in , ,

Pulau Sempu, Cagar Alam di Selatan Pulau Jawa Kian Ketat Untuk Kunjungan

Pulau Sempu Menjadi cagar alam Jawa Timur
Pulau Sempu Menjadi cagar alam Jawa Timur

Pesona alam nusantara memang tiada duanya. Hingga beberapa wilayah destinasi alam sengaja dijaga ketat sehingga sangat terjaga dari aktivitas manusia agar tetap terjaga akan kelestarian dan ekosistem yang ada didalamnya. Hal ini pemerintah menetapkan wilayah tersebut menjadi cagar alam yang tidak seorangpun tanpa tujuan jelas dengan enaknya menikmati wilayah tersebut. Hal ini juga terjaga ketat di pulau Sempu.

Baca juga : Curug Cigetruk Wisata Alam Baru di Cirebon, Dengan Pemandangan Sawah

Pulau Sempu Menjadi cagar alam Jawa Timur
Pulau Sempu Menjadi cagar alam Jawa Timur. Foto via anekatempatwisata.com

Pulau Sempu yang terletak di Selatan pulau Jawa merupakan wilayah Kabupaten Malang ini menjadi cagar alam hanya digunakan untuk penelitian edukasi ataupun observasi tertentu. Pulau kecil ini ditumbuhi oleh beberapa jenis tanaman tropis sehingga menjadi Kawasan cagar alam yang dikelola langsung oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dibawah KLHK RI.

Danau segara anak menjadi satu spot terindah di pulau sempu
Danau segara anak menjadi satu spot terindah di pulau sempu. Foto via anekatempatwisata.com

Sebagai sebuah wilayah cagar alam, pulau Sempu sendiri sudah ditetapkan sejak jauh-jauh hari bahkan sebelum Republik Indonesia merdeka. Kawasan hutan Pulau Sempu ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No : 69 dan No.46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natourmonument Poelau Sempoe dengan luas 877 ha. Namun baru beberapa tahun silam pemerintah mulai membatasi pengunjung yang ingin menikmati pulau indah nan eksotis ini.

Penyeberangan pulau sumpu dari pantai sendang biru
Penyeberangan pulau sumpu dari pantai sendang biru. Foto via sikidang.com

Secara garis besar, pulau ini sejatinya bukan objek wisata pada umumnya. Namun sebelum terjaga ketat oleh pihak pemerintah sempat di jadikan sebagai destinasi wisata yang tersuguhkan paket komplit bersama pantai Sendang Biru. Dengan alasan itulah banyak traveler yang ebrbondong bondong datang kelokasi melihat uniknya danau air asin yang hanya dibatasi dengan tebing karang pemisah samudera. Tentunya menjadi tempat camping paling memukau diarea pantai selatan pulau Jawa.

Lautan lepas dibalik tebing karang pemisah danau asin
Lautan lepas dibalik tebing karang pemisah danau asin. Foto via tempatwisata.com

Banyak flora dan fauna yang dilindungi serta hutan hujan tropis yang sangat asri menjadikan kawasan pulau Sempu tergolong jauh dari kontaminasi berbagai polusi bahkan limbah. Oleh karena itulah, demi menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di Pulau Sempu ini, kunjungan terbatas hanya boleh untuk tujuan tertentu saja seperti tujuan edukasi, observasi dan lain sebagainya. Kita sebagai para wisatawan juga perlu sadar akan pentingnya suatu Kawasan cagar alam tersebut.

Jadi, perlu kamu garis bawahi bahwa tidak serta merta pengunjung dibolehkan mengunjungi dan menikmati pulau eksotis ini. Tetap boleh berkunjung namun harus izin akses menuju lokasi dengan pihak terkait untuk keperluan tertentu ya teman traveler. Next

ramadan
Lautan yang bersih dan jernih hingga bawah laut terlihat dengan jelas

Air Terjun Kiti-Kiti, Cuilan Surga di Timur Indonesia

Losari Coffee Plantation

Segarnya Udara di Losari Coffe Plantation, Cocok Untuk Self healing