in ,

6 Pepes Khas Nusantara, Rasa Nikmatnya Tiada Dua

Pepes Khas Nusantara Nikmatnya Juara

Via Instagram kulinerkotajakarta

Bukan Indonesa jika tidak memiliki keragaman yang patut untuk dibanggakan. Mulai dari tradisi, budaya, tempat pariwisata sampai makanan, Indonesia memiliki beragam pilihan yang layak untuk diperhitungkan. Salah satu makanan khas Indonesia yang diolah dengan cara dikukus adalah pepes. Istilah pepes ini juga berbeda di setiap daerah, ada yang menyebutnya sebagai pais (Sunda), ada pula yang menyebutnya sebagai brengkesan (Jawa) dan masih banyak lainnya. Terlepas dari penyebutan namanya yang berbeda, banyak juga lho pepes khas Nusantara yang bisa dinikmati kelezatannya.

Baca juga : Saung Apung Napak Sancang, Berburu Kuliner Khas dengan Suasana Berbeda Kota Kembang

1. Pepes Ikan

Pepes Ikan, Via Instagram astriepasaribu

Ikan merupakan varian yang paling umum dijadikan pepes. Jenis ikannya juga beragam, ada ikan mas, ikan kembung, ikan patin, ikan bawal, bahkan ikan lele sekalipun juga dijadikan sebagai pepes. Rasanya sangat nikmat sekali, disantap saat dengan sepiring nasi hangat. Ditambah sambal dan kerupuk, perpaduan yang jos.

2. Pepes Ayam

Pepes Ayam, Via Instagram galuhristya

Selain ikan, ayam juga menjadi pilihan daging yang dijadikan sebagai pepes. Bisa ayam kampung ataupun juga ayam potong. Bisa diolah dengan parutan kelapa ataupun juga dibumbu pedas dengan tambahan rempah. Pepes khas nusantara dengan isian daging ayam ini juga memiliki banyak penggemar, tak kalah dengan pepes ikan. Apa kamu salah satu penggemar pepes ayam?

3. Pepes Tahu

Pepes Tahu, Via Instagram mjsetiabudi

Pepes khas nusantara versi yang lebih ekonomis adalah dengan isian tahu. Yup, bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini juga menjadi salah satu langganan untuk membuat pepes. Ada yang membuatnya versi pedas dan ada pula yang tidak pedas sama sekali. Tahu dihancurkan kemudian dibumbui, lalu dibungkus dengan daun pisang dan selanjutnya dikukus beberapa saat.

4. Pepes Jamur

Pepes Jamur, Via Instagram leelhaaprillia

Ada pula masyarakat yang memanfaatkan jamur untuk diolah dengan cara dipepes. Untuk jenis jamurnya, biasanya orang-orang memanfaatkan jamur tiram. Sangat cocok bagi kamu para pecinta olahan jamur. Tekstur dari pepes jamur ini kenyal dan enak. Nikmatnya tidak kalah dengan daging sapi atau daging ayam. Cocok buat kamu yang vegetarian juga nih.

5. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting, Via Instagram kepitingbenten

Di Kalimantan Timur, kepiting diolah menjadi pepes yang rasanya sangat nikmat. Daging kepiting yang digunakan di sini adalah daging soka atau kepiting lemburi. Dagingnya diambil ditambahi dengan berbagai bumbu dan dibungkus dengan daun pisang. Dikukus sampai matang dan dipanggang di atas bara api dan siap disantap. Pepes kepiting dan nasi hangat, perpaduan yang komplit.

6. Pepes Kodok (Swike)

Pepes Kodok, Via Instagram elizabeth_widya

Terakhir ada pepes yang terbuat dari paha kodok atau yang disebut juga dengan swike. Paha kodok yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu pepes dan dibungkus dengan daun piasang. Olahan ini banyak terdapat di Purwodadi. Selain dipepes, swike di sini juga digoreng ataupun juga diolah dengan cara lainnya.

Kira-kira bahan apa lagi ya yang biasanya digunakan untuk pepes di daerahmu? Yuk berbagi, supaya sama-sama tahu. Next

ramadan
Bubur Ayam Enak di Surabaya

Sarapan Murah Kenyang dengan Bubur Ayam Enak di Surabaya

Sebelum Everest, Ini Gunung-gunung yang Telah Ditaklukan Dimitri dan Mathilda