in , , ,

Pesona Pulau Runduma, Surganya Para Penyu Di Kawasan Wakatobi

Pulau Runduma Wakatobi menjadi habitat Penyu Hijau
Pulau Runduma Wakatobi menjadi habitat Penyu Hijau

Sepertinya tidak akan ada habisnya jika mengulas destinasi bahari di tanah nusantara ini. Keindahan alam lautan Indonesia memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke ini memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya Pulau Runduma yang terletak dikawasan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Instahunt Surabaya Bareng Travelinguk Community, Jepret Berhadiah

Pulau Runduma Wakatobi menjadi habitat Penyu Hijau
Pulau Runduma Wakatobi menjadi habitat Penyu Hijau. Foto via tempatwisataunik.com

Dari sejumlah pulau-pulau cantik yang terbentang di Kabupaten Wakatobi ini hanya pulau Runduma yang memiliki pemandangan sangat memukau. Tidak hanya diatas permukaan laut, didalam laut pun juga sangat menakjubkan. Pulau Runduma merupakan pulau yang jarang sekali dikunjungi para wisatawan. Tidak banyak aktivitas manusia didalam pulau ini, sehingga sangat baik untuk dijadikan habitat penyu hijau untuk berkembang biak. Bnayak sekali penyu yang mendatangi pulau ini untuk bertelur. Kamu juga bisa menemukan penyu sisik di pulau ini.

Alaminya Pulau Runduma Bak Surga Dunia

Penyu hijau kerap ditemukan sedang bertelur di pulau Runduma
Penyu hijau kerap ditemukan sedang bertelur di pulau Runduma. Foto via backpackerjakarta.com

Keindahan dan alaminya pulau Runduma tetap terjaga lantaran tidak banyak pengunjung yang mendatangi pulau satu ini. Tidak adanya penduduk Wakatobi yang mendiami pulau Runduma sehingga kelestariannya tetap terjaga dengan baik. Sehingga fasilitas untuk pengunjung sangatlah minim. Jangan heran ketika mendarat di pulau Runduma kamu tidak akan menemukan warung, toilet, ataupun fasilitas lainnya.

Penyu sisik menjadi hewan penghuni pulau Runduma selain penyu hijau
Penyu sisik menjadi hewan penghuni pulau Runduma selain penyu hijau. Foto via kuranesia.com

Nah, karena masih alami dan tidak adanya fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, cobalah lebih mempersiapkan segala perbekalan sebelum berkunjung ke pulau Runduma. Sehingga aktivitas liburanmu lebih menyenangkan.

Kegiatan Seru di Pulau Runduma

Beragam kegiatan menarik bakal kamu lakukan selama berlibur di pulau cantik ini. Mulai dari berenang, memancing, snorkeling hingga diving bisa kamu nikmati dipulau Runduma. Pesisir pulau Runduma memiliki hamparan pasir yang bersih, putih dan sangat lembut. Terlebih bagi kamu yang suka menikmati lautan, warna kontras biru toska antara pasir dan air laut membuat panorama pantai Runduma sangatlah menawan. Jernihnya air laut membuat siapa saja ingin menceburkan diri. Tak hanya itu, ombak air laut di pulau Runduma sangatlah tenang, sangat aman untuk kamu yang membawa buah hati bermain air.

Putih dan lembutnya pasir pulau runduma menjadikan pengunjung lebih menikmati
Putih dan lembutnya pasir pulau runduma menjadikan pengunjung lebih menikmati. Foto via nativindonesia.com

Pulau Runduma adalah salah satu pulau yang memiliki pesona bawah laut yang sangat indah. Bebatuan karang dan biota laut yang indah sangat cocok untuk dijadikan aktivitas diving dan snorkeling. Bahkan dari jernihnya air laut, kamu cukup melihat terumbu karang dari atas permukaan laut. Nah, sayangnya kamu harus membawa perlengkapan snorkeling dan diving secara pribadi, karena pulau Runduma tidak menyediakan fasilitas persewaan alat diving.

Memancing Dan Membakar Ikan

membakar ikan dipinggir pantai pesisir pulau Runduma Wakatobi
membakar ikan dipinggir pantai pesisir pulau Runduma Wakatobi. Foto via tripadvisor.com

Aktivitas seru lainnya adalah memancing hingga membakar ikan hasil dari memancing. Jangan lupa membawa perlengkapan memancing ya teman traveler. Ikan-ikan yang berkembang di area pesisir pulau Runduma ini beraneka ragam, mulai berukuran kecil hingga besar dan bercorak indah dapat dengan mudah ditemukan. Kamu bisa membakar dan menyantapnya langsung setelah memancing, namun wajib untuk dibereskan kembali bekas pembakaran agar kebersihan tetap terjaga.

Lokasi Pulau Runduma Wakatobi

Salah satu dermaga di pulau Runduma yang sangat eksotis
Salah satu dermaga di pulau Runduma yang sangat eksotis. Foto via celebes.com

Lokasi pulau cantik satu ini berada dikawasan Kabupaten Wakatobi yang tepat berada di kecamataan Tomia. Pulau ini terpisah sangat jauh dari pulau besar Wakatobi. Untuk berkunjung ke pulau Runduma kamu harus menyewa perahu dengan perjalanan memakan waktu hingga 5 jam. Tidak ada tiket masuk pulau Runduma, namun kamu hanya mengeluarkan biaya untuk sewa perahu saja. Next

ramadan
Galeries Lafayette

Spot Belanja Paling Terkenal di Doha-Qatar

Puncak Toliamba di kawasan pulau Wakatobi dengan sajian hijaunya pepohonan dan birunya lautan

Indahnya Panorama Puncak Toliamba, Bukit Tertinggi Di Kawasan Wakatobi