in ,

Penumpang Meninggal di Pesawat, Inilah yang Akan Terjadi!

Hal yang Akan Terjadi Apabila Penumpang Meninggal di Dalam Pesawat

Ilustrasi Penumpang Meninggal di Pesawat via Pexels
Ilustrasi Penumpang Meninggal di Pesawat via Pexels

Walaupun terbilang tidak sering terjadi, namun ada saja kasus penumpang meninggal di dalam pesawat alias saat penerbangan sedang berlangsung. Seperti yang pernah terjadi pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Semarang dan Lion Air Jakarta-Denpasar.

Baca juga : Jamu Pasar Legi Kotagede, Klasik dengan Racikan Otentik

Tahukah Teman Traveler apa yang akan dilakukan oleh para kru ketika peristiwa tersebut terjadi? Berikut informasi selengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Meminta Bantuan Penumpang Berprofesi Dokter

Ilustrasi Meminta Bantuan Penumpang Berprofesi Dokter via Pixabay
Ilustrasi Meminta Bantuan Penumpang Berprofesi Dokter via Pexels

Awak kabin memang telah dibekali dengan sejumlah skill yang berhubungan dengan pertolongan pertama. Menurut laman thesun.co.uk, apabila menghadapi situasi darurat, mereka akan meminta bantuan kepada penumpang yang berprofesi sebagai dokter maupun paramedis. Hal tersebut merupakan langkah pencegahan sebelum pesawat mendarat.

Tidak Diumumkan Demi Kenyamanan Penumpang Lain

Ilustrasi Tidak Diumumkan Dalam Pesawat via Pexels
Ilustrasi Tidak Diumumkan Dalam Pesawat via Pexels

Apabila upaya medis telah dilakukan secara maksimal namun penumpang meninggal. Maka terdapat beberapa prosedur yang akan dilakukan para kru.

Kalau Teman Traveler sering mendengar berita kematian melalui toa masjid. Berbeda perlakuan dengan penumpang yang meninggal di dalam pesawat. Peristiwa tersebut tidak diumumkan demi kenyamanan penumpang lain.

Dibaringkan di Tempat Kosong

Ilustrasi Dibaringkan di Ruang Luas via Pexels
Ilustrasi Dibaringkan di Ruang Luas via Pexels

Jenazah penumpang yang meninggal di dalam pesawat, biasanya akan dibawa ke bagian yang tidak ada penumpangnya. Namun apabila tidak ada, setidaknya dibawa ke tempat dengan penumpang yang lebih sedikit. Setelah itu, jenazah diletakkan dalam posisi berbaring.

Ditutupi dengan Selimut atau Dimasukkan ke Plastik Jenazah

Ilustrasi Ditutupi dengan Selimut via Pexels
Ilustrasi Ditutupi dengan Selimut via Pexels

Bukan hanya dibaringkan, namun jenazah juga ditutupi dengan selimut. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk menghormati jenazah. Akan lebih baik lagi dimasukkan ke dalam plastik jenazah. Tentunya jika fasilitas tersebut disediakan oleh maskapai penerbangan.

Dipasangkan Seatbelt Apabila Tak Ada Lokasi Lain

Ilustrasi Dipasangkan Seatbelt via Pexels
Ilustrasi Dipasangkan Seatbelt via Pexels

Jenazah dipindahkan ke lokasi yang lebih luas dan kosong tujuan lainnya adalah demi kenyamanan penumpang yang lain. Namun apabila terpaksa tidak ada kabin yang kosong dan harus tetap di tempat duduk semula. Maka, sebaiknya pasangkan seatbelt pada jenazah dan tetap ditutup dengan selimut.

Diantarkan ke Rumah Sakit Setelah Pesawat Landing

Ilustrasi Diantarkan ke Rumah Sakit via Pexels
Ilustrasi Diantarkan ke Rumah Sakit via Pexels

Setelah pesawat mendarat, pihak maskapai penerbangan biasanya akan membawa jenazah ke rumah sakit terdekat. Tentunya untuk diberikan perlakuan selayaknya orang meninggal. Kalau penumpang tersebut tidak terbang bersama keluarga. Maka pihak maskapai akan segera menghubungi kerabatnya.

Itulah setidaknya hal-hal yang akan terjadi apabila ada penumpang meninggal di dalam pesawat. Teman Traveler yang berprofesi sebagai dokter maupun paramedis pernah menghadapi situasi darurat serupa? Next

ramadan
Hostel di Ubud dengan Kolam Renang via Instagram @bernardbsimon1

Hostel di Ubud dengan Kolam Renang Nggak Sampai 100 Ribu, Modal Dikit Bisa Relaks

Bermotor ria dari Stasiun Lempuyangan

Motoran Keliling Jogja, Kayak Apa Sih Serunya?