in , ,

Pura Luhur Giri Salaka, Bangunan Hindu Eksotis di Tengah Alas Purwo

Menjelajah Sudut Indah Pura Luhur Giri Salaka di Banyuwangi

Pura Luhur Giri Salaka
Pura Luhur Giri Salaka (c) Rosita/Travelingyuk

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi menyimpan segudang tempat yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Pura Luhur Giri Salaka, destinasi bernuansa religi yang masih jarang diekspos. Yuk, simak ulasannya berikut ini Teman Traveler.

Baca juga : Kuliner Aceh Wajib Dicoba, Berani Jajal Sambal Ganja?

Berada di Tengah Alas Purwo

img_201907261144039_lA7.jpg
Gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo (c) Rosita/Travelingyuk

Pura Luhur Giri Salaka berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya kurang lebih 60 km atau satu setengah jam perjalanan dari pusat kota. Meski dikenal menyimpan banyak misteri, ada banyak destinasi menarik yang pantang Teman Traveler lewatkan di sini.

img_7550_VuX.jpg
Papan peraturan di Pura Luhur Giri Salaka (c) Rosita/Travelingyuk

Bangunan peribadatan ini berada di tengah hutan belantara. Namun tak perlu khawatir, sebab akses jalannya sudah benar-benar mulus. Teman Traveler tinggal ikuti jalan utama dari gerbang masuk taman nasional untuk menuju sini.

img_20190726115402_dxY.jpg
Jalan menuju pura (c) Rosita/Travelingyuk

Sepanjang jalan menuju pura, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan hutan lebat di sisi kiri dan kanan jalan. Ada juga panorama hutan jati yang tak kalah menawan. Begitu mendekati Resort Rowobendo, kalian bakal mendapati bangunan pura di sisi kiri.

Salah Satu Pura di Banyuwangi

img_75567_2M7.jpg
Gerbang masuk menuju pura (c) Rosita/Travelingyuk

Tahukah Teman Traveler bahwa pura ini hanya merupakan satu dari sekian banyak bangunan ibadah serupa di Banyuwangi. Tak hanya dimanfaatkan untuk memanjatkan doa, beberapa di antaranya juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata bernuansa religi.

Pura Luhur Giri Salaka adalah salah satunya. Bangunan ini sudah berdiri kokoh sejak 1985 silam. Tak jauh dari sini, Teman Traveler akan menemukan Situs Kawitan.

Tempat ini kerap disambangi para umat Hindu di Bali. Bahkan pada hari hari tertentu, mereka bakal berbondong-bondong datang ke sini untuk melakukan beragam ritual peribadatan.

Wisata Religi

img_75377_umt.jpg
Halaman depan pura (c) Rosita/Travelingyuk

Tempat ini bisa dibilang juga menjadi destinasi wisata religi bagi umat Hindu. Menurut informasi yang saya dapat, umat Hindu Bali yang datang ke sini jumlahnya bisa mencapai ratusan, terutama saat Pagerwesi dan Kuningan.

Setiap 210 hari sekali, umat Hindu rutin melaksanakan upacara keagamaan Pagerwesi. Mereka biasanya akan ramai berbondong-bondong datang ke pura ini.

img_7559_set.jpg
Salah satu bus yang membawa rombongan umat Hindu (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya itu, saat bulan purnama dan malam satu suro, pura ini juga bakal ramai dikunjungi. Jangan khawatir soal reputasi misterius dan mistis yang menyelimuti kawasan Alas Purwo. Begitu sampai di sini, Teman Traveler bakal merasakan nuansa tenang dan tentram yang membuat pikiran rileks.

img_8512_v0S.jpg
Pura Luhur Giri Salaka (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pura Luhur Giri Salaka, wisata bernuansa religi di tengah Alas Purwo. Yuk, segera wujudkan rencana menjelajah wisata Banyuwangi dan jangan lupa mampir ke sini. Selamat jalan-jalan Teman Traveler.  Next

ramadan
Situs Warungboto

Situs Warungboto, Sempat Terlupakan Kini Jadi Idaman

Ayam Pedas racikan Hajjah Rantinem

Ayam Pedas Hajjah Rantinem, Sensasi Pedas yang Nonjok Banget di Banyuwangi