in , ,

Pulau Pari, Sensasi Menyepi di Sekitar Ibu Kota

Menikmati Indahnya Panorama Senja di Pulau Pari

Sudut Indah Pulau Pari
Sudut Indah Pulau Pari (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang tinggal di Jabodetabek dan merasa jenuh dengan
rutinitas kerja, butuh liburan ke pantai untuk melepas penat, pergi ke Pulau Seribu adalah pilihan tepat. Kalian bisa puas berakhir pekan di sini hanya dalam dua hari. Salah satu destinasi yang cukup recommended adalah Pulau Pari.

Baca juga : Ingin Jumpa Suku Pedalaman ala Papua di Jawa? Kampung Primitif Jawabannya

Aksesnya cukup mudah karena bisa ditempuh menggunakan transportasi umum. Pantainya dihiasi hamparan pasir putih indah. Namun yang terpenting, hanya butuh waktu dua hari semalam untuk menikmati keindahan yang ada di Pulau Pari.

Pesona Pulau Pari

pulau pari
Pantai Pasir Perawan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Pulau Pari berada di tengah gugusan pulau yang membentang dari selatan ke utara perairan Jakarta Utara. Kawasan ini memiliki pantai berpasir putih, dengan perairan bercorak bening kehijauan. Tak heran jika Pari jadi salah satu objek wisata terfavorit di daerah Kepulauan Seribu.

dscf9468_nNE.JPG
Merasakan asyiknya snorkeling (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selain menikmati pemandangan pantai, Teman Traveler juga bisa merasakan sensasi asyik keliling perkampungan naik sepeda. Jangan lewatkan pula serunya menjelajah tepi perairan dengan menumpang sampan atau kapal cepat. Bagi yang bisa berenang, dapat menjajal enaknya ber-snorkeling sambil melihat hamparan cantik terumbu karang. 

Pantai di sini tidak memiliki gelombang tinggi sehingga aman untuk berenang. Menggunakan kapal tradisional, Teman Traveler juga bisa mengunjungi beberapa pulau sekitar. Jika ingin praktis, kalian tinggal mengikuti paket wisata yang menawarkan jasa tour, penyewaan alat, pemandu, hingga penginapan.

Menyantap Ikan Bakar di Pinggir Pantai

dscf9563_f0W.jpg
Menyantap ikan bakar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Puas bersepeda keliling pulau atau snorkeling, waktunya menikmati ikan bakar di pinggir Pantai Pasir Perawan. Sebutan ini terinspirasi dari cerita masyarakat sekitar, yang mengatakan bahwa di sini pernah ada anak perempuan hilang dibawa kawanan burung gagak. Meski sudah dicari-cari, anak malang tersebut tak pernah ketemu. Itulah yang membuat pantai ini diberi nama Pasir Perawan.

pulau pari
Pantai Pasir Perawan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Pantai ini kerap jadi tempat berkumpul para wisatawan di Pulau Pari. Suasananya sungguh cocok habiskan malam. Apalagi jika ditemani santapan ikan bakar plus alunan musik dangdut. Benar-benar jadi daya tarik yang sulit dilupakan.

Asyik Nikmati Sunset dan Sunrise

dscf9651_gJL.jpg
Sunrise di sekitar pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Ritual wajib kala sedang liburan di pantai adalah menikmati keindahan senja atau sunrise. Begitu pula dengan di Pulau Pari. Spot terbaik untuk menikmati panoramanya adalah di Dermaga Bukit Matahari. Namun karena dermaga ini merupakan spot terbaik, maka wisatawan kerap berduyun-duyun ke sini. Suasananya mungkin terlalu padat dan tidak nyaman.

pulau pari
Sunrise di Pulau Pari (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Namun sunrise tetaplah sunrise. Meski lokasinya ramai, fenomena
pergantian malam ke pagi tetap memancarkan pesona luar biasa. Corak jingga di ufuk timur seolah menyihir siapapun yang melihat. Semua yang hadir pun kompak mengabadikan momen tersebut.

Akses Menuju Pulau Pari

pulau pari
Di atas kapal menuju pulau (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Kapal menuju Pulau Pari berangkat dari Pelabuhan Muara Angke (Muara Angke Port) di Jalan Dermaga Ujung, Jakarta Utara. Teman Traveler bisa menumpang angkutan publik untuk mencapai pelabuhan ini. Bila menggunakan kereta KRL, kalian bisa turun di stasiun kota, lalu naik Transjakarta (rute stasiun Kota-Muara Angke) atau gunakan jasa ojek online.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di sekitaran Pulau Pari. Buat Teman Traveler yang mencari alternatif liburan menyenangkan di sekitar Jabodetabek, destinasi ini bisa jadi pilihan. Next

ramadan
Pemandian Air Soda di Tapanuli

Pemandian Air Soda Sumatra Utara, Fenomena Alam Kembaran Venezuela

Langit Pink di Jepang Sebelum Typhoon Datang, Berikut Fenomena Alam Sebelum Bencana