in , , ,

Pulau Kangean di Sumenep Madura, Surga Tersembunyi yang Eksotis

Fi pulau kangean

Pulau-pulau di Indonesia dengan keindahannya memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat liburan. Salah satunya Pulau Kangean di Sumenep Madura adalah surga tersembunyi yang eksotis. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Bikin Penasaran, Deretan Kuliner Bangka ini Tak Hanya Unik Tapi Juga Lezat

Berbagai Objek Wisata Tersedia

Berbagai objek wisata tersedia
Ilustrasi via instagram dotdee_soft

Pulau Kangean terletak di sebelah utara Pulau Bali tetapi pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur. Terdiri dari gugusan 60 pulau dengan luas wilayah sekutar 487 km. Memiliki keindahan alam yang alami dan masih belum banyak diketahui para wisatawan.

Teman Traveler akan disambut dengan keindahan mulai dari persawahan hijaunya, pantai pasir putih, perkebunan jati, dan terumbu karangnya. Lalu bisa menikmati pantai dengan lautan jernih sehingga sangat cocok dijadikan spot snorkeling dan diving.

Selanjutnya ada jembatan ajaib yang terbentuk secara alami, gua kuning dengan stalaktit warna sesuai namanya, pemandian olbek, pemandian celgung dan masih banyak lagi.

Budaya dan Kuliner Khas

Budaya dan kuliner khas
Ilustrasi via instagram al_ansharphoto

Kebudayaan masyarakat pulau ini beragam seperti bahasa yang digunakan tidak hanya bahasa Kangean. Ada bahasa Makassar, bahasa Mandar, Bajo dan Sulawesi karena dahulu banyak orang Sulawesi yang berlayar ke sini.

Selain itu Teman Traveler harus mencoba kuliner khas di pulau ini seperti kue lanon, keripik tekai, burubik, kamboya, pes-pes, sangngar-sangngar dan berbagai macam kuliner lainnya.

Untuk menikmati keindahan pulau ini Teman Traveler juga wajib menginap selama beberapa hari, ada penginapan yang tersedia dengan harga mulai Rp 100 ribuan per malam.

Cara Menuju Pulau

Cara menuju pulau kangean
Ilustrasi via instagram har1adi

Selanjutnya untuk menuju Pulau Kangean bisa dimulai dari Surabaya menuju Sumenep, memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan. Kemudian setelah di Sumenep menuju pelabuhan Kalianget untuk menyebrang ke pulau. Ada dua pilihan transportasi yaitu ferry atau kapal cepat bahari tentunya memiliki harga berbeda karena kecepatannya. Harga mulai Rp 450 ribu sampai Rp 1 juta per hari, kapasitas 10-15 orang.

Demikian ulasan Pulau Kangean di Sumenep Madura, bisa dijadikan destinasi jelajah pulau Teman Traveler. Jangan lupa jaga selalu protokol kesehatannya. Next

ramadan
Fi dilarang berwisata di bandung

Larangan Berwisata ke Bandung Raya Selama Sepekan Ini

Solo Traveling di Jogja? Ini Destinasinya