in ,

Pulau Kumala, Wisata Asyik di Tengah Delta Mahakam

Wisata Keluarga Mengasyikkan di Pulau Kumala Kutai Kartanegara

Pura di Pulau Kumala
Pura di Pulau Kumala via Instagram fotojepretku

Wisata di Kalimantan bisa dibilang masih kurang begitu dikembangkan. Padahal Borneo punya banyak potensi alam yang begitu luar biasa. Salah satunya Pulau Kumala di delta Sungai Mahakam, yang bisa sobat traveler jadikan alternatif destinasi liburan jika sedang berada di Kalimantan Timur.

Baca juga : Ekowisata Mangrove Wonorejo, Spot Sempurna untuk Ngadem dari Panasnya Surabaya

Pulau Kumala memiliki potensi besar untuk menjadi Ancol-nya Kutai Kartanegara. Pemerintah setempat sudah mulai mengupayakan hal tersebut dengan membangun beragam fasilitas menarik, meski harusnya masih bisa lebih dimaksimalkan lagi. Namun kabar baiknya, apa yang ada di Kumala sekarang sudah cukup menarik kok untuk dikunjungi.

Menghiasi Delta Sungai Mahakam

Destinasi di tengah Mahakam
Destinasi di tengah Mahakam via Instagram dahlia_wahyuni

Pulau Kumala memiliki letak stategis, di tengah delta Sungai Mahakam. Tepatnya di sebelah barat Tenggarong, Kutai Kartanegara. Sangat mudah dicapai dari pusat kota dan dijamin takkan tersesat karena warga lokal sudah paham betul akan keindahan dan potensi wisata di Kumala.

Destinasi wisata ini sebenarnya juga termasuk salah satu yang jarang diekspos media. Sehingga tak perlu heran jika ada banyak pelancong yang belum pernah mendengar namanya sebelumnya. Namun jika sobat traveler mencari tagar Pulau Kumala di Instagram, dijamin bakal menemukan foto-foto cantik – menggambarkan betapa populernya lokasi ini di Kalimantan.

Beragam Keseruan Menanti

Berkeliling pulau naik skuter
Berkeliling pulau naik skuter via Instagram karinadewipuspita

Di masa mendatang pemerintah setempat berharap Kumala bisa menjadi pulau pusat rekreasi dan wisata, baik untuk turis domestik maupun asing. Oleh karena itu mereka terus berusaha menambah beragam wahana seru demi menarik minat pelancong. Pengunjung sempat bisa menikmati pemandangan udara Sungai Mahakam dengan menumpangi cable car, namun beberapa sumber menyebutkan wahana ini masih dalam perbaikan.

Namun jangan khawatir, masih ada banyak keseruan yang bisa sobat traveler jajal bersama sosok terdekat maupun keluarga di Pulau Kumala. Ada bom-bom car, gokart, carousel, dan juga jet coaster. Berminat mengelilingi pulau sembari duduk santai? Cobalah menumpang kereta api mini yang ada di sini.

Rumah Dayak dan Pura Pasak

Rumah adat di Kumala
Rumah adat di Kumala via Instagram fabri2pratama

Berlibur tentu belum lengkap rasanya jika tak berburu foto-foto cantik. Selain untuk mengabadikan momen penting, sekaligus membuat akun media sosial kian semarak. Untungnya Pulau Kumala menyediakan banyak titik indah sebagai latar belakang berfoto-foto ria.

Berfoto di Pura Pasak
Berfoto di Pura Pasak via Instagjjram ayecreator

Salah satu lokasi paling populer untuk mengambil foto adalah Pura Pasak. Pura ini memiliki bentuk mirip candi dengan struktur tangga berundak. Di beberapa sudutnya terdapat patung-patung dengan desain eksotis. Selain itu di Kumala juga terdapat replika rumah khas Suku Dayak yang juga sering dijadikan objek foto para pengunjung.

Memandang Indahnya Langit Kalimantan

Jembatan Pulau Kumala
Jembatan Pulau Kumala via Instagram agung_abdillah24

Kumala juga menyediakan fasilitas khusus buat pengunjung yang tertarik memandang indahnya langit Kalimantan. Tinggal meluncur saja ke menara setinggi 75 meter yang diberi nama Sky Tower. Dari puncak Sky Tower ini para pelancong bisa menikmati panorama di sekitar pulau dan Kota Tenggarong dengan begitu jelas. Namun tidak disarankan naik jika sobat traveler punya fobia ketinggian.

Itulah tadi sekilas gambaran mengenai daya tarik dan beberapa keindahan di Pulau Kumala. Meski dari segi fasilitas belum terlalu berkembang, pulau di delta Sungai Mahakam ini punya potensi menjadi destinasi wisata top di masa mendatang. Sobat traveler yang kebetulan berada di Kutai Kartanegara bisa coba mengunjunginya. Next

ramadan
Pasar 16 Ilir Palembang

Pasar 16 Ilir Palembang, Kian Cantik Jelang Pesta Akbar

Kafe di Palembang dengan Suasana Inggris

York Cafe, Nuansa Inggris di Palembang