in , ,

Langgar Aturan, 10 Pendaki Gunung Dempo di-blacklist

Jangan sampai ditiru

pendaki gunung dempo
membawa kayupanjang umur

Gunung Dempo yang berlokasi di Sumatra Selatan dengan ketinggian 3.159 mdpl ini menyuguhkan  keindahan alam yang luar biasa. Lereng Gunung Dempo menawarkan sajian hijau mempesona dari perkebunan teh yang terhampar luas. Topografi alamnya yang berbukit-bukit, dan lanskap alam yang cantik membuat para pendaki menjadikan Gunung Dempo incaran agenda pendakian. Namun, baru-baru ini pengelola Gunung Dempo baru saja mem-blacklist 10 pendaki? Ada apa ya?

Baca juga : Trekking ke Bali Utara Untuk Berjumpa Air Terjun Terindah di Pulau Dewata

Kronologi Pendakian

Ilustrasi pendakian Gunung Dempo via ig/@elisabeth_okt

Awalnya, 10 pendaki yang berasal dari Lawang, Palembang, dan Lubuk Linggau melakukan pendakian pada 8 Januari 2021. Saat melewati shelter 1 jalur pendakian, seorang pendaki perempuan tiba-tiba pingsan dan satu lagi mengalami kesurupan. Bahkan, perempuan tersebut mengungkap kata yang tidak jelas dengan kondisi tak sadarkan diri. Tim Ranger pun datang untuk mengevakuasi 10 pendaki tersebut.  

Membawa Pulang Kayu Panjang Umur

Ilustrasi via ig/@erhugokilz

Setelah dievakuasi, salah seorang petugas menemukan kayu panjang umur yang dimasukkan dalam kantong kresek hitam. Bukan hanya satu, tapi banyak. Bahkan, petugas menemukan sampah logistik yang tak sesuai dengan catatan saat registrasi pendakian. Padahal, kayu panjang umur merupakan tanaman endemik Gunung Dempo yang makin langka keberadaannya. Di dalam SOP pendakian juga telah dijelaskan bahwa setiap pendaki dilarang menggambil atau menggunakan kayu panjang umur di Gunung Dempo selama aktivitas pendakian. Menurut ketua Brigade, Arindi, kayu panjang umur atau sering disebut cantingi ini sering kali diambil oleh para pendaki hanya sebagai ajang pembuktian bahwa mereka telah sampai di Gunung Dempo.

Sanksi yang Diberikan

Ilustrasi via ig/@semutsavana

Walhasil, 10 pendaki Gunung Dempo yang mengambil kayu panjang umur tersebut harus menerima sanksi berupa blacklist atau larangan mendaki selama 3 tahun sejak 14 Januari 2021 – 14 Januari 2024. Usut punya usut, 10 pendaki tersebut bukan hanya melanggar satu peraturan saja. Peraturan lain yang dilanggar ialah ketidaksesuaian jumlah pendaki dan jumlah di lapangan. Serta pendakian melewati jalur yang sudah ditutup.

Mengenal Kayu Panjang Umur di Gunung Dempo

Ilustrasi via ig/@photokosong

Apa sebenarnya kayu panjang umur? Ia adalah pohon endemik yang tumbuh di ketinggian 2500 – 3000 mdpl. Di beberapa gunung juga terdapat tanaman endemik seperti bunga edelwais. Tanaman tersebut sangat dijaga keberadaannya karena peran pentingnya dalam keberlangsungan ekosistem. Sementara, populasi kayu panjang umur di Gunung Dempo ini terus menurun. Oleh karenanya, sangat disayangkan jika para pendaki mengambil tanaman ini sesuka hati.

Pengalaman 10 pendaki yang di-blacklist ini sudah sepatutnya menjadi pelajaran bagi semua pendaki agar mematuhi peraturan selama pendakian. Bukan hanya peraturan, tapi seyogyanya Teman Traveler menjaga agar kehidupan di gunung tetap asri. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

tangga seribu bandung

Wisata Murah dengan Pemandangan Indah di Tangga Seribu Bandung

Pelangi cafe

Kaum Rebahan Kumpul yuk! Pelangi Cafe Bogor Sajikan Pemandangan Alam Keren