in , ,

Keindahan Wisata Alam Geopark Ciletuh Yang Menjakjubkan

Keindahan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Mulai dari wisata pantai, gunung hingga wisata modern tersuguhkan untuk siapa saja yang ingin menikmatinya. Banyak wisata alam yang memang sudah diakui mancanegara sehingga menjadi warisan alam yang harus dilestarikan keberadaannya. Salah satunya adalah Geopark Ciletuh. Keindahan Geopark Ciletuh bukanlah rahasia umum lagi. Wisata ini menawarkan paket lengkap untuk para pecinta wisata alam.

Baca juga : Ombak Menggulung Pantai Dlodo, Surga Peselancar di Kota Tulungagung

Geopark Ciletuh menjadi incaran banyak wisatawan. foto via tripzilla.id

Geopark Ciletuh yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, berjarak kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari Jakarta jika ditempuh dalam keadaan tanpa macet. Bagi pecinta wisata alam, Geopark Ciletuh menjadi pilihan tepat dengan paket lengkap. Terdapat 7 curug dengan masing-masing keunikannya. Curug Cimarinjung misalnya, diantara rimbunan pohon ditambah alirannya yang deras membuat pengunjung terasa sejuk terkena cipratan air terjun dari dekat.

curug sondong dengan keasrian sekitar yang menyekujkan. Foto via hargatiket.net

Wisata curug lainnya dapat ditempuh secara mudah adalah curug sondong dengan aliran kembarnya yang tinggi. Sampai sampai pengunjung sudah bisa menikmati dengan mengintip keindahan curug ini dari parkiran. Masih berada diarea yang sama, dengan treking kurang lebih 15 menit didalam hutan yang cukup lebat. Pengunjung dapat menemukan Curug Cikanteh dengan lebih dari 2 aliran air terjun. Keindahan alam dengan berbagai macam panorama terbentuk dari geologi wilayah yang sangat menawan

Curug Awang layaknya air terjun niagara. Foto via nativeindonesia.com

Tak hanya satu hingga 2 air terjun dikhawasan tersebut, tak jauh dari curug sondong, Berkendara kurang lebih 30 menit, terdapat Curug Awang dan Puncak Manik. Dari parkiran, pengunjung dapat turun mendekat pada aliran Curug Awang yang disebut mirip Niagara Falls, apabila musim hujan dan debit air deras sepanjang ujung hingga ujung bebatuan. Tak hanya air terjun yang menyuguhkan keindahan kepada pengunjung, namun suasana lain, pengunjung juga bisa bermain air di Pantai Palangpang/Ciletuh. Di ujung pantai, terlihat jelas megahnya aliran Curug Cimarunjung. Atau pengunjung bisa menyewa perahu untuk singgah di Pulau Kunti dengan pasir putih dan goa kelelawar pinggir laut.

Luasnya Laut selatan juga dapat dinikmati dari beberapa puncak atau bukit yang telah disediakan pemerintah setempat. Diantaranya Puncak Darma yang terkenal dengan keindahan sunsetnya. Ingin melihat area geopark lebih luas, pengunjung juga bisa melipir ke Puncak Aher yang terletak dekat bukit paralayang. Jika ada kesempatan dan keberanian, wisata Geopark Ciletuh juga dapat dinikmati dari atas langit melalui tandem paralayang.

Pantai Palangpang dengan pasir puntihnya yang menawan. Foto via travelspromo.com

Sisihkan uang Rp 500 ribu dan pengunjung akan diajak terbang di bumi pasundan lebih dari 5 menit (tergantung angin dan cuaca), memandang sekaligus hamparan laut selatan, persawahan, bukit, sungai, hingga beberapa curug dari ketinggian. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, terdapat berbagai pilihan tempat menginap. Diantaranya dekat curug, pesisir pantai, maupun di area atas Bukit Panenjoan. Next

ramadan
Sumber Sirah

Pemandian Sumber Sirah, Berenang Sambil Menikmati Suasana Sawah

Tips Liburan Tetap Nyaman Saat Musim Hujan