in , , ,

Indahnya Panorama Puncak Toliamba, Bukit Tertinggi Di Kawasan Wakatobi

Puncak Toliamba di kawasan pulau Wakatobi dengan sajian hijaunya pepohonan dan birunya lautan
Puncak Toliamba di kawasan pulau Wakatobi dengan sajian hijaunya pepohonan dan birunya lautan

Wakatobi identik dengan pesona alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Namun, Wakatobi tidak hanya indah ketika didalam permukaan air laut, pihak pemerintah telah menambah keindahan Wakatobi jika dilihat dari ketinggian. Tahun 2014 ternyata realita ini dibuktikan pada salah satu puncak tertinggi di Wakatobi yaitu puncak Toliamba. Dari atas bukit inilah para traveler dapat menyaksikan keindahan hamparan lautan Wakatobi. Hamparan laut yang biru dengan hutan yang hijau membentang luas didapn mata pengunjung.

Baca juga : Saat di Luar Negeri, 8 Hal Ini Bakal Bikin Kamu Kangen dengan Indonesia

Puncak Toliamba di kawasan pulau Wakatobi dengan sajian hijaunya pepohonan dan birunya lautan
Puncak Toliamba di kawasan pulau Wakatobi dengan sajian hijaunya pepohonan dan birunya lautan. Foto via Zonasultra.com

Alam Wakatobi memang masih alami dan asri sehingga sangat mendamaikan siapapun yang melihatnya. Puncak Toliamba ini biasa dikunjungi oleh para muda mudi Wakatobi dan sebagian besar travelerdari luar wilayah. Mereka hanya sekedar nongkrong hingga menyaksikan indahnya pulau-pulau Wakatobi. Dan tempat terbaik untuk menyaksikan sunset atau matahari tenggelam yang sangat menawan.

Alam Yang Asri dan Alami

Kondisi puncak Toliamba yang sangat asri dan rindang ini tetap memberikan kesejukan yang tiada tara. Namun untuk menuju ke puncak Toliamba kamu harus menaiki anak tangga yang cukup curam. Tetaplah berhati-hati ketika menaiki ataupun menuruni anak tangga karena beberapa titik terasa licin yang dapat membahayakanmu ketika berjalan menuruninya.

Hijaunya kawasan puncak Toliamba Wakatobi
Hijaunya kawasan puncak Toliamba Wakatobi. Foto via celebes.com

Diatas bukit ini, kamu akan disuguhkan berbagai macam spot yang bisa kamu jadikan bersua foto. Apalagi ketika cuaca siang hari yang cerah, garis biru lautan dan biru langit terpampang sangat menakjubkan. Dari puncak, kamu akan menyaksikan berbagai pulau-pulau terdekat yang menghiasi lautan Wakatobi.

Pesona Matahari Tenggelam yang Menawan

Puncak Toliamba memang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset atau matahari tenggelam. Banyak muda-mudi lokal Wakatobi hampir tiap hari menghabiskan waktunya untuk menikmati sunset diketinggian Toliamba ini ketika cuaca sangat mendukung. Dari puncak inilah kamu akan melihat secara langsung matahari ternggelam yang jatuh dan hilang didalam lautan.

sunset indah dari puncak Toliamba yang memukau
sunset indah dari puncak Toliamba yang memukau. Foto via msn.com

Indahnya cahaya matahari tenggelam ini memenuhi kota Wakatobi dengan warna kuning dan jingga yang begitu mempesona. Tidak cukup disitu, saat malam menjelang, kota Wakatobi akan memancarkan gemerlap cahaya lampu yang sangat indah. Suasana inilah yang menjadikan pengunjung terasa lebih menenangkan.

Nongkrong Sambil Ngopi di Puncak Toliamba

Nongkrong adalah salah satu aktivitas bersantai yang biasa dilakukan oleh muda mudi manapun. Tak hanya dikota besar, penduduk sekitar Puncak Toliamba biasa menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga tercinta dipuncak dengan pemandangan sangat cantik ini. Mereka sekedar ngopi dan menikmati aneka makana ringan seperti gorengan yang disuguhkan beberapa pedagang sembari menikmati alam yang sungguh indah.

Tersedia Spot Foto Keren

Suasana pepohonan yang hijau serta lautan dan pulau pulau cantik yang indah menjadikan background foto paling keren ketika berada di puncak Toliamba. Namun penduduk sekitar dengan swadaya memberikan tambahan spot foto dengan berbagai bentuk, mulai bentuk love, taman dan lainnya menambah keindahan tersendiri.

salah satu spot foto patung lumba-lumba di puncak Toliamba
salah satu spot foto patung lumba-lumba di puncak Toliamba. Foto via celebes.com

Tak perlu khawatir, dipuncak Toliamba juga disediakan berberapa bangku untuk tempat bersantai para pengunjung. Sisi lain juga tersedia bentuk seperti lumba-lumba hingga tulisan puncak Toliamba yang sering dijadikan backgroun foto bagi pengunjung.

Lokasi Puncak Toliamba

Dataran Tinggi Toliamba berada di Desa Waginopo, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Sejauh sekitar 11 kilometer dari pusat keramaian Kota Wanchi. Kamu bisa menggunakan googlemaps ketika berkunjung ke puncak Toliamba, karena sepanjang jalan tidak ada petunjuk arah menuju puncak Toliamba.

Menariknya kamu tidak akan dipungut biaya seperser pun ketika berwisata ke puncak Toliamba. Namun kamu hanya membayar tarif parkir sebesar Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Next

ramadan
Pulau Runduma Wakatobi menjadi habitat Penyu Hijau

Pesona Pulau Runduma, Surganya Para Penyu Di Kawasan Wakatobi

Omma Day Club

Wisata di Ubud yang Lagi Hits