in , ,

Pemandian Sumber Sirah, Berenang Sambil Menikmati Suasana Sawah

Sumber Sirah
Sumber Sirah

Kabupaten Malang selalu menarik untuk dikunjungi karena menyimpan berbagai jenis objek wisata alam yang sangat menarik. Salah satu objek wisata alam itu bisa kita temukan di Jl. Sunan Kalijaga I RT 05/RW 02  Putuk Utara, Putukrejo – Gondanglegi. Di lokasi tersebut kita akan menemukan sebuah pemandian alam yang airnya berasal dari sebuah mata air, namanya adalah Sumber Sirah.

Baca juga : Pantai Wediawu, Wisata Bahari Lengkap di Sudut Malang

Untuk menuju lokasi ini jika kita dari Kota Malang cukup mengambil arah ke Bululawang atau menuju arah yang sama dengan Pantai Balekambang. Setelah sampai di Pabrik Gula Krebet Bululawang kita masih terus mengarah ke selatan sejauh 4 km, setelah itu akan ada sebuah penunjuk arah memasuki kawasan Pemandian Sumber Sirah. Untuk masuk ke area wisata ini kita hanya dikenakan biaya parkir saja, 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil.

1. Lokasinya Berada Di Sekitar Persawahan

Karena memang awalnya Sumber Sirah ini hanya sebuah sumber mata air yang airnya digunakan untuk mengairi persawahan warga, jadi jangan heran kalau kita bisa melihat pemandangan sawah yang masih sangat luas di sekeliling area wisata. Sampai sekarang pun air yang mengalir deras keluar kolam pemandian terus dialirkan menuju area persawahan yang membuat pertanian di sini aktif sepanjang tahun.

Untuk kita yang hobi fotografi, mungkin pemandangan persawahan yang sangat asri ini tidak hanya menarik untuk dipandang saja. Pamandangan aktifitas di persawahan ditambah dengan pepohonan kelapa yang menjulang di tepian sawah menjadi objek foto yang sangat indah. Apa lagi kalau kita datang ke Sumber Sirah di sore hari, suasana sunset di balik pepohonan kelapa dan juga cahaya oranye yang memantul di persawahan membuat suasana semakin menarik untuk diabadikan.

2. Punya Kolam Yang Sangat Luas Dan Jernih

Walaupun Sumber Sirah merupakan pemandian alam yang airnya berasal dari sumber mata air, tapi bukan berarti kolam pemandian ini kecil. Kolam pemandian yang sangat jernih di pemandian ini lumayan luas dengan dihiasi tanaman hijau dibawahnya yang bisa dilihat dengan jelas ari atas kolam. Karena di semua sisi kolam renang sudah dibendung dengan dinding semen, jadi kita bisa turun dari berbagai sisi kolam yang ada tangganya. Benerenang mengitari keseluruhan kolam pemandian ini sangat cocok untuk kita yang suka olahraga renang.

3. Kolam Tidak Terlalu Dalam, Siapapun Boleh Mandi

Untuk kita yang tidak bisa berenang datang ke Sumber Sirah tentunya tidak perlu khawatir, karena secara  keseluruhan kedalaman kolam pemandian ini bisa ditapaki oleh laki-laki dewasa tanpa berenang. Jadi kita bisa bersantai sambil berendam menikmati dinginnya air kolam. Tapi kita tetap perlu memperhatikan bahwa letak pusat sumber air kolam ini berada di pojokan kolam berada di area sekitar pepohonan dan diberikan pagar dari kawat, sehingga kita dilarang mendekati atau masuk ke area tersebut mengingat kedalamannya bisa mencapai lebih dari 3 meter.

Untuk pengunjung yang masih khawatir tenggelam walaupun kedalaman kolam yang masih memungkinkan untuk kita berendam, di area pemandian Sumber Sirah ini kita juga bisa menyewa ban untuk bermain air. Dengan cukup merogoh saku sebesar 5000 rupiah saja kita bisa mneyewa dan menggunakan ban sepuasnya sampai kita pulang. Dengan menggunakan ban untuk bermain di kolam air tentu sangat menyenangkan mengingat arus air ini sangat tenang.

4. Ada Aliran Sungai Yang Bisa Untuk Mandi

Karena memang Sumber Sirah ini adalah kolam penampungan sumber air untuk pengairan sawah, di sebelah selatan kolam kita bisa menemukan sebuah alirah sungai yang cukup deras berasal dari dalam kolam Sumber Sirah yang mengarah ke persawahan. Sungai yang lumayan luas dan airnya masih tetap bersih dan jernih disertai arus yang cukup kuat menjadikan tempat ini banyak dijadikan arena bermain anak-anak yang kebanyakan adalah warga sekitar. Mereka biasanya mandi di sungai ini tepat di bibir buangan air dari dalam air. Selain itu saat pagi hari biasanya kita juga mendapati ibu-ibu mandi dan mencuci pakaian di aliran sungai ini.

5. Melihat Ikan-Ikan Kecil Di Sela Tanaman Air

Di hampir seluruh bagian kolam pemandian kita bisa menemukan tanaman air berupa ganggang air tawar yang sangat indah. Tapi kalau kita ingin melihat yang lebih indah kita harus ke arah pojok barat area kolam, karena tempat ini jarang digunakan wisatawan untuk mandi maka tanamannya pun terlihat sangat terawat dan masih belum rusak. Air yang sangat bening membuat kita juga bisa melihat ikan-ikan kecil berwarna hitam yang berenang diantara ganggang di bawah kolam. Area ini juga cocok untuk kita menyelam dan mengambil gambar.

6. Spot Foto Yang Asik

Selain mandi menikmati segarnya kolam air, di Sumber Sirah juga disediakan spot berfoto yang lokasinya di tepi pemandian. Kalau kita menemukan sebuah bangunan toko di tepi kolam, kita cukup menaiki anak tangga menuju atap dan menemukan sebuah spot foto berupa tempat duduk untuk bersantai yang terbuat dari bambu. Area spot foto ini juga dilengkapi pagar kayu yang membuat kita aman. Selain mengambil foto kita juga bisa memanfaatkan tempat ini untuk sekedar duduk berantai bersama kekasih.

7. Lokasi Wisata Yang Teduh

Lokasinya yang berada di pedesaan dan di sekitar area persawahan membuat pemandian Sumber Sirah masih sangat teduh dan asri. Ini karena di sekitar kolam pemandian masih terdapat pepohonan besar yang tetap dipertahankan dan meneduhkan lokasi wisata. Bahkan pepohonan beringin dan bambu yang liar juga masih dipertahankan hidup di tepian kolam. Suasananya semakin sejuk karena pengelola tempat ini juga menempatkan beberapa pot dengan bunga-bunga cantik yang menghiasinya.

Teduhnya area di lokasi wisata ini menjadikan kita nyaman berlama-lama di sini. Apa lagi di bawah pepohonan yang sangat rindang juga disediakan beberapa tempat untuk kita duduk santai melihat pengunjung mandi di kolam. Di seluruh sudut lokasi wisata ini kita juga bisa menemukan banyak sekali tempat sampah yang membuat tempat ini terjaga kebersihannya. Next

ramadan

Bledug Kuwu, Wisata Unik di Grobogan

Keindahan Wisata Alam Geopark Ciletuh Yang Menjakjubkan