in , , , ,

Umang Island Bengkulu, Bisa Makan Ditemani Biawak

Pulau Umang dengan pesona alam dan habitat biawak

pulau umang bengkulu
eksotisme-umang

Bengkulu, sebuah kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra. Letaknya yang dekat dengan perairan menyebabkan Bengkulu punya banyak wisata alam perairan yang unik. Seperti salah satu wisata yang jadi tujuan pelancong di akhir pekan atau libur nasional, Pulau Umang namanya.

Baca juga : Beach Day di Pulau Nailaka, Sejuta Pesona Indonesia di Banda Neira

Eksotisme Pulau Umang

Via ig/@kurniawan_dony

Nama umang sebearnya berasal dari nama hewan asli penghuni pulau, yakni hewan yang memiliki cangkang. Terletak di Teluk Sumur, Pulau Umang merupakan pulau mungil yang pas dijadikan liburan bersama keluarga. Jauh dari keramaian dan hiruk pikuk membuat Pulau Umang menjadi destinasi wisata bahari yang tersohor. Berlibur kesini rasanya seperti tinggal di pulau pribadi. Eksotisme alam disini tak perlu diragukan lagi. Pulau Umang bakal menyajikan pemandangan laut yang tenang dengan gradasi warna air hijau menuju biru, pasir putihnya yang mulus, area wisata yang sangat bersih, berbagai macam ikan dan biota laut serta terumbu karang yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, Pulau Umang ternyata merupakan habitat biawak yang sering sekali muncul di hadapan wisatawan.

Cerita Pengunjung

Via ig/@laniretno

Pulau Umang seringkali dijadikan kunjungan bagi para manten baru. Pasalnya resort disini menyajikan nuansa yang epic banget dengan letaknya di tengah perairan, serta bentuk penginapan yang unik. Dalam hastag #umangisland, banyak sekali pengunjung yang ingin kembali lagi datang ke pulau ini. Bahkan, beberapa kali pengunjung membagikan aktivitasnya yang berdekatan langsung dengan Biawak, seperti makan ditemani biawak. Eits, tidak perlu takut karena Biawak tidak langsung menginggit dan mengeluarkan racun seperti Komodo ya.  

Fasilitas dan  Aktivitas di Pulau Umang

kolam renang menghadap laut via ig/@deni_amico

Selain menikmati eksotisme Pulau Umang, teman traveler bisa melakukan aktivitas snorkeling, jet ski, dan banana boat. Nah, untuk teman traveler yang doyan mincing bisa menyalurkan hobi di fishing plat form, berada di area yang menjorok ke laut. Sementara resort dan spa di Pulau Umang juga memiliki fasilitas kolam renang dan berendam di air hangat yang langsung menghadap ke lautan. Bagi teman traveler yang pingin menyaksikan indahnya biota laut harus ke Pulau Oar di Tenggara Pulau Umang dengan waktu tempuh 10 menit menggunakan perahu mesin. Untuk dapat menikmati Pulau Umang, teman traveler cukup mempersiapkan Rp 100.000 saja, namun harga ini tidak termasuk penginapan ya.

Lokasi dan Akses

gapura selamat datang Bengkulu via ig/@baka.neko.baka

Lokasi Pulau Umang tepatnya di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dengan luas pulau 9.160 km2. Untuk menuju pulau ini, teman traveler harus menggunakan kapal motor kecil dari Sumur. Hanya butuh waktu 10 menit saja untuk sampai ke pulau ini.

Rekomendasi Wisata Lain di Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu via ig/@amindita

Teman traveler yang udah puas nikmatin Pulau Umang bisa mencoba destinasi wisata bahari lain di Bengukulu seperti, Pantai Air Bengkenang, Pantai Sungai Suci, Pantai Padang Betuah, Pantai Panjang, dan Pulau Tikus.

Nah, gimana teman traveler? Berkunjung bersama keluarga dalam waktu yang lama sambil menikmati keindahan Pulau Umang bisa jadi pilihan tepat nih. Selamat menikmati akhir pekan di Bengkulu!   Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

angkringan dome pinus

4 Angkringan di Semarang yang Anti Mainstream, Ada yang Sambil Kemping

brand lokal

Mengulik Berdirinya Eiger, Brand Lokal yang Digemari Traveler