in , ,

Jelajah Pemandian Kendedes, Bekas Tempat Mandi Ratu Kerajaan Singhasari

Ada sisi menarik nih di kolam pemandian ini

Ketika Teman Traveler berkunjung ke Malang, jangan lupa mampir ke Pemandian Kendedes. Selain sebagai tempat untuk pemandian, wisata satu ini juga mempunyai sejarah unik. Adalah wisata ini dulunya merupakan tempat pemandian ratu dari Kerajaan Singhasari. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Mudik Sewa Gerbong Kereta Wisata, Buat Pergi Sekampung

Disambut Koridor Penuh Kolam Ikan

pemandian kendedes
Koridor bagian depan kolam pemandian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat Teman Traveler masuk, kalian akan disambut sebuah koridor panjang layaknya sebuah jembatan. Menariknya lagi, di bawah jembatan terdapat kolam yang penuh dengan ikan hias. Suasana seperti ini akan membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di sana.

pemandian kendedes
Kolam ikan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kolam ikan yang ada di antara jalan koridor ini berisi puluhan ikan mas berwarna-warni yang sengaja di pelihara oleh pengelola pemandian Kendedes. Menurut salah seorang pengurus, keberadaan kolam ini sudah ada sejak dulu dan memang menjadi tempat hidup puluhan ikan lainnya, sebelum akhirnya ditambah beberapa ikan mas oleh pengelola.

Para pengunjung bisa lho memberi makan ikan-ikan tersebut. Kalian bisa membeli pakan ikan di area tempat wisata dengan harga Rp2 ribu per bungkusnya.

Tersedia Kolam Renang Anak

pemandian kendedes
Kolam anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pemandian yang diresmikan pada tahun 1962 ini mempunyai dua jenis kolam di dalamnya. Ada kolam renang anak dan khusus dewasa. Apabila kolam renang anak ukurannya sangat luas, namun tidak terlalu dalam. Dilengkapi juga dengan permainan anak seperti perosotan air yang membuat anak-anak tidak mau beranjak dari sana.

Kolam Renang Dewasa yang Ukurannya Cukup Luas

pemandian kendedes
Kolam renang dewasa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk kolam dewasa ukurannya juga tak kalah luas dengan kolam anak. Bedanya, hanya ada pada kedalamannya. Sisi menarik dari kolam dewasa ini adalah terdapat papan supaya pengunjung bisa melompat dari ketinggian. Tapi, harus tetap berhati-hati ya saat menggunakan papan lompat ini.

Ada Spot Magis di Area Pemandian

lrm_export_20190825_174016_Hmu.jpg
Bangunan suci sekitar pemandian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler memperhatikan dengan jeli, di bagian utara kolam anak terdapat bangunan suci yang tampak magis. Berupa pura kecil yang dikelilingi pagar dan dibalut dengan kain suci. Ada pula sesajen yang diletakkan pada bangunan tersebut. Untuk para pengunjung umum dilarang masuk ke dalam pura kecil ini.

lrm_export_20190825_174318_nLV.jpg
Patung Kendedes (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sekitar sana juga ada Patung Kendedes berukuran besar. Patung ini sebagai tanda kalau dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat mandi oleh Ratu Kerajaan Singhasari. Kalau kalian ingin melihatnya, patung tersebut berada di depan sebuah kolam ikan.

Ada Wahana Bermain untuk Anak

lrm_export_20190825_174252_S3Z.jpg
Wahana permainan anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau anak-anak tak puas bermain di kolam, mereka bisa memanfaatkan wahana permainan di tempat pemandian. Ada ayunan dan juga tempat duduk dari ban yang bisa menghibur mereka. Dijamin deh anak-anak akan puas menghabiskan waktunya di sana.

Nah, untuk Teman Traveler yang sedang berkunjung ke Kabupaten Malang, tidak ada salahnya menyempatkan waktu mengunjungi Kolam Pemandian Kendedes. Lokasinya berada di Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Untuk tiketnya, kalian perlu mengeluarkan uang sebesar Rp13 ribu. Next

ramadan
Salah satu sudut Dusun Semilir

Dusun Semilir Semarang, Super Instagenic di Kota Lumpia

Monas Tetap Idaman Walau Jakarta Bukan Lagi Ibukota