in , ,

Pesona Goa Keramat Surga Karst Tersembunyi dan Mendunia di Raja Ampat

Pesona Goa Keramat Surga Karst Tersembunyi dan Mendunia di Raja Ampat

Tempat wisata di Raja Ampat bukan cuma ada Piaynemo dan Wayag. Belum sah kalau ke Raja Ampat tapi belum pernah ke Goa Keramat yang tersembunyi namun mendunia ini. Sudah bukan rahasia lagi kalau Raja Ampat adalah surga bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. eksotisme memukau yang belum sepenuhnya tereksplorasi membuat Goa keramat mampu menghipnotis siapa saja yang datang kesana oleh pesona alamnya yang masih alami dan tentunya belum banyak tersentuh oleh tangan manusia.

Baca juga : Nongko Ijo di Madiun, Hutan Pinus Berbalut Spot Kekinian yang Fotogenic

Di sambut benteng perang antar suku

img_3053_z0p.JPG
Banyaknya pohon mangrove (c) Sheryl Alprianti/Travelingyuk

Goa keramat di kelilingi oleh gunung-gunung karst yang sudah tercipta sejak ribuan tahun yang lalu, kini beberapa gunung tersebut ditumbuhi oleh pohon mangrove secara alami sehingga menambah nilai eksotisme dari tempat yang terletak di Misool, Raja Ampat, Papua Barat ini. Masih terlalu takjub dengan gunung-gunung karts yang begitu indah sejauh mata memandang selanjutnya saya disambut oleh benteng perang antar suku ini. Kolano Mangova adalah nama dari benteng yang dibangun saat perang antar suku di Papua pada zaman dahulu. Kini benteng yang terdiri dari batu tersebut terendam air laut saat pasang tertinggi berlangsung dan di atasnya ditumbuhi oleh pohon-pohon.

Suasana yang tenang tapi bikin merinding

img_2979_xtM.JPG
Suasana Goa (c) Sheryl Alprianti/Travelingyuk

Dari atas jembatan kecil yang dibangun dari pintu masuk sampai ke mulut goa Teman Traveler bisa dengan leluasa menikmati ketenangan yang disajikan tempat ini. Ada tangga kecil dibangun untuk wisatawan yang ingin merasakan indahnya pemandangan underwater gua keramat dengan cara snorkeling dan berenang. Dikelilingi oleh bebatuan karst yang sangat indah namun begitu banyak menyimpan misteri, di tempat ini terdapat makam sepasang suami istri yang membawa agama Islam untuk pertama kalinya diperkenalkan kepada masyarakat Misool pada zaman dahulu, itulah mengapa tempat ini dinamakan goa keramat.

img_2934_ca8.JPG
Airnya Sebening Cermin (c) Sheryll Alprianti/Travelingyuk

Jernihnya disini sampai bisa melihat dasar air dari atas jembatan tanpa menggunakan kacamata renang, bahkan bayangan wajah Teman Traveler bisa terpantul seperti cermin.

Dikelilingi bebatuan Karst yang indah?

img_2945_3rV.JPG
Bebatuan Karts (c) Sheryl Alprianti/Travelingyuk

Teman Travelr bisa merasakan tetesan air yang jatuh dari atas tebing karts di tempat ini, karena bebatuan karst pada umumnya mengandung mineral. Bebatuan ini sudah tercipta sejak ribuan tahun lalu, yang menambah nilai eksotisme goa ini. Ditambah lagi dengan warna air di gua ini yang memancarkan warna hijau tosca yang seolah mengajak untuk dijelajahi keindahannya didasar sana. Terlihat dari mulut goa ada satu batu yang menyembul ke atas dari dalamnya, batu tersebut biasanya mengeluarkan air yang terlihat seperti air mancur dan diatasnya konon ada jalan menuju kamar putri raja pada zaman dahulu.

Nah, bertambah lagi tempat indah bersejarah yang bisa menjadi referensi saat Teman Traveler mengunjungi Raja Ampat. Next

ramadan

Tak Hanya Krewella, 5 Musisi Ini Juga Syuting Video Klip di Destinasi Wisata Indonesia

Stuja Coffee

Intip Stuja Coffee Milik Ayudia dan Ditto, Inspirasi Film Teman Tapi Menikah