in , , , , ,

Mengenal Pesta Pemakaman di Negeri Atas Awan Toraja Utara

Perta Kematian Cuma Ada di Toraja

Toraja adalah salah satu destinasi wisata andalan yang ada di Sulawesi Selatan. Toraja sendiri sebenarnya sudah sangat terkenal dikalangan traveler baik domestik ataupun Internasional. Tapi ada banyak destinasi menarik yang tentu belum pernah di kunjungi oleh Teman Traveler nih. Pada kesempatan kali ini Teman Traveler akan diajak ke beberapa tempat yang bisa di kunjungi kalau sedang berkunjung ke Toraja. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Warung Kopi Asiang di Pontianak, Berjualan Tanpa Baju Sejak 1958

1. Kete’ kesu

Peti Mayat Kete’ Kesu (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Mungkin sudah banyak Teman Traveler yang pernah ke sini, tapi pasti juga ada yang masi penasaran tentang situs perkuburan batu kete’ kesu. Penasaran? Kete’ kesu ini adalah salah satu dari lokasi pemakaman orang Toraja pada jaman dahulu, tetapi beberapa keluarga di Toraja masih biasa memakamkan keluarganya di situs ini sampai sekarang.

Pemakaman ini terletak di Toraja Utara. Sebenarnya kete’ kesu sendiri merupakan sebuah desa adat yang mana di dalamnya terdapat beberapa destinasi wisata, beberapa diantaranya ada rumah adat tongkonan, perkuburan batu dan juga pusat penjualan oleh-oleh.

Perkuburan Kete’ Kesu (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Yang paling terkenal dari kete’ kesu sendiri adalah kuburan batunya yang punya bentuk unik. Di sini kuburan batu itu diletakkan dalam peti mati mirip dengan sampan atau perahu kecil. Kalo Teman Traveler ke sana pasti akan kelihatan banyak tengkorak manusia yang berserakan di sekitar lokasi pemakaman.

Selain pemakaman batu yang sangat mistis, Teman Traveler akan menjumpai bangunan-bangunan kecil yang mirip dengan rumah yang ternyata digunakan sebagai makam. Di depan makam itu ada banyak boneka yang menyerupai almarhum yang di makamkan di dalam bangunan tersebut.

Selain makam yang terkenal, kete’ kesu juga punya tongkonan yang umurnya sudah ratusan tahun Teman Traveler. Tongkonan itu adalah rumah adat tradisional masyarakat Toraja. Spot ini bisa Teman Traveler gunakan untuk mengabadikan gambar dengan teman atau keluarga.

2. Tongkonan Malakiri

Tongkonan Malakiri (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Sebenarnya di Toraja ada banyak tongkonan atau rumah adat tradisional yang memiliki nama masing-masing tergantung dari keturunan dari pemilik tongkonan itu. Salah satu tongkonan yang wajib Teman Traveler kunjungi adalah tongkonan malakiri yang ada di Toraja Utara. Nah, di sekitar tongkonan malakiri ini juga ada banyak tongkonan yang menarik seperti yang ada di museum rambu solo’ ne’gandeng. Di sana Teman Traveler akan disambut oleh keramahan penduduk lokal.

3. Dataran tinggi lolai

Puncak Lolai Toraja Utara (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Di sini ada banyak spot dengan pemandangan yang indah. Jika ingin ke lokasi ini, disarankan memakai mobil truk apalagi bersama teman-teman pasti akan terasa sangat seru dan menyenangkan.

Di loali sendiri ada banyak spot keren untuk mengabadikan gambar salah satunya adalah puncak tertinggi pung torra’. Spot ini sangat indah dan menjadi tempat yang pas untuk foto narsis.

Lolai juga terkenal dengan sebutan negeri di atas awan karena letaknya berada di daratan tinggi sehingga jika berada di atas lolai, Teman Traveler bisa melihat pemandangan seluruh Tana Toraja.

4.  Ritual Rambu Solo

Ritual Rambu Solo (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Rambu solo’ ini merupakan ritual kematian orang Toraja di sini. Teman Traveler bisa mengabadikan banyak kejadian yang langkah dan menarik. Ritual ini biasanya dilaksanakan jika ada orang yang meninggal dan akan di makamkan sehingga dilaksanakanlah upacara pemakaman yang sangat besar dan ramai. Saat Teman Traveler ke sini sebaiknya persiapkan kamera karena akan banyak momen menarik yang hanya bisa didapatkan di sini.

Ritual Rambu Solo ini terkenal sebagai pesta pemakaman, pasti teman-teman heran kenapa disebut pesta padahal harusnya berkabung dalam ritual pemakaman. Jadi menurut kepercayaan orang Toraja bahwa orang yang telah meninggal haruslah diantar ke alam kematian secara meriah dan harus melakukan pemotongan kerbau sebagai kendaraan orang yang telah meninggal tersebut. Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat toraja.

Pemotongan Kerbau Rambu Solo (c) Awaluddin Isman/Travelingyuk

Ritual rambu solo juga terkenal sebagai pemakaman termahal di dunia karena dalam pelaksanaannya haruslah melakukan penyembelihan kerbau yang jumlahnya bisa sampai ratusan ekor. Tentu kalau Teman Traveler penasaran silahkan datang langsung ke Toraja dan rasakan keunikan dan kesakralan ritual ini.

Nah itulah tadi destinasi wisata di Tana Toraja yang menarik juga langka. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Teman Traveler. Next

ramadan

Mengintip Transformasi Pemandian Ubalan Pacet yang Kini Lebih Apik dan Instagenic

Makna Rumah Panggung di Kampung Tua Bintombang Kabupaten Selayar