB. Harganya tidak terlalu mahal, hanya Rp10 ribuan saja.

Pecel dan Surabi Oranye ini bisa dijadikan jujukan jika kamu sedang mencari suapan enak Tasikmalaya saat liburan. Bagaimana, apakah ada Teman Traveler yang sudah mencobanya? Next

ramadan

3D Lampung Walk, Wisata Selfie Pertama di Kota Pisang dengan Puluhan Spot Instagenic

Kedai Kopi at The Barn Bandung, Cafe Unik Tawarkan Suasana Peternakan Tua Rasa Belanda