in , ,

Pulau Arborek, Si Mungil Mempesona dari Raja Ampat

Deretan Sudut Cantik Pulau Arborek Raja Ampat

Menyelam di Pulau Arborek
Menyelam di Pulau Arborek (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Membahas deretan pulau cantik di Raja Ampat, kurang afdol rasanya jika tak memasukkan nama Arborek. Pesona pantai, laut, dan keramahan warga pulau kecil ini bakal mencuri hati Teman traveler. Bahkan saking mungilnya, Teman Traveler bisa berjalan dari ujung satu ke lainnya hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Baca juga : Candi Jago, Situs Bersejarah dengan Beragam Keunikan di Setiap Sudutnya

Pesona Pulau Mungil

Panorama bawah laut Arborek (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Dari Waisai, Ibu Kota Raja Ampat, perjalanan menuju Arborek bisa ditempuh dengan perahu boat dalam waktu sekitar dua jam. Harga sewanya mulai dari Rp1 juta per hari.

Teman Traveler dijamin takkan bosan selama perjalanan. Sejauh mata memandang, hanya terlihat lautan biru mempesona. Pesona Pulau Arborek sendiri sudah begitu menggoda dari kejauhan. Pantainya tampak landai, berhiaskan hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa. Persis seperti gambaran pulau tropis di TV. Serasa memanggil manja untuk melangkah ke sana.

Desa Wisata yang Terus Berkembang

Pertunjukan seni dari warga lokal (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin jelajah wisata Raja Ampat sembari merasakan fasilitas cukup memadai, Arborek adalah pilihan tepat. Wilayah ini sudah ditunjuk pemerintah untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Kalian akan menemukan sederet restoran dan warung yang menjual beragam makanan dan minuman dingin.

Sementara itu, para perempuan desa mulai merintis industri cendera mata lokal. Teman Traveler bisa membawa pulang asesoris tradisional seperti noken (tas tali) atau topi warna-warni yang terbuat dari pandan.

Arborek termasuk salah satu destinasi paling diminati wisatawan domestik. Pulau ini juga kerap jadi persinggahan sebelum melanjutkan perjalanan ke Piaynemo. Jadi jangan heran jika Teman Traveler mendapati kawasan ini selalu ramai turis lokal dan mancanegara. Dermaganya juga selalu terlihat sibuk, terutama di musim liburan.

Persiapan naik perahu (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Berlama-lama di Arborek juga tak ada salahnya. Desa wisata ini kerap mengadakan pertunjukan musik dan tarian khas Papua. Sangat menarik dan pantang dilewatkan Teman Traveler.

Teman Traveler akan menemukan deretan homestay di area pantai. Bisa jadi pilihan jika kalian hendak bermalam di Arborek. Apalagi jika kalian ingin berbulan madu bersama pasangan, pulau ini adalah salah satu alternatif tepat.

Arborek cocok pula untuk Teman Traveler yang liburan bersama anak-anak. Pantai di sekitar sini relatif tenang dan memiliki hamparan pasir luas. Si kecil bisa dibiarkan bermain sepuasnya tanpa terlalu khawatir. Mereka juga berkesempatan berinteraksi bersama bocah-bocah lokal di pinggir pantai.

Menyapa Dunia Bawah Laut Arborek

Kima raksasa (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Berniat untuk menyelam atau snorkeling? Arborek merupakan desa terdekat dari titik penyelaman. Dari sini Teman Traveler bisa dengan mudah melanjutkan perjalanan ke Manta Point, mengunjungi Teluk Gam, menikmati panorama Pulau Karst, maupun menyapa keindahan bawah laut di Piaynemo.

Bagian bawah Dermaga Arborek juga merupakan titik penyelaman yang bagus. Tak hanya gerombolan ikan, di sini Teman Traveler juga akan menemukan deretan karang lunak warna-warni menutupi tiang dermaga. Hampir semua sudut pulau ini menawarkan spot snorkeling apik, terutama di kawasan ujung timur.

Gerombolan Ikan Oci (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tak membawa peralatan snorkeling atau diving, jangan khawatir. Ada penyewaan peralatan yang bisa kalian manfaatkan untuk menjelajahi semua diving site di Raja Ampat. Namun sebaiknya lakukan riset dulu dan pilih operator selam dengan reputasi baik.

Itulah sedikit ulasan mengenai pesona indah Pulau Arborek di Raja Ampat. Bagaimana Teman Traveler, siapa yang makin ngiler ingin berlibur di sini? Next

ramadan
Akomodasi Tradisional Jawa di Jogja via Instagram @tegalpanggungguesthouseAkomodasi Tradisional Jawa di Jogja via Instagram @tegalpanggungguesthouse

Akomodasi Berdesain Tradisional Jawa di Jogja Kota, Bisa Naik Ojol ke Malioboro

Keseruan Liburan Member Blackpink Setelah Manggung di Coachella, Tetap Modis!