in ,

Pulau Tabuhan di Banyuwangi, Pisahkan Jawa Bali dengan Kecantikan yang Eksotis

Pulau Tabuhan Banyuwangi, Perbatasan Indah yang Sayang Jika Hanya Singgah

Pulau Tabuhan di Banyuwangi yang terletak di Selat Bali, “berhasil” memisahkan Jawa dan Bali dengan kecantikannya yang alami. Berada di sisi paling timur Banyuwangi, secara administratif Tabuhan adalah bagian dari Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Untuk sampai ke sini dan menikmati pesonanya, Teman Traveler harus menggunakan perahu. Belum apa-apa sudah seru ya?! Daripada lanjut penasaran, lebih baik lanjut baca yuk!

Baca juga : Barisan Fakta Menarik Gunung Agung, Keindahan Alam yang Disucikan

1. Pulau Kecil dengan Pesona Besar

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil dengan Pesona Besar via Instagram
Pulau Tabuhan, Pulau Kecil dengan Pesona Besar via Instagram/ rikakanci

Pulau Tabuhan di Banyuwangi luasnya sekitar lima hingga enam hektare. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk jalan-jalan mengelilingya. Meski begitu, ia mampu menawan Teman Traveler dengan kecantikannya yang dahsyat! Terletak kira-kira 20 Km dari pusat Banyuwangi, Pulau Tabuhan ditumbuhi oleh beberapa pepohonan yang semuanya masih sangat asri. Pasir berwarna putih di kawasan ini juga siap menyambut para pengunjung dengan suka cita. Tinggal menunggu Teman Traveler datang saja!

2. Miliki Air Sejernih Kristal

Air Lautnya Bergradasi dari Hijau dan Biru Pekat via Instagram
Air Lautnya Bergradasi dari Hijau dan Biru Pekat via Instagram/ henifitriah18

Selain beberapa pohon dan pasir yang putih bersih, Teman Traveler akan mendapat pemandangan memanjakan mata dari airnya yang sejernih kristal. Ia bergradasi, dari hijau muda, biru hingga biru pekat. Sampai-sampai, dari atas dapat terlihat dengan jelas kehidupan di bawah air. Sungguh tidak ada alasan untuk tidak mencintai pulau tanpa penghuni ini.

3. Snorkeling dan Kite Surfing Sampai Kenyang

Snorkeling di Pantai Tabuhan Sampai Kenyang via Instagram/ atoek_fr
Snorkeling di Pantai Tabuhan Sampai Kenyang via Instagram/ atoek_fr

Sebab airnya yang jernih, Pulau Tabuhan di Banyuwangi adalah salah satu surga para penggila snorkeling. Para pengunjung bisa berenang sambil menikmati keindahan dari beribu-ribu spesies ikan, terumbu karang, bunga karang dan beberapa spesies penghuni alam bawah air lainnya. Cara lain menikmati liburan di Pulau Tabuhan adalah dengan berolahraga atau bermain kite surfing. Karena, kecepatan angin di sini cukup stabil; antara 20 – 25 knot. Sebab alasan itu jugalah, Tabuhan pernah menjadi tuan rumah untuk beberapa acara kite surfing. Masa nggak tertarik untuk nyoba sih?!

4. Pemandangan Ijen dan Gunung Raung dari Jauh

Pemandangan dari Sisi Barat Pulau Tabuhan se-Menakjubkan Ini via Instagram/ anjun_trichi
Pemandangan dari Sisi Barat Pulau Tabuhan se-Menakjubkan Ini via Instagram/ anjun_trichi

Dua olahraga air di atas, bukan satu-satunya cara terbaik menikmati Pulau Tabuhan. Tidak usah khawatir! Teman Traveler masih bisa menikmati keindahan bentang alam di sini dengan berjalan-jalan di sekitar pulau. Pemandangan di bagian sisi barat Tabuhan tidak kalah luar biasa. Yang disajikannya adalah Gunung Ijen, Raung dan Balunara. Kegagahannya cocok sekali dengan warna biru dari langit dan air lautnya.

5. Akses Menuju Pulau Tabuhan

Akses Menuju Tabuhan Menggunakan Perahu Selama Belasan Menit via Instagram
Akses Menuju Tabuhan Menggunakan Perahu Selama Belasan Menit via Instagram/ anggi.hutasoit

Dari Banyuwangi, guna sampai dan menikmati bentang alam di pulau yang memisahkan Jawa dan Bali ini, Teman Traveler harus arahkan tujuan ke Desa Bangsring. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menggunakan sebuah kapal dari Bangsring atau Kampe. Kapal tersebut dapat disewa maksimal oleh 10 orang dengan harga sekitar Rp500 ribu. Hanya perlu waktu sekitar 15 sampai 30 menit, Teman Traveler sudah sampai.

Serunya lagi, Pulau Tabuhan di Banyuwangi bisa dipakai camping lho. Hanya, harus lebih dulu memberitahu petugas yang ada di pulau ya. Jangan lupa untuk memesan perahu juga.

Sudah tertarik dengan pesona Pulau Tabuhan? Penasaran menikmati sunrise dan sunset di sini? Segera agendakan ya! Selamat bersenang-senang! Jangan lupa pulang! Next

ramadan
Air Terjun Ladenring

Berwisata ke Air Terjun Kabupaten Bone, Melipir Sejenak Dari Hiruk Pikuk Perkotaan

Container Cafe di Indonesia, Nikmati Nongkrong Seru di Peti Kemas Instagenic