in , ,

Pasar Cakra, Pusat Oleh-Oleh khas Lombok yang Rekomen Banget

Pasar Cakranegara
Pasar Cakranegara

Kawasan Cakranegara merupakan salah satu kawasan bersejarah di Kota Mataram. Kawasan Cakranegara dibangun pada pertengahan abad ke-17 dan diperuntukkan sebagai pusat penyebaran agama Hindu, serta permukiman bagi masyarakat Hindu-Bali yang datang selama pemerintahan Kerajaan Karangasem.

Baca juga : Uniknya Gereja Bawah Tanah, Misterius namun Indah, Penasaran?

Seiring dengan perkembangan zaman, kawasan Cakranegara dikembangkan sebagai pusat perdagangan dan jasa terbesar di Kota Mataram. Di kawasan ini terdapat pasar yang dapat dibilang pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Lombok. Selain luas, pasar ini menyediakan berbagai macam souvenir sehari-hari atau pantas untuk dijadikan oleh-oleh.

Pasar Cakranegara (c) Maulia/travelingyuk

Pasar ini menyediakan berbagai jenis oleh-oleh seperti kerajinan tangan, kuliner sampai kain tenun khas Lombok. Bukan hanya itu, mulai dari pakaian, sepatu/sendal sampai dengan buah-buahan juga ada di sini.  Pasar Cakra ini biasanya mulai beroperasi di pagi hari, untuk toko-toko yang menjual oleh-oleh biasa beroperasi mulai jam 8 pagi.

Pasar ini terdiri dari 2 lantai, untuk lantai pertama terdapat berbagai jenis pakaian seperti pakaian khas Lombok, kaos Lombok, kain tenun, songket, kain raring, dan berbagai jenis pakaian lainnya. Sedangkan di lantai kedua pasar ini terdapat berbagai jenis kebutuhan makanan mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, sembako, dan berbagai jenis oleh-oleh makanan, minuman atau pernak pernik seperti jajan khas Lombok dan kerajinan seni khas Lombok lainnya.

Pasar Cakranegara (c) Maulia/travelingyuk

Bangunan yang ada di kawasan Cakra ini kebanyakan bangunan tua dan baru-baru ini terdapat beberapa kursi yang disediakan oleh pemerintah kota di beberapa titik di atas trotoar. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat istirahat setelah lelah berbelanja di kawasan pasar Cakra ini. Bukan hanya pasar, di kawasan ini juga terdapat beberapa toko di pinggir jalan, mulai dari toko sepatu, pakaian, jas hujan, kacamata dan perlengkapan lainnya.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari barang yang kita butuhkan. Hanya dalam satu kawasan ini, kita bisa mendapatkan semua yang di butuhkan. Perihal harga, tidak perlu khawatir lagi. Semua harga barang di kawasan Cakra ini pas banget dikantong. Masalah tawar menawar juga tidak jadi masalah karena hal tersebut sangat biasa dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang.

Pasar Cakranegara (c) Maulia/travelingyuk

Tidak jarang juga kita melihat para wisatawan asing datang ke kawasan perbelanjaan Cakra khususnya di pasar Cakra. Mengenai lokasi pastinya tidak susah. Lokasinya berada di Cakranegara, Kota Mataram, provinsi Nusa Tenggara Barat. Buat yang berlibur ke Lombok, pas banget kawasan Cakra ini menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi kalau mau mencari oleh-oleh khas Lombok. Next

ramadan
taman pelangi

Wisata Malam di Taman Pelangi Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

fi penginapan di mlg dan sekitarnya

4 Daftar Penginapan di Malang dan Sekitarnya, Mulai 300 Ribuan