in , ,

Perpustakaan Soeman HS, Ikon Provinsi Riau

Perpustakaan Riau
Perpustakaan Riau

Kota Pekanbaru, ataupun Provinsi Riau secara keseluruhan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam begitu berlimpah. Berada di pesisir timur Pulau Sumatera, apapun jenis sumber daya alam yang bernilai ekonomis tinggi dapat ditemukan seluruh penjuru Riau.

Baca juga : Jelang Penutupan, Ini 4 Hal Menarik di PRJ

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Minyak bumi, gas alam, karet, sampai kelapa sawit berperan banyak
bagi kesejahteraan masyarakat di provinsi Riau dan sekitarnya. Selama hampir 2 dekade terakhir, Provinsi Riau khususnya kota Pekanbaru terus tumbuh menjadi salah satu kawasan penting di Pulau Sumatera. Ini dibuktikan dengan pembangunan beberapa mega proyek di berbagai penjuru daerah.

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Salah satu hasil dari mega proyek pemerintah Riau yang berdiri megah di jantung kota Pekanbaru adalah Perpustakaan Wilayah Riau. Gedung Perpustakaan tersebut menjadi magnet baru bagi kota ini. Dibangun dengan dana hampir mencapai Rp. 150 miliar, Perpustakaan Wilayah Riau atau yang bernama resmi Perpustakaan Soeman H.S ini dinobatkan
sebagai gedung perpustakaan terbaik yang ada di kawasan ASEAN.

Sejak diresmikan pertama kali tahun 2008, Pustaka Wilayah Soeman HS telah menjadi ikon dan juga landmark baru bagi masyarakat kota
Pekanbaru.

Asal Usul Nama dan Sejarah Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Wilayah Riau ini diberi nama resmi Perpustakaan Soeman H.S. Nama ‘Soeman H.S’ sendiri merupakan pribadi yang tidak asing lagi bagi masyarakat Riau. Beliau merupakan sosok pejuang dan juga pendidik yang sangat dihormati oleh masyarakat di Provinsi Riau dan sangat berjasa bagi kemajuan daerah ini.

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Perpustakaan megah ini diresmikan tahun 2008 oleh Wakil Presiden pada masa itu Bapak Jusuf Kalla dan saat ini dikelola oleh Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau. Perpustakaan Soeman HS berdiri di lahan bekas kantor DPRD Kota Pekanbaru.

Filosofi dan Arsitektur Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Perpustakaan Soeman H.S dirancang untuk memacu naiknya angka membaca bagi generasi muda di Pekanbaru.  Arsitektur Perpustakaan Soeman H.S jika dilihat dari kejauhan hampir mirip seperti meja kecil yang biasa digunakan sebagai wadah membaca kitab suci Al Quran.  Gedung ini dianggap berhasil memadukan sentuhan ornamen Melayu, Islam, dan juga konsep bangunan modern. Arsitektur Perpustakaan ini tentu saja tidak lepas dari demografis masyarakat yang ada di kota Pekanbaru, yakni Melayu Riau yang kental dengan agama Islam.

Fasilitas yang Ada di Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Teman-teman traveler yang pertama kali datang ke Pekanbaru biasanya akan mengeluhkan temperatur di  kota ini yang begitu panas. Namun tenang, jika anda mengunjungi Pustaka Wilayah Soeman H.S, ruang
gedung ini dilengkapi dengan AC di seluruh sudut bangunan. Tentu saja ini juga dimaksudkan agar membuat masyarakat betah berlama – lama dan melakukan aktivitas  di sini.

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Perpustakan Soeman H.S sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata edukasi dan sejarah. Di pustaka ini terdapat sekitar lebih dari 200.000 eksemplar buku dari beragam bidang pengetahuan. Mulai dari buku pendidikan, untuk mahasiswa, untuk pelajar, umum dan buku untuk anak-anak juga tersedia.

Perpustakaan Soeman HS (c) Arief /Travelingyuk

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan

Bagi teman-teman yang baru pertama kali berkunjung ke Pekanbaru dan ingin menjajal wisata edukasi yang satu ini, tidak lah sulit untuk menemukannya. Selain bangunannya yang menjulang tinggi sehingga terlihat dari kejauhan kota, Perpustakaan ini terletak di Jalan Protokol yang dapat diakses dari sudut manapun di kota ini. Next

ramadan
fi wisata kuliner malam di surabaya

Wisata Kuliner Malam di Surabaya, Cocok Sebagai Menu Sahur

Things You Can Do In Penglipuran Bali