in , ,

Mengenal Ginkgo Biloba, Pohon Ribuan Tahun yang Tak Pernah Tua

Tidak Hanya Indah, Ginko Biloba Juga Lolos dari Penuaan Alias Awet Muda!

Setiap makhluk hidup pasti memiliki masa penuaan baik manusia, binatang maupun tumbuhan. Namun, hal tersebut seolah-lah tidak berlaku bagi pohon yang bernama Ginko Biloba ini. Pohon yang identik dengan daunnya yang berwarna kuning ini membuat Ahli Botani kebingungan karena memang tidak terlihat penuaan pada pohon. Lalu apa penyebab pohon ini begitu berbeda? Simak ulasannya berikut ya.

Baca juga : Catat! Deretan Negara yang Siap Menerima Tamu Kembali Setelah Pandemi

Umur Pohon hingga Ribuan Tahun

Pohon Ginko Biloba via Instagram @joseantoniodb1

Pohon yang mirip dengan fosil 270 juta tahun yang lalu ini merupakan satu-satunya spesies yang masih hidup dari divisi Ginkgophyta. Pohon yang bisa hidup hingga lebih dari 1.000 tahun bahkan ada juga yang berumur hingga 3.000 tahun tersebut bahkan tidak menunjukkan keruasakan sama sekali sehingga begitu berbeda dari pohon lainnya.

Pohon Awet Muda

Ginko Biloba yang Awet Muda via Instagram @luca_bw_

Banyak peneliti bahkan terheran-heran akan fenomena awet mudanya pohon yang satu ini. Ahli Biologi dari University of North Texas, Richard Dixon bahkan mengungkapkan bahwa terdapat kekebalan tubuh yang luar biasa pada Pohon Ginko sehingga pohon yang berumur 1.000 tahun pun akan terlihat seperti 20 tahun.

Bisa Mati Akibat Faktor Eksternal

Warna yang Berbeda dan Unik via Instagram @luca_bw_

Tumbuhan yang juga disebut sebagai Maidenhair Tree ini walaupun lulus dari penuaan tapi pohon ini juga dapat mati akibat berbagai faktor eksternal yang ada disekelilingnya. Beberapa diantaranya merupakan kejadian alam seperti angin kencang, api, kilat, hingga perbuatan manusia seperti penebangan yang tentu saja sudah membabi buta di era modern seperti sekarang ini.

Daun yang Bermanfaat

Daun Ginko Biloba via Instagram @ginkgo_ginger

Tidak hanya memiliki paras yang indah, Ginko Biloba atau yang dikenal sebagai Pohon Rambut Gadis di Indonesia ini juga memiliki kegunaan, salah satunya sebagai pengobatan tradisional. Berbagai manfaatnya adalah mengatasi stres, meningkatkan kinerja otak, mengobati gangguan pernapasan hingga memperlambat penuaan.

Ginko Biloba kini sudah sangat jarang ditemukan sehingga masuk dalam tumbuhan yang langka. Keindahan parasnya begitu menenangkan jiwa bahkan daunnya pun begitu bermanfaat bagi manusia termasuk menghambat penuaan yang menjadi unggulannya. Sudah pernah melihat langsung pohon purba ini? Next

ramadan

14 Fakta Unik Suku Baduy yang Jarang Diketahui Wisatawan

5 Es Legendaris Semarang, Kesegaran dan Kelezatannya Tak Lagi Diragukan