in , ,

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Saat Mengunjungi Penanjakan Bromo?

Penanjakan Bromo
Penanjakan Bromo

Gunung Bromo adalah destinasi wisata yang sangat populer di Jawa Timur, di Indonesia, bahkan di Dunia. Ini bisa kita lihat dari banyaknya wisatawan yang datang setiap harinya, mulai dari wisatawan lokal sampai luar negeri. Salah satu spot di wisata Gunung Bromo yang menjadi tujuan pertama adalah Penanjakan atau View Point, karena dari atas sini kita bisa melihat segala keindahan dan momen yang ada di gunung Bromo.

Baca juga : Bebas Liburan ke Pulau Jeju! Korea Selatan Akan Berlakukan Bebas Visa untuk WNI

Penanjakan ini lokasinya ada di kawasan Tosari Kabupaten Pasuruan, dan berikut beberapa hal yang kita lakukan dan yang bisa kita dapatkan saat berada di Penanjakan Bromo.

1. Menikmati Suasana Negeri Di Atas Awan

Golden momen atau saat yang tepat menyaksikan panorama Gunung Bromo dari atas Penanjakan ini tentunya mulai dari sebelum matahari terbit sampai selepas matahari terbit sekitar pukul 7 pagi saja. Dan kalau kita beruntung di saat-saat itu akan ada awan putih tebal yang ada di bawah kita menyelimuti padang pasir di sekitar Gunung Bromo, sedangkan Gunung Bromo, Batok, dan Semeru hanya terlihat ujung puncaknya saja. Hal ini membuat kita merasa benar-benar berada di negeri atas awan. Momen seperti ini tidak kita dapatkan setiap hari.

2. Melihat Pemandangan Perkampungan Suku Tengger Dari Atas Bukit

Berada di atas Penanjakan Bromo bisa membuat kita terkagum-kagum melihat pesona alam di bawahnya. Salah satunya lagi adalah jika kita melihat ke sisi timur dari puncak Penanjakan kita akan bisa melihat Desa Sukapura yang merupakan perkampungan asli Suku Tengger. Desa itu berada di wilayah Kabupaten Probolinggo yang letaknya di atas sebuah bukit yang ujung tebingnya langsung tertutup awan putih yang indah. Akan semakin indah kalau kita menyaksikan pemandangan ini bersamaan dengan terbitnya matahari. Untuk menyaksikan pemandangan ini yang paling tepat bisa datang ke lokasi Penanjakan atau View Point Bukit Kingkong.

3. Berfoto dengan Pose Gila

Kalau kita berwisata ke Bromo dan menuju ke View Point Penanjakan 1 pasti suasananya akan sangat ramai, karena spot ini memang tempat paling ramai di antara spot penanjakan lainnya. Yang bisa kita lakukan adalah dengan sedikit turun ke bawah bukit dan melihat view Gunung Bromo dari sisi yang berbeda. Di titik ini kita akan menemukan beberapa pohon yang bisa kita gunakan untuk bergaya saat mengambil foto, tentunya dengan gaya segila dan seunik mungkin. Yang paling penting pandangan kita tidak akan terhalang kepala pengunjung lain, seperti yang terjadi jika kita cukup berdiam diri di atas spot utama Penanjakan 1.

4. Menikmati Sunrise

Penanjakan memang disediakan untuk tempat melihat terbitnya matahari. Kita bisa memilih mau ke spot Penanjakan 1, Bukit Kingkong, Bukit Cinta, atau Dingklik yang masing-masing memberikan pemandangan yang sama dengan alternatif berbeda. Tentunya dengan naik ke penanjakan fenomena matahari terbit memang akan dengan sangat gamblang bisa kita lihat. Walaupun kadang berkabut tapi indahnya tetap tiada tara.

Berwisata ke Bromo dan menikmati matahari terbit di Penanjakan memang sangat indah, tapi akan lebih sangat indah lagi kalau menyaksikan momen ini bersama pasangan dan bermesraan langsung di depan hangatnya sinar matahari yang perlahan terbit. Selain hanya menikmatinya tentu kita juga bisa berfoto mesra di lokasi ini mengingat suasananya sangat mendukung. Karena keindahan suasana matahari terbit di Penanjakan inilah yang kadang juga ada pasangan yang melakukan foto prewedding di spot ini.

5. Menikmati Pendaran Sinar Mentari Di Tengah Kabut

Apa jadinya kalau kita sudah terlanjur naik ke Penanjakan untuk menyaksikan matahari terbit tapi malah suasananya berkabut menghalangi pandangan?, tentu kita harus tetap bersabar di tempat ini karena biasanya kabut tidak akan lama menyelimuti Penanjakan ini. Tapi di sisi lain kalau kabut tidak kunjung pergi, suasana pendaran cahaya matahari terbit yang kuning keoranyean ini membuat suasana semakin indah untuk kita abadikan. Fenomena kabut ini juga kadang yang dikagumi pengunjung karena mereka menyukai udara dingin dengan banyak kabut, alasannya adalah di kota mereka tidak mendapatkan suasana tertutup kabut seperti ini.

6. Berpose Dengan Mengibarkan Bendera

Berwisata ke Gunung Bromo tentunya kita jangan sampai lupa membawa perlengkapan untuk berfoto. Salah satu perlengkapan berfoto di alam yang tidak boleh tertinggal adalah bendera merah putih. Berfoto menggunakan bendera merah putih yang kita kibarkan dengan bangga akan menunjukkan kalau kita sangat mencintai tanah air kita, sekaligus memberi tahukan kalau Indonesia itu indah dengan memiliki panorama seperti di Gunung Bromo ini.

7. Mengamati Pemandangan Jalan Di Atas Perbukitan

Masih di kawasan Penanjakan Bromo tepatnya di spot Dingklik yang merupakan spot paling bawah di area penanjakan, kita bisa menyaksikan juga pemandangan Gunung Bromo dari tempat ini. Tapi yang tak kalah indah adalah kita bisa menyaksikan keindahan perbukitan yang di atasnya terdapat jalanan yang menjadi rute turunnya kendaraan khas Bromo yang biasa kita sebut “jeep” ke daerah lautan pasir. Perbukitan yang hijau dangan dinding bebatuan yang terlihat tinggi dari kejauhan, ditambah pemandangan deretan mobil yang sedang antri untuk turun di jalanan menjadi pemandangan tersendiri, dan tentunya kita bisa mengabadikannya.

Itu tadi beberapa hal yang akan kita dapatkan dan bisa kita lakukan saat kita tiba atau berada di destinasi Penanjakan Bromo. Walaupun hanya berfungsi sebagai view point matahari terbit dan hanya banyak dikunjungi mulai dini hari sampai pagi saja tapi tentu keindahannya sangat istimewa. Next

ramadan
Gunung Welirang

Pendakian Gunung Welirang, Jalur Berbatu yang Bikin Rindu

fi wisata museum di Jepang

4 Wisata Museum di Jepang, Ada yang Paling Banyak Dikunjungi di Dunia