in , , ,

Petronas Twin Tower, Si Kembar Kebanggaan Negeri Jiran

Kenal lebih dekat dengan Twin Tower KL yang populer!

Salah Satu Landmark KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Salah Satu Landmark KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Menurut data dari Mastercard pada tahun 2018, Kuala Lumpur didatangi oleh lebih dari 12,5 Juta pelancong dari seluruh dunia. Memang apa sih istimewa-nya kota ini? Di Kuala Lumpur dan sekitarnya terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat Teman Traveler kunjungi. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, kulineran, sightseeing perkotaan, belanja murah sampai pusat perbelanjaan super mewah bisa Teman Traveler temukan di kota ini.

Baca juga : Mie Mapan Surabaya, Pangsit Andalan Kota Pahlawan

Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Namun jika membahas mengenai pariwisata di Kuala Lumpur, tentu saja tidak akan lepas dari salah satu bangunan istimewa yang berdiri kokoh dan begitu megah di pusat kota yang akrab disebut KL ini. Yap, Petronas Twin Tower. Bangunan ini merupakan 2 gedung pencakar langit setinggi 452 meter yang disatukan oleh sebuah jembatan/skybridge di tengahnya.

Landmark KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Landmark KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sejak selesai dibangun dan dibuka untuk umum pada akhir tahun 90-an, dua menara kembar ini langsung menjadi landmark utama Kota Kuala Lumpur. Tentu saja Teman Traveler tidak boleh melewatkan tempat ini jika berkunjung ke Kuala Lumpur. Bukan hanya itu, menara kembar ini juga menjelma menjadi ikon bagi Negara Malaysia.

Sejarah Dibangunnya Petronas Twin Tower

Lantai Bawah Petronas Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Lantai Bawah Petronas Twin Tower (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Struktur megah dan menjulang, menjadi ciri khas si kembar ini merupakan karya dari seorang arsitek terkenal berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Cesar Pelli. Prosesi peletakan batu pertama pada 1 Januari 1992 menjadi tanda mulai dibangunnya mega proyek ini. Setelah melalui berbagai proses pembangunan masif dan proses konstruksi, pada Agustus 1999 proyek senilai US$1.6 miliar ini akhirnya diresmikan dan dibuka pertama kali kepada publik. Sejak saat itu hingga tahun 2004 (Selesai dibangunnya Taipei 101), Petronas Twin Tower menasbihkan diri sebagai gedung tertinggi yang ada di planet bumi.

Petronas Twin Tower dan Kawasan KLCC

KLCC (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
KLCC (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Petronas Twin Tower berada di kawasan perkantoran elite di pusat Kota Kuala Lumpur. Kawasan ini terkenal dengan nama Kuala Lumpur City Center (KLCC). Walaupun sejatinya kawasan ini diperuntukkan untuk pusat kegiatan perkantoran, sekarang juga bisa dianggap sebagai salah satu objek wisata andalan Kuala Lumpur. Selain Twin Tower, di kawasan KLCC ini juga terdapat beberapa tempat yang akrab bagi wisatawan yaitu pusat perbelanjaan Suria KLCC dan KLCC Park.

Plang LRT KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Plang LRT KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Petronas Twin Tower dan KLCC sangat gampang untuk diakses bagi Teman Traveler yang baru pertama kali berkunjung ke KL. Kawasan ini dilalui oleh seluruh system transportasi yang ada di sini, baik berbayar maupun free service.

Suria KLCC dan KLCC Park

Suria KLCC (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Suria KLCC (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kawasan sekitar Petronas Twin Tower memberikan kesan yang bersih dan tertata rapi. Di bawah bangunan Petronas Twin Tower, terdapat sebuah taman yang bernama Taman KLCC/KLCC Park. Tempat ini menjadi alternative pusat rekreasi yang menyediakan jalur untuk jogging, sepeda, kolam air mancur yang dihiasi pertunjukan cahaya, kolam air, dan arena bermain anak-anak. Dari taman ini Teman Traveler dapat menikmati suasana pusat Kota Kuala Lumpur yang modern dan asri.

Selain KLCC Park, dibawah Petronas Twin Tower terdapat sebuah pusat perbelanjaan elit yang bernama Suria KLCC. Tempat ini bisa dibilang adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Malaysia.

Menikmati Kuala Lumpur dari Ketinggian

Skybridge 41 Lantai (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Skybridge lantai 41 (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Tidak puas hanya menikmati Petronas Twin Tower dari bawah saja, Anda bisa menikmati pemandangan keseluruhan kota langsung dari atas bangunan kembar ini. Terdapat dua buah spot yang disediakan pengelola gedung bagi pelancong yang ingin naik ke gedung pencakar langit ini, yaitu terdapat di skybridge (lantai 41) dan observation deck (lantai 86).

Untuk bisa menikmati tur tersebut, Teman Traveler dapat membeli tiket nya secara online (disarankan) maupun go-show. Untuk orang dewasa dikenai tarif 80 RM dan anak-anak (dibawah 12 tahun) cukup membayar 33 RM saja. Sebuah harga yang akan sangat worth it dengan view yang akan Teman Traveler dapatkan dari atas sana.

Pertunjukan Air Mancur Menari di Malam Hari

Air Mancur (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk
Air Mancur (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sudah lelah seharian berkeliling kawasan KLCC? Teman Traveler masih ditunggu satu pertunjukkan lagi yang dijamin akan kembali mencerahkan mata. Pertunjukkan gratis ini dapat Teman Traveler temukan di sekitar Suria KLCC dan KLCC Park. Warga lokal biasa menyebutnya Air Mancur Menari. Hal tersebut merujuk kepada bentuk air mancur yang bergerak indah dan di kelilingi cahaya. Pertunjukan Air Mancur Menari ini biasanya diiringi oleh alunan musik orchestra. Jangan sampai terlewatkan ya Teman Traveler! Next

ramadan

4 Event Gratis Yogyakarta yang Wajib Dimasukkan ke Kalender Jalan-Jalan Kamu Tahun Ini

Berkunjung ke Situs Trowulan, Karya Empu Sendok yang Melegenda