in ,

Liburan Asyik ke Pulau Manado Tua, Banyak Kejutannya

Hal Menarik di Pulau Manado Tua

Indahnya pemandangan di sekitar Manado Tua via Instagram thetravelhuman

Berbicara mengenai wisata Manado, selama ini kita selalu teringat dengan Bunaken. Padahal Sulawesi Utara masih punya banyak kekayaan alam menarik yang bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah Pulau Manado Tua yang menyimpan banyak kejutan.

Baca juga : 20 Kuliner Khas Tegal yang Lezatnya Kebangetan

Tak hanya keindahan bawah laut, pulau yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken ini ternyata juga menjadi lokasi sebuah objek wisata bersejarah. Selain itu menjelang air surut, pengunjung akan mendapatkan suguhan pemandangan luar biasa dan tiada duanya. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan sejumlah keiistimewaan Pulau Manado Tua.

1. Kekayaan bawah laut

Keindahan bawah laut Manado Tua via Instagram enochank

Membahas soal keunikan, Pulau Manado Tua punya daya tarik yang tidak dimiliki pulau-pulau lain di gugusan Taman Nasional Bunaken. Salah satunya adalah dinding karang dengan kedalaman 20 hingga 25 meter ke dalam dasar laut. Tentunya sangat menarik dikunjungi oleh mereka yang menggemari wisata bernuansa bahari.

Terlepas dari hal tersebut, Pulau Manado Tua juga memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Wisatawan yang menyelam dijamin bakal merasa puas karena bakal berkesempatan berinteraksi dengan ikan dugong dan lumba-lumba. Selain itu mereka juga akan disuguhi pemandangan beragam jenis terumbu karang.

2. Makam Raja Mokodekettk

Di puncak Gunung Manado Tua konon terdapat makam raja-raja via Instagram suzan_mp

Di dalam wilayah Pulau Manado Tua terdapat gunung besar yang oleh penduduk sekitar disebut sebagai Gunung Manado Tua. Wilayah ini masih jarang dieksplorasi, namun di bagian puncaknya terdapat peninggalan sejarah penting.

Menurut penuturan beberapa sumber, di bagian puncak Gunung Manado Tua terdapat tiga tugu yang menjadi penanda kuburan raja-raja Bawontehu. Sejumlah tokoh penting yang diyakini disemayamkan di wilayah ini antara lain Raja Mokodkedug, Mokodompis, dan Wulrangkalrangi. Selain itu dipercaya bahwa masih ada banyak raja lain dikuburkan di sekitar lokasi yang sama.

3. Hutan Bakau

Pemandangan hutan mangrove di Manado Tua via Instagram marcelinosilouw

Pulau Manado Tua juga punya kawasan hutan lindung yang menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya wisatawan bisa merasakan atmosfer hutan rimba, yang tentu sulit dirasakan di kota-kota besar. Selain itu kualitas udaranya juga pasti jauh lebih bagus dan segar, sangat baik untuk kesehatan.

Puas berjalan-jalan di hutan lindung, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke hutan mangrove. Di sana mereka bisa menikmati indahnya hamparan mangrove sembari mengagumi perairan sekitar yang begitu jernih. Selain itu, menanti indahnya pemandangan matahari terbenam sembari menjelajah naik kapal juga tak kalah asyiknya.

4. Deretan pantai indah

Keindahan Pantai di Pulau Manado Tua via Instagram iamblackladys

Pulau Manado Tua punya banyak pilihan pantai menarik untuk dieksplorasi. Beberapa yang paling terkenal antara lain Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan juga Batu Layar.

Selain berenang, pengunjung juga bisa bersantai sembari menikmati hangatnya sinar matahari alias sunbathing. Menanti matahari terbenam juga tak ada salahnya. Di media sosial ada banyak sekali turis membagikan foto-foto indah yang menunjukkan atmosfer senja di pesisir pantai Manado Tua.

5. Nyare

Pemandangan air surut di Manado Tua via Instagram josh.hutapea

Kejutan lain yang dimiliki oleh Pulau Manado Tua adalah nyare atau istilah yang diberikan penduduk lokal saat air mulai surut. Nyare biasanya terjadi menjelang malam hari. Ketika saat itu tiba, pengunjung akan bisa menyaksikan gugusan karang indah di pinggiran pantai.

Jangkar peninggalan Portugis di Manado Tua via Instagram isbima.mdo

Selain itu, bakal ada fenomena unik berupa munculnya jangkar besar peninggalan kapal Portugis. Jangkar tersebut sudah ada cukup lama dan kerap diabadikan para turis sebagai objek foto menarik.

Itulah tadi beberapa keiistimewaan dan kejutan yang dimiliki Pulau Manado Tua, wisata Manado yang ada di Sulawesi Utara. Selain Bunaken, kawasan tersebut ternyata juga punya keindahan lain yang tak kalah menarik untuk disaksikan. Bagaimana, ada yang tertarik untuk segera berkunjung ke sana? Next

ramadan

Yeh Leh Bali, Surga Ciamik Tempat Bertemunya Sungai dan Pantai

Jangan Petik Bunga Edelweiss Sembarangan, Ini Yang Jadi Alasannya