in , , ,

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung dengan Budget Minim

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Ada yang Pernah Lewati Jalur yang Sama?

Kawah Gunung Sindoro (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.153 mdpl. Gunung ini berlokasi di antara Temanggung dan Wonosobo. Jika berkunjung ke Gunung Sindoro, maka Teman Traveler juga akan dapat melihat Gunung Sumbing yang berada di seberangnya. Gunung Sindoro dan Sumbing sering disebut sebagai Gunung Kembar karena lokasinya yang berdekatan. Jadi, bagaimana sih pemandangan dan track yang akan Teman Traveler tempuh jika mendai Gunung Sindoro via Kledung? Berikut ulasannya!

Baca juga : Museum Dewantara Kirti Griya, Rasakan Sensasi Perjuangan Bapak Pahlawan Pendidikan Indonesia

Fasilitas Basecamp

View dari Sunrise Camp (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Fasilitas basecamp Sindoro via Kledung sendiri sudah sangat lengkap. Mulai dari ruang aula yang sangat luas untuk para pendaki yang ingin singgah dan beristirahat sebelum dan sesudah pendakian. Tidak hanya itu, terdapat juga toilet bagi Teman Traveler yang ingin membersihkan diri setelah pendakian, Teman Traveler juga dapat mengisi ulang baterai handphone, terdapat juga tikar untuk bersantai dan tempat sampah untuk menjaga kebersihan basecamp. Ada juga lahan parkir untuk motor Teman Traveler yang dikenakan biaya Rp10.000/motor.

Biaya Retribusi Gunung Sindoro

Pos 2 Gunung Sindoro (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Untuk biaya retribusi untuk memasuki kawasan Gunung Sindoro sebesar Rp20.000/orang. Bagi Teman Traveler yang lapar setelah perjalanan jauh, di sekitar basecamp juga terdapat banyak penjual makanan mulai dari nasi, lauk, mie rebus, bakso dan mie ayam dengan harga yang lumayan murah yakni mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000 saja.

Terdapat pula beragam jenis minuman seperti air mineral, teh dingin atau teh hangat, kopi, minuman instan seperti nutrisari dan lain-lain. Harganya pun sangat murah yakni mulai dari Rp1.000 hingga Rp5.000. Bagaimana Teman Traveler? Tidak buat kantong jebol kan? Teman Traveler juga dapat membeli nasi bungkus untuk di makan di pos 3 sembari bersitirahat.

Estimasi Waktu Pendakian

Jalur Pendakian Sindoro via Kledung (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Waktu yang akan Teman Traveler tempuh dari basecamp menuju pos 1 kurang lebih sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Jika ingin menghemat waktu Teman Traveler dapat menggunakan ojek sampai pos pertengahan antara pos 1 dan pos 2 dengan harga Rp25.000/orang. Jarak dari pos 1 menuju pos 2 akan Teman Traveler tempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan.

Jalurnya Cukup Terjal (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Berangkat pos 2 menuju pos 3 kurang lebih membutuhkan waktu selama 2 jam. Medannya yang cukup terjal membuat Teman Traveler harus berhati-hati. Perjalanan dari pos 3 menuju sunrise camp kurang lebih ditempuh selama 30 menit. Begitu sampai, Teman Traveler dapat mendirikan tenda di sunrise camp sembari mengistirahatkan diri untuk melanjutkan pendakian menuju puncak di pagi hari.

Ringkasan Estimasi Pendakian

Pos 3 Gunung Sindoro via Kledung (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk
Perjalanan PerposWaktu Tempuh
Basecamp – Pos 130 Menit
Pos 1 – Pos 21 Jam
Pos 2 – Pos 32 Jam
Pos 3 – Sunrise Camp30 Menit
Sunrise Camp – Pos 41 Jam 30 Menit
Pos 4 – Puncak1 Jam 45 Menit

Sport Foto Instragramable

Sunrise Gunung Sindoro (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin melakukan pendakian untuk mencari spot foto istagramable, Teman Traveler bisa berfoto ketika matahari terbit (sunrise) atau saat matahari tenggelam (sunset) sembari menikmati pemandangan nan indah. Menikmati matahari terbenam dari sunrise camp sangat menyenangkan, terlebih jika Teman Traveler menyaksikannya bersama pasangan. Suasananya akan sangat romantis! Jangan lupa ditemani dengan segelas kopi hangat di sore hari agar momen tersebut terasa lebih sempurna.

Estimas Keseluruhan Biaya

Latar Belakang Gunung Sumbing (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Berikut ini, penulis berikan rincian biaya perjalanan untuk Teman Traveler yang ingin menghemat biaya pendakian.

KeperluanBiaya
Bensin PP Sleman-TemanggungRp40.000/motor
RetribusiRp20.000/orang
Makan Dan Minum
Di Basecamp 2 Kali
Rp26.000/orang
Camilan Bekal
Untuk Pendakian
Rp50.000
Parkir MotorRp10.000/motor
Pemandangan dari Gunung Sindoro (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Bagaimana? Cukup terjangkau bukan untuk biaya pendakian Gunung Sindoro? Apakah Teman Traveler berminat untuk mendaki salah satu gunung favorit Jawa Tengah tersebut? Selain udaranya yang segar pemandangannya menawan yang akan Teman Traveler peroleh sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Next

ramadan

Toilet Transparan di Tokyo, Buat Masyarakatnya Jadi Makin Bahagia!

Pelestarian Bahasa Negara di Kota Tua