in , , ,

Puncak Sikunir Dieng, Belajar Mendaki Dengan Spot Sunrise Terbaik

Wonosobo memang menjadi kota primadonanya Jawa Tengah dalam hal wisata alam. Bagi kalangan traveler, siapa lagi yang tak mengenali dataran tinggi Dieng. Puluhan tempat wisata alam yang menakjubkan tersedia dikawasan tersebut. Mulai dari wisata danau alam, kebun, hutan, pegunungan, hingga kebudayaan melengkapinya. Tak heran banyak wisatawan memasukkan dalam daftar destinasi jalan-jalanya.

Baca juga : Sensasi Berkemah di Bibir Pantai Pangasan Yang Menjakjubkan

Sunrise puncak sikunir. foto via virday.com

Deretan bukit dan pegunungan yang mengelilingi wilayah Dieng ditambah sejuknya udara menjadi spot terbaik dalam memburu sunrise alias matahari terbit. Salah satu daya tarik sejak lama diburu wisatawan adalah golden sunrise Sikunir yang fenomenal. Diatas bukit Sikunir diketinggian sekitar 2.460 mdpl pengunjung bisa mengabadikan momen matahari terbit dengan latar belakang langit bewarna jingga diatas lautan awan. Ditambah gunung Sindoro dan puncak gunung kembang yang menghiasi indahnya panorama.

Pesona golden sunrise Sikunir dinobatkan menjadi sunrise terbaik di Asia Tenggara. Bahkan ada beberapa ulasan bahwa keindahan golden sunrise Sikunir masuk dalam daftar sunrise terindah di Dunia. Lokasinya berada tepat di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo di ketinggian 2.300 mdpl. Sekitar 22 km dari pusat kota Wonosobo cukup dengan 50 menit perjalanan.

spot terbaik di puncak sikunir. foto via instagram @arif_f5

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan luar biasa selama perjalanan, lewatlah PLTA Garung. Pesona air terjun Sikarim dan Cilaka menemani mu selama perjalanan. Sebelumnya juga tersedia wisata air dan bukit, dimana danau Menjer dan Bukit Seroja perlu dinikmati sebelum sampai Sikunir.

Anak tangga yang tersusun rapih dengan pengaman. Foto via viva.co.id

Karena tujuan utama adalah berburu sunrise, maka datanglah tepat sebelum pukul 04.00 WIB. karena perjalanan kepuncak akan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam bagi kamu yang belum pernah mendaki. Untuk kamu yang pemula, tak perlu ragu dengan medan trekking yang menanjak. Bebatuan yang tersusun rapih seperti anak tangga memudahkan mu menuju puncak. Selain anak tangga yang telah diperbaiki, di sekeliling jalan juga diberi batas pengaman sepanjang jalan.

Pepohonan rindang membuat mu lebih sejuk dan terlindungi dari panas matahari saat perjalanan turun. Ditengah perjalanan tersedia fasilitas toilet dan warung yang memberikan kenyamanan saat sebelum kamu menikmati indahnya puncak sikunir. Saat turun pun para warga menjajakan makanan dan oleh oleh khas wonosobo yaitu tempe mendoan dan manisan carica.

Next

ramadan
Fi objek wisata di jember

Objek Wisata di Jember, Keindahan Alam yang Wajib Dikunjungi

Fi objek wisata di jaipur

Objek Wisata di Jaipur India, Memiliki Keindahan Arsitektur Menakjubkan