in , ,

Bingung Mempersiapkan Petualangan ke Alam Bebas? Begini Caranya!

Langkah-langkah mempersiapkan petualanganmu menjadi lebih matang

Perencanaan dalam kegiatan alam bebas sangat berbeda dengan sebuah perencanaan perjalanan biasa. Ada bagian bagian tertentu yang memang membutuhkan perhatian lebih agar perjalanan tidak berakhir dengan hal hal yang buruk atau tidak diinginkan, apalagi kegiatan ini hampir sepenuhnya dihabiskan di hutan, yang artinya sulit untuk menemukan pertolongan jika terjadi sesuatu di sana.

Baca juga : 10 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Wisatawan di Nusa Lembongan

Sebagai referensi, berikut ini telah di rangkum beberapa langkah atau point penting yang perlu mendapat perhatian dalam perencanaan perjalanan di alam bebas.

Tentukan Lokasi Tujuan

activity_adult_adventure_1308751_N2s.jpg
Ilustrasi Menentukan Lokasi via Pexels/Travelingyuk

Perjalanan akan terasa memuaskan jika bisa mencapai lokasi akhir yang ditargetkan sebelumnya. Nah, dalam merencanakan perjalanan, pemilihan lokasi adalah langkah awal untuk mengetahui ke mana nantinya kita akan berlabuh dan sejauh apa kita melangkah. Pemilihan lokasi merupakan poin pertama untuk merancang rencana perjalanan berikutnya. 

Kumpulkan Data dan Studi Pustaka

adult_cactus_camera_297755_zZP.jpg
Ilustrasi Pengumpulan Data via Pexels/Travelingyuk

Setelah mengetahui ke mana akan pergi, maka langkah selanjutnya adalah gali informasi sebanyak-banyaknya. Beberapa hal yang perlu diketahui dan didapatkan antara lain:

Peta

Peta bisa memperkirakan lamanya perjalanan yang akan terhubung pada banyak hal seperti logistik, peralatan, ataupun pendanaan. 

Keadaan daerah yang dituju

back_view_celebration_ceremony_2912492_6ub.jpg
Ilustrasi menggali data budaya via Pexels/Travelingyuk

Perlu untuk mengetahui kebudayaan dan kebiasaan penduduk setempat, keamanan, hingga kondisi iklim dan medannya. Termasuk dalam hal tata cara mengurus perizinan dan lain lain. 

Transportasi

Selain itu menggali informasi jalur transportasi yang akan digunakan untuk mencapai daerah juga tidak kalah penting. Termasuk dalam hal ini tiket dan jam keberangkatan.

Latihan Fisik

adventure_athlete_daylight_235922_kQv.jpg
Ilustrasi Latihan Fisik via Pexels/Travelingyuk

Setelah data mengenai informasi terkumpul, maka saatnya untuk latihan fisik. Latihan fisik adalah tahapan yang tidak boleh dilewatkan. Latihan ini akan memudahkan dalam menghadapi medan yang membutuhkan fisik yang kuat. Jika bingung menentukan jenis latihan yang cocok untuk tipe perjalanan Anda maka bisa dikonsultasikan dengan ahli olahraga. 

Kenali Bahaya di Lapangan

cool_wallpaper_forest_hawaii_38136_KXR.jpg
Ilustrasi Bahaya yang Mengancam di Alam Bebas via Pexels/Travelingyuk

Sebagai pegiat alam bebas, tentu Anda akan mengunjungi daerah terpencil dan juga hutan-hutan yang lebat. Kenalilah potensi berbahaya daerah tersebut, baik itu dari binatang, maupun dari tumbuhan dan cuaca. Ini sangat penting untuk bisa merancang First Aid Kit dan daftar obat-obatan pribadi lainnya. 

Nah, itulah langkah langkah dasar dalam menyusun rencana perjalanan berkegiatan di alam bebas. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk bingung dan mengabaikan perencanaan, terlebih kegiatan beresiko seperti di alam bebas. Selamat berpetualang! Next

ramadan

Jelajah ke Tempat Lahirnya Suku Batak Toba, Belajar Sejarah Sambil Lihat Panorama Indah

Bakso Pecel Ony

Bakso Pecel Ony, Kayak Gimana Tuh Rasanya?