in

Menapaki Puncak Gunung di Jawa Ini, Akan Membuatmu Sah Jadi Pendaki Sejati 

Ketika akan menghadapi gunung untuk pertama kalinya, mungkin ada banyak hal yang akan kamu rasakan. Muncul keraguan apakah kamu cukup kuat menaklukkan medan yang terjal dan menantang atau tidak. Namun pada akhirnya, keyakinan pada dirimu sendiri bahwa puncak gunung sudah begitu dekat dan kamu mampu mencapainyalah yang menang. Pergulatan batin semacam itu mungkin hanya salah satu dari sekian banyak hal yang harus kamu hadapi di alam bebas. Terlebih lagi sebelum menaklukkan puncak gunung, kamu harus bisa mengalahkan dirimu sendiri, masih ada rasa egois, keras kepala, hingga kesombongan.

Baca juga : Wisata Alam dan Edukasi Kebun Efi di Tanah Karo, Segar dan Instagenic

Karena mendaki bukan semata-mata melakukan perjalanan, tapi bagaimana kita menikmati rasa lelah sebisa mungkin. Pemandangan yang indah, udara dingin yang kadang bisa terasa menusuk tulang seperti sebuah lecutan agar kamu terus berjalan hingga nanti sampai di puncak. Rasakan sendiri, dengan datang ke beberapa puncak gunung berikut ini, baru kamu boleh bangga menyebut dirimu sebagai pendaki sejati.

1. Semeru

Semeru begitu gagah menjulang di wilayah Jawa Timur. Saat ini para pendaki yang ingin menaklukkan Semeru semakin banyak, tentu saja karena pemandangan di sepanjang jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut begitu indah. Membutuhkan waktu beberapa hari agar kamu bisa sampai di puncak, rasa lelah dan letih sangat mungkin kamu rasakan.

Semeru [image source]
Semeru
Namun ketika kamu berhasil sampai di puncak Mahameru yang berada pada ketinggian 3.676 mdpl, rasa bangga dan keindahan alam yang menyambutmu akan sebanding dengan perjuangan beratmu. Selain puncaknya, Semeru juga terkenal dengan keindahan danau Ranu Kumbolo. Sebuah perairan alami luas yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Tempat tersebut biasanya digunakan sebagai lokasi singgah para pendaki untuk bermalam.

2. Ijen

Gunung Ijen terkenal dengan fenomena alam berupa kawah yang terletak di puncak gunung. Karena tidak terlalu tinggi, maka untuk sampai ke puncak tidak seberat saat mendaki semeru. Jalurnya pun mudah ditempuh dan lebih ramai. Namun pemandangan yang ditawarkan nggak kalah dari Semeru. Tinggi Gunung Ijen mencapai 2.443 mdpl. Letaknya tidak begitu jauh daru Gunung Merapi.

Ijen [image source]
Ijen
Secara administratif, Gunung Ijen ada di  perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Sempat meletus pada tahun 1999, saat ini kawasan Ijen telah menjadi destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur.  Untuk sampai ke puncaknya, kamu bisa mengambil jalur Bondowoso atau Banyuwangi

3. Sindoro

Selain nama Sindoro, gunung ini juga disebut Sindara atau Sundoro. Merupakan gunung berapi aktif yang letaknya ada di Jawa Tengah. Provinsi yang terletak di antara Jawa Barat dan Jawa Timur tersebut memang memiliki banyak sekali gunung. Salah satunya ya Gunung Sindoro itu, nuansa yang alami dan terjalnya jalur pendakian akan membuat kamu tertantang dan benar-benar merasakan serunya mendaki gunung.

Sindoro [image source]
Sindoro
Untuk mengeksplorasi puncaknya, kamu bisa datang ke daerah Temanggung. Seperti gunung api pada umumnya, Gunung Sindoro juga memiliki kawah. Yang terbesar disebut kembang. Letaknya juga berdampingan dengan Gunung Sumbing.

4. Argopuro

Argopuro atau Argapura adalah nama sebuah gunung di Jawa Timur. Saat ini statusnya sudah tidak aktif lagi, jadi tidak ada kawah maupun letusan. Untuk sampai di puncaknya, kamu harus berjalan setapak demi setapak menaklukkan ketinggian 3.088 mdpl. Ketika sampai di atas, kamu akan melihat sebuah pemandangan yang mempesona.

Argopuro [image source]
Argopuro
Ada lembah-lembah luas dihiasi dengan deretan gunung yang masuk dalam kawasan  Pegunungan Iyang. Posisinya ada di antara Gunung semeru dan Gunung Raung. Di puncak Argopoera terdapat sebuah tugu triangulasi. Jika melihat itu, maka itu artinya kamu sudah sampai di puncak tertinggi.

5. Gunung Lawu

Di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah terdapat sebuah gunung yang cukup tinggi. Namanya adalah Gunung Lawu. Di satu sisi masuk dalam kawasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sedangkan di sisi lain masuk dalam wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Hutan yang begitu rimbun menandakan bahwa gunung ini sudah lama ada dalam fase istirahat.  Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl tersebut memiliki tiga puncak. Yang masing-masing adalah Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.

Lawu [image source]
Lawu
Jika kamu ingin berada di daratan tertinggi, maka puncak Hargo Dumilah yang harus kamu jajaki. Selain pemandangan alam, ada juga bangunan bersejarah yaitu Candi Sukuh dan Candi Cetho. Beberapa makam dari keluarga Mangkunegara juga ada di Gunung Lawu, termasuk kompleks makam  Astana Giribangun untuk keluarga Soeharto.

6. Merapi

Gunung Merapi menjadi tempat sakral dan penting bagi sebagian masyarakat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kamu juga bisa mendatanginya untuk mendapatkan pengalaman mendaki yang seru dan penuh dengan tantangan. Namun juga tetap bisa menikmati keindahan alam. Ketinggian yang harus kamu tempuh mencapai  2.930 mdpl. Kamu bisa berangkat dari beberapa jalur.

Merapi [image source]
Merapi
Entah dari wilayah Yogyakarta maupun Magelang, Jawa Tengah. Ini karena sisi selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. kemudian sisi yang lain menjadi wilayah Kabupaten Magelang. Sampai saat ini, Gunung Merapi masih aktif dan sejak tahun 1548 sudah meletus sebanyak 68 kali.

Itulah beberapa puncak gunung di Jawa yang begitu indah. Selain gunung di atas, masih ada beberapa destinasi pendakian lain yang nggak kalah keren. Kamu bisa menjelajahi Gunung Merbabu, Gunung Papandayan, Gunung Sumbing, hingga Puncak Gunung Arjuna. Jadi, apakah kamu pernah mendatangi salah satunya? Jika iya, bagikan pengalamanmu lewat kolom komentar di bawah ini ya! Next

ramadan

Berkunjung ke Banjarmasin, Kota Seribu Sungai yang Jadi Wisata Idaman

Keliling Jogja dan Kulineran Mie Paling Lezat, Dijamin Nagih