in ,

3 Kuliner Pisang Khas Makassar yang Unik dan Lezat

Pisang Epe Makassar
Pisang Epe Makassar

Buah pisang, buah kaya manfaat yang baik untuk tubuh kita. Buah ini bisa dikonsumsi untuk sarapan bahkan bisa dijadikan camilan, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Banyak keuntungan yang dapat diambil darinya, mulai dari melancarkan metabolisme dan memperkuat daya tahan tubuh, mengatasi anemia, hingga menurunkan berat badan. 

Baca juga : Indahnya Pura Ulun Danu, Simbol Kecantikan Budaya Bali

Berbagai Jenis Pisang
Berbagai Jenis Pisang via terasjakarta

Kini, banyak olahan buah pisang yang dikreasikan agar para penikmat buah ini tidak bosan. Ada pisang goreng, pisang bakar, pisang coklat dan lainnya. Namun, Makassar punya cara tersendiri untuk mengelolanya menjadi hidangan yang menggugah selera. Olahan unik yang pertama yaitu barongko.

1. Barongko

Barongko
Barongko via IG @susie.agung

Barongko merupakan makanan olahan berbahan dasar pisang. Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis dan aroma yang khas karena dibungkus dengan daun pisang. Cara membuatnya pun mudah, cukup haluskan buah pisang, telur, gula, garam, santan, susu, dan vanili kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus selama 30 menit. Cocok disantap ketika masih hangat di tengah hujan yang sedang mengguyur.

2. Pisang Epe

Pisang Epe
Pisang Epe via IG @infopromo.makassar

Olahan unik yang kedua yaitu pisang epe. Cara membuatnya dengan digeprek terlebih dahulu lalu dibakar sehingga menambah variasi baru dalam cara pengolahannya. Untuk membuat hidangan ini, bahan dasar yang dipakai adalah pisang kepok yang masih setengah matang. Saat dibakar kemudian ditekan hingga pipih agar matangnya merata. Setelah itu, ditambahkan berbagai macam topping untuk menambah variasi dan cita rasanya. Ada berbagai pilihan topping, mulai dari gula merah, coklat, keju, matcha, dan lain-lain. Penjual pisang epe biasanya banyak ditemukan di sepanjang jalan sekitar Pantai Losari. Cocok disantap saat sore hingga malam sebagai camilan maupun dessert.

3. Es Palu Butung

Es Palu Butung
Es Palu Butung via IG @genikayu

Banyak yang mengira bahwa kuliner ini adalah es pisang ijo. Padahal, santapan ini adalah es palu butung khas Makassar, lho. Sekilas memang tampak mirip dengan es pisang ijo, tapi ternyata berbeda. Kalau kata pepatah sih, serupa tapi tak sama. Perbedaannya terletak pada buah pisang yang digunakan. Kalau biasanya es pisang ijo menggunakan pisang kepok, es palu butung menggunakan jenis pisang raja. Selain itu, pisang dalam es palu butung tidak dibalut menggunakan adonan hijau, hanya pisang raja telanjang tanpa balutan apa-apa. Selebihnya, kedua hidangan tersebut sama. Dari segi penyajian, keduanya sama-sama menggunakan bubur sumsum, sirup merah, dan es batu. Terlihat sangat segar dan menggiurkan, ya? Next

ramadan

Bukit Merese, Wisata Lombok untuk Menikmati Sunset Keren

Resto Inggil Malang

Kulineran Sambil Belajar Sejarah di Resto Inggil Kota Malang