in ,

Pecel Mbok Bari sejak 1964, Pilihan Tepat Tempat Sarapan Enak di Blitar

Inilah Penjelasan tentang Mbok Bari yang Namanya Melegenda di Blitar

Pecel Mbok Bari
Pecel Mbok Bari

Kamu gemar santap pecel untuk sarapan? Jika kebetulan sedang jalan-jalan di Blitar, ada salah satu tempat yang wajib dicoba, yakni Pecel Mbok Bari. Merupakan tempat makan di Blitar yang menyuguhkan cita rasa bumbu pecel khas, tak bisa didapatkan di daerah lain. Tidak hanya nikmat, pecel ini juga begitu legendaris. Yuk, baca ulasan lengkapnya.

Baca juga : Lokasi Main Skateboard di Malang, Asah Hobi Jadi Makin Asyik

Pecel Mbok Bari yang Sudah Ada Sejak 1964

Pecel Mbok Bari yang legendaris, via Instagram/blitarfoodies
Pecel Mbok Bari yang legendaris, via Instagram/blitarfoodies

Awalnya, Pecel Mbok Bari ini hanya bermula dari lincak (meja pendek) yang digelar di sisi timur trotoar Jl. Ir Soekarno yang dirintis oleh Subari dan istrinya. Setahun setelah Gunung Agung meletus, sekitar tahun 1964, Subari bisa menyewa warung kecil.

Pecel yang nikmatnya sadis, via Instagram/kuliner_masnanda
Pecel yang nikmatnya sadis, via Instagram/kuliner_masnanda

Uniknya, yang mengolah sambal kacang di sini bukanlah sang istri, melainkan Pak Subari sendiri. Dengan telaten, Pak Subari membuat sambal pecel.

Awalnya, ia membuat sambal pecel dengan cara tardisional, yaitu ditumbuk. Jadi, jika sambal tersebut habis, warung akan segera ditutup. Perjalanan yang panjang sampai usahanya bisa bertahan hingga kini.

Ciri Khas Sambal Pecel Mbok Bari yang Nikmat

Siap-siap antri saat datang ke sini, via Instagram/maranataeka
Siap-siap antri saat datang ke sini, via Instagram/maranataeka

Ciri khas yang diusung di sini adalah sambal kacangnya. Mereka menambahkan kencur sebagai bahan baku utamanya. Padahal seperti yang kita ketahui, sambal pecel Madiun ataupun Kediri tak menggunakannya. Tambahan kencur inilah yang membuat sambal Mbok Bari memiliki cita rasa yang segar dan makin nendang.

Tak hanya pecel, tempat makan Blitar ini juga menyuguhkan rawon dan nasi campur sebagai menunya. Ada juga aneka macam lauk yang akan membuat makan makin nikmat saja.

Langganan Artis, Politisi Sampai Pejabat

Pilihan sarapan, via Instagram/nika_liana
Pilihan sarapan, via Instagram/nika_liana

Nama dan kepopuleran dari Pecel Mbok Bari ini telah terkenal seantero negeri. Artis dan pejabat juga makan pecel di sini. Kamu akan melihat banyak foto mereka yang dipajang di dindingnya. Sebut saja Hengky Kurniawan, Baim Wong, sampai dengan Djarot Saiful Hidayat yang merupakan mantan Wakil Gubernur Jakarta, perncah mencicipi pecel di sini.

Alamat Pecel Mbok Bari di Blitar

Pilihan lauk beragam, via Instagram/edihazt
Pilihan lauk beragam, via Instagram/edihazt

Alamat Pecel Mbok Bari ini berada di Jl. Soekarno 217. Jika kamu berangakt dari Makam Bung Karno, bisa berjalan kaki yang jauhnya kurang lebih 300 meter ke arah utara. Kamu juga akan menemukannya dengan mudah lantaran di depannya bertuliskan Pecel Mbok Bari sejak 1964. Satu porsi pecel di sini dipatok Rp10.000, sudah dengan air minumnya. Ada kira-kira enam cabang lain yang bisa dikunjungi.

Sarapan di Blitar, Pecel Mbok Bari ini jadi pilihan yang tepat. Terutama buat kamu yang selama ini terbiasa sarapan dengan pecel. Selamat mencoba. Next

ramadan

Ranca Upas Ciwidey, a Great Camping Ground in South Bandung

Sempat Terbalik dan Oleng, Maskapai Jurusan Makassar-Palu Ini Bikin Panik Penumpang