in ,

Pulau Pasumpahan, Sisi Eksotis Padang dengan Sejuta Keindahan

Sederet Pesona Cantik Tersaji di Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan
Pulau Pasumpahan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Berbicara tentang Ranah Minang takkan ada habisnya. Banyak tempat sangat bagus, baik itu yang sudah terkenal maupun yang masih jarang dijamah oleh orang-orang. Salah satunya adalah Pulau Pasumpahan.

Baca juga : Nggak Bakal Kehabisan Kata, Quotes Tentang Traveling Ini Bisa Jadi Caption Fotomu

Pulau kecil nan eksotis ini menyimpan sejuta pemandangan indah. Pas dikunjungi jika Teman Traveler hobi menjelajah alam terbuka. Berikut penjelasan lengkap soal Pulau Pasumpahan. Yuk, lihat lebih dekat.

Keindahan dalam Jangkauan

Menikmati Pagi di dermaga (dok.pribadi)
Menikmati pagi di dermaga (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Pulau Pasumpahan terletak di Sei Pisang, Teluk Bungus, Kecamatan Bungus, Sumatera Barat. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Sikuai. Jika berangkat dari Padang, butuh waktu kurang lebih satu jam untuk sampai di Teluk Bungus.

Berikutnya dari pemukiman warga kita bisa menyeberang naik perahu nelayan yang ada di sekitar pantai. Tarifnya berkisar antara Rp35.000 hingga Rp50.000, tergantung jumlah penumpang dan kemampuan tawar menawar.

Perjalanan dari Teluk Bungus ke Pulau Pasumpahan tidak memakan waktu terlalu lama. Kurang lebih 25 menit dari kampung penduduk, kita sudah bisa menjejakkan kaki di pulau eksotis ini.

Berjuta Pesona Elok Menanti

Pemandangan dari puncak bukit Pulau Pasumpahan (dok.pribadi)
Pemandangan dari puncak bukit Pulau Pasumpahan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Pasumpahan termasuk pulau kecil. Luasnya hanya sekitar 5 hektar. Namun jangan salah, kita tidak penah puas liburan atau bersantai di sini.

Pantainya dipenuhi hamparan pasir putih dan juga halus. Perairannya memiliki gradasi warna berbeda. Biru muda jernih untuk kawasan dekat bibir pantai dan biru tua di bagian tengah.

Perairan sekitar Pasumpahan sangat cocok untuk snorkeling karena terumbu karangnya masih bagus dan terjaga. Airnya juga sangat jernih, bakal puas mengamati indahnya biota laut di kawasan ini.

Jalan menuju ke puncak bukit (dok.pribadi)
Jalan menuju puncak bukit (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Di pulau ini juga terdapat sebuah bukit. Bisa didaki, tapi sedikit curam dan butuh tenaga ekstra. Namun setibanya di puncak, semua lelah bakal terbayar karena kita bisa melihat panorama seisi pulau dan gugusan-gugusan pulau kecil di sekitarnya. Teman Traveler juga bisa menikmati sunset dan sunrise di sini.

Destinasi Ramah Wisatawan

Berenang menikmati birunya air pantai (dok.pribadi)
Menikmati birunya air laut pantai (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Berwisata ke Pulau Pasumpahan hanya perlu membayar tiket masuk antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang. Hampir sama seperti biaya penyeberangan. Bahkan bisa lebih murah jika kita bernegosiasi dengan petugas setempat.

Pasumpahan memiliki beberapa fasilitas seperti musholla, kamar mandi, kedai penjual makanan, dan ada juga homestay. Ada pondok dan terletak di tepi pantai.

Spot-spot foto yang dibuat pengurus pulau (dok.pribadi)
Salah satu spot foto di Pasumpahan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Bagi yang tertarik camping, ada juga area camp khusus yang disediakan petugas. Jadi Teman Traveler tinggal pilih bermalam di mana jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pasumpahan.

Di sekitar pulau juga tersedia beberapa wahana permainan seperti banana boat, lapangan voli, dan penyewaan alat-alat snorkeling. Tidak perlu ribet membawa peralatan, karena semua sudah tersedia lengkap.

Asal-usul Nama Pasumpahan

Pasir yang putih menghiasi pantai (dok.pribadi)
Pasir putih yang menghiasi pantai (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Nama pulau ini memang terdengar sedikit aneh. Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, dulunya ada seorang anak yang merantau. Ia kemudian sukses dan menjadi saudagar kaya.

Anak tersebut kemudian berlaku durhaka, dan Sang Ibunda menyumpahi buah hatinya tersebut berubah menjadi batu. Secara garis besar mirip cerita rakyat Malin Kundang.

Menikmati alam dengan cara yang berbeda (dok.pribadi)
Menikmati alam dengan cara berbeda (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Jika diperhatikan secara seksama, pulau ini memiliki bentuk menyerupai orang bersujud. Hal tersebut lantas mengilhami masyarakat memberikan nama Pasumpahan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pulau Pasumpahan, lokasi eksotis dengan sejuta keindahan di Sumatera Barat. Bagaimana Teman Traveler, ada yang tertarik berkunjung ke sini dalam waktu dekat? Next

ramadan

Written by Zenith Halalan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Aerial Night View of Pasupati Cable Stayed Suspension Bridge, the Longest Flyover and one icon of Bandung, West Java, Indonesia, Asia (c) Shutterstock

Hunting for Fashionable yet Affordable Clothes in Bandung

Pilihan Waterpark Dekat Laut, Berenang dengan Pemandangan Pantai, Serunya Jadi Berlipat-lipat