in , ,

Taka Makassar, Pulau Pasir ala Pirates Of The Carribean

Pulau Taka Makassar
Pulau Taka Makassar

Kali ini Kontributor Travelingyuk, Rachmad Ari fatah akan menceritakan pengalamannya liburan ke Pulau Taka Makassar. Seseru apa? Berikut cerita selengkapnya.

Baca juga : Tahu Gimbal Pak Edi, Khas Semarang Bikin Ketagihan

Saya akan menceritakan pulau pasir yang membuatmu takjub. Mengapa begitu, karena perjalanan ke pulau yang bernama Taka Makassar membawa memori seperti berada di film Pirates Of The Carribean.

Pulau tak berpenghuni ini merupakan salah satu bukti keindahan wisata bahari Nusantara yang selayaknya menjadi rujukan tempat liburan terbaik di dalam negeri. Tak heran bahkan wisatawan mancanegara senang mengunjungi pulau eksotis ini.

1. Berlokasi di Nusa Tenggara Timur

Rachmad Ari Fattah Taka Makassar
Pulau Eksotis yang Mempesona (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Meski terdapat embel-embel Makassar namun pulau pasir ini tidak berada di Sulawesi apalagi Makassar. Taka Makassar terletak di wilayah sebelah paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Meski bisa dibilang pulau pasir, masih ada sih tumbuhan yang hidup di sana berupa semak belukar. Namun ada di sekelilingnya yang benar-benar hanya berupa daratan berpasir lho.

2. Rute Perjalanan Menuju Taka Makassar

Rachmad Ari Fattah Motor Boat
Naik Motor Boat menuju Taka Makassar @Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Bila Teman Traveler ke sana, kalian bisa menuju Bandara Komodo, Flores. Sesampai bandara hanya membutuhkan sepuluh menit perjalanan darat menuju dermaga Labuan Bajo, Flores.  Kemudian berlayar menggunakan kapal yang banyak disewakan di sekitar dermaga. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

3. Berukuran Sangat Kecil

Rachmad Ari Fattah Pulau Mini
Pulau Mini @Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Taka Makassar sangatlah kecil, bahkan lebih kecil dari lapangan bola. Percaya tidak, kamu bahkan bisa berenang memutari pulau itu! Tumbuhan yang hidup di sana merupakan semak belukar, jadi pastikan kalian membawa penutup kepala karena tidak ada pohon untuk berteduh disini.

4. Dikelilingi Perairan yang Dangkal

Rachmad Ari Fattah Perairan Dangkal
Perairan Dangkal Taka Makassar @Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Hal ini membuat Teman Traveler akan sangat nyaman berenang di sekitar pulau pasir itu. Jadi, yang terbiasa berenang di kolam renang, bisa tuh berenang sambil melihat hamparan koral yang indah di bawah laut yang teduh. Lihat saja warna airnya yang berwarna Tosca cerah, yang menandakan bahwa perairan di sana tidaklah dalam.

5. Gugusan Pulau Pasir

Rachmad Ari Fattah Aerial View
Aerial View Sekitar Kawasan Taka Makassar @Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Di Kawasan Taka Makassar ini terdapat pula beberapa “gundukan” pasir yang nampak seperti pulau kecil. Keseruan menyusuri perairan pantai pasir adalah pengalaman yang mengesankan dan patut kalian coba! Tapi awas terseret arus, jadi tetap berhati-hati ya.

6. Wilayah Habitat Ikan Manta (Manta Point)

Rachmad Ari Fattah Panorama
Panorama Taka Makassar (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Tak jauh dari gugusan Pulau Taka Makassar, ada sekawanan ikan Manta atau ikan Pari yang tersebar hidup di perairan dangkal. Teman Traveler juga bisa berinteraksi dengan menyelam diantara ikan Manta. Jika tidak berani, dapat sekadar menyaksikannya di atas kapal. Meski relatif jinak, kalian tetap harus waspada ya!

7. Tips Saat Ke Taka Makassar

Rachmad Ari Fattah Snorkeling
Snorkeling Asyik (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Yang pertama, pastikan peralatan elektronik kalian sudah terlindungi dari air guys. Sebab, untuk menuju ke gugusan pulau pasir itu, harus naik perahu kecil yang akan sering terhuyung ombak.

Yang kedua, ada baiknya berangkat ke sana saat pagi atau menjelang sore hari. Karena Taka Makassar pulau tak berpenghuni dan tidak ada pepohonan untuk berteduh. Saat siang hari, cuaca di sana akan sangat menyengat. Sedangkan ketika malam, laut jadi pasang dan menyulitkan kapal saat bersandar.

Yang ketiga, jelajahi wilayah sekitar dan jangan lupa bawa peralatan menyelam, jika ingin snorkeling. Dan yang terakhir, tentu jangan lupa abadikan momen berharga ini bersama kawan atau pasangan kalian. Jadi siapin ajah deh peralatan selfie kalian.

Okay, itulah sharing saya tentang Pulau Pasir Taka Makassar. Enjoy liburan kalian dan selalu jaga lingkungan dengan tidak merusak karang dan membuang sampah sembarangan. Sampai jumpa! Next

ramadan
Fitur Image Pantai Waecicu

Pantai Waecicu, Surga Tersembunyi Di Labuan Bajo

Istana Kepresidenan

Selain Istana Merdeka, Ini Deretan Istana Kepresidenan Indonesia