in , ,

Puncak B29, Mengagumi Bromo dari Sisi Berbeda

Panorama Ketinggian nan Memikat di Puncak B29 Lumajang

Pemandangan di Puncak B29
Pemandangan di Puncak B29 (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Lumajang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata alam menarik, mulai dari pantai, air terjun, hingga kawasan dataran tinggi. Salah satu yang sudah cukup terkenal adalah Puncak B29, salah satu titik terbaik untuk mengagumi indahnya Gunung Bromo.

Baca juga : Panjat Tebing Gunung Parang, Wisata Adrenalin Seru Wajib Coba

Perjalanan Menuju Puncak B29

img_6909_01_7Jo.jpeg
Himbauan untuk pengunjung (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Puncak B29 berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Lumajang.  Kawasan ini merupakan puncak tertinggi dari kawasan serupa di sekitar Tengger. Letaknya ada di sisi timur kawasan wisata Gunung bromo.

Ada banyak rute yang bisa Teman Traveler ambil untuk menuju tempat wisata ini. Buat kalian yang berangkat dari Surabaya, bisa mengambil jalur:

  • Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Lumajang – Senduro – B29
  • Surabaya – Probolinggo – Sukapura – B29

Sementara untuk yang berangkat dari Malang, bisa melewati jalur:

  • Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Ranu Pane – B29

Buat kalian yang bertolak dari Probolinggo, bisa melewati jalur:

  • Probolinggo – Sukapura – B29
  • Probolinggo – Sukapura – Gunung Bromo – Jemplang – B29

Jika sudah berada di kawasan Lumajang, Teman Traveler bisa melewati jalur berikut:

  • Lumajang – Senduro – Desa Kandang Tepus – Desa Argosari – B29

Cocok untuk Para Petualang

img_6901_02_Osh.jpeg
Keindahan alam yang ditawarkan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Angka ’29’ disematkan sebagai nama tempat wisata ini bukan sekedar asal. Nama tersebut diberikan lantaran puncaknya berada di ketinggian di 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari sini Teman Traveler bisa nikmati pemandangan sangat indah, meliputi hampir seluruh kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Akses atau rute jalan menuju puncak juga mudah diakses menggunakan beragam kendaraan. Meski jalurnya cukup berliku dan terjal, semuanya sudah diaspal halus. Sangat pas buat Teman Traveler yang hobi menjelajah wisata dengan nuansa petualangan.

Sewa Kendaraan

img_6931_01_Dr9.jpeg
Suasana di puncak yang benar-benar indah (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Meski demikian, Teman Traveler sebaiknya jangan menumpang motor matic karena medan yang bakal dilewati cukup ekstrem dan berbahaya. Agar lebih aman, kalian bisa menyewa motor trail, jeep, maupun hartop dan melewati rute Desa Sukapura, Probolinggo.

Jika Teman Traveler berencana mampir ke sini saat musim hujan, sebaiknya menitipkan kendaraan di Desa Argosari dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pasalnya permukaan jalan bakal sangat licin dan berbahaya.

Fasilitas

img_6933_01_TBT.jpeg
Melihat pemandangan gunung lain dari puncak (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Puncak B29 memiliki sederet warung penyedia makanan dan minuman. Di sana juga sudah terdapat toilet. Buat Teman Traveler ingin bermalam, bisa mendirikan tenda di sekitar sini. Sebaiknya berangkat dini hari jika ingin menikmati indahnya panorama sunrise atau kumpulan awan putih di sekitar sini.

Itulah sedikit ulasan mengenai Puncak B29, sebuah suguhan panorama ketinggian luar biasa cantik di Malang. Buat Teman Traveler yang sedang berencana menjelajah wisata Malang, bisa coba mampir ke sini ya. Next

ramadan

5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Cusco Peru, Perpaduan Budaya Spanyol dan Inka

Bebek bakar prasamanan di Pandaan

5 Favorit Olahan Bebek Pandan, Gurihnya Bikin Terlena