in , ,

Pemandian Tirta Budi, Pesona Alam Mirip Blue Lagoon Islandia

Menikmati Pesona Alam Memikat di Pemandian Tirta Budi, Blue Lagoon-nya Jogja

Pemandian Tirta Budi
Pemandian Tirta Budi via Instagram.com/

Percayakah Teman Traveler bahwa Jogja ternyata punya pemandian yang tak kalah indah dibanding Islandia? Namanya Pemandian Tirta Budi dan banyak orang menyebutnya setara dengan Blue Lagoon. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga : Pilihan Chinese Food di Solo, Nuansa Oriental di Bumi Jawa

Serupa Tapi Tak Sama

blue_lagoon_tatra_2_QTv.jpg
Pemandangan di sekitar sumber mata air via Instagram.com/tatrakuncara

Pemandian Tirta Budi sekilas memang suguhkan panorama mirip Blue Lagoon di Islandia. Bedanya, pemandian di Jogja tidak memiliki sumber air panas. Sensasi berendam di sini sungguh menyegarkan. Cocok banget buat Teman Traveler yang mendambakan sensasi liburan bernuansa alam.

blue_lagoon_irma_8UM.jpg
Sungai kecil di sekitar pemandian via Instagram.com/irmanovianty

Tempat wisata alami ini bisa Teman Traveler temukan di Kabupaten Sleman, Jogja. Pesona keindahannya benar-benar mirip dengan destinasi serupa di Islandia. Tak perlu jauh-jauh datang ke Pasifik Selatan, kalian sudah bisa menikmati keindahan serupa di Kota Pelajar.

Jernih dan Alami

blue_lagoon_antniaf__2__9xP.jpg
Menikmati suasana alam via Instagram.com/antniaf

Pemandangan di sekitar sini benar-benar masih sangat alami. Teman Traveler bisa lewatkan waktu sambil berendam atau bermain air.

Tempatnya sendiri terdiri dari tiga kolam alami, yakni Sendang Lanang, Sendang Wadon, dan Sendang Belik. Masyarakat lokal sudah lama memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Namun memasuki 2014, barulah diubah menjadi objek wisata.

pemandian tirta budi
Menikmati kesegaran sumber air via Instagram.com/izzadli07

Dengan pesona sumber airnya yang berwarna kebiruan, Pemandian Tirta Budi kerap jadi destinasi favorit bagi sejumlah wisatawan Jogja. Berendam di sini, Teman Traveler bakal rasakan sensasi kesegaran yang luar biasa. Begitu menceburkan diri, sensasi dingin dan segar bakal langsung menyergap.

Belum Banyak Dijamah

pemandian tirta budi
Airnya dingin dan segar via Instagram.com/tatrakuncara

Meski sudah dikelola sebagai tempat wisata, tempat ini masih cukup jarang terdengar di telinga wisatawan lokal dan Internasional. Tempatnya bisa dibilang cukup jarang dijamah. Masih kalah dengan destinasi lain yang lebih populer di Jogja, seperti Museum Merapi, Malioboro, Keraton, maupun Benteng Vredeburg.

pemandian tirta budi
Berendam di pemandian via Instagran.com/nadhifhisyam

Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya wisata satu ini sangat worth it untuk dikunjungi. Pemandangan dan suasana pedesaannya masih terjaga dengan baik. Jika Teman Traveler ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, bisa sewa homestay di sekitar pemukiman warga. Fasilitasnya cukup lengkap kok, jangan khawatir.

Wisata Air untuk Musim Kemarau

pemandian tirta budi
Nikmati keseruan bersama teman via Instagram.com/

Meski memasuki musim kemarau, sumber air di sini takkan pernah kering. Dengan kata lain, bisa dikunjungi setiap saat. Namun demikian, destinasi wisata ini cukup jauh dari Jogja. Teman Traveler harus mengarahkan kendaraan menuju Kabupaten Sleman untuk menuju sini.

Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke pertigaan Jalan Kaliurang KM 13. Setelah itu ambil jalur ke arah kanan, lanjutkan terus ke timur hingga sampai di Pasar Jangkang. Setelah terus ke arah kanan hingga menemukan Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Tiket masuknya sendiri sangat murah, dijamin takkan menguras kantong. Teman Traveler bisa berkunjung mulai pagi. Mereka biasanya baru akan tutup pukul 17.00. Tertarik mampir? Jangan lupa datang jika sedang menjelajah wisata Jogja ya. Next

ramadan
Menikmati Panorama di Puncak Samarinda

Puncak Samarinda, Berkemah di Atas Awan

Galian Panggunguni, Replika Kelimutu di Tulungagung?