in ,

Ragam Kue Putu dari Nusantara, Legit Manis Bukti Indonesia Kaya

Inilah Ragam Kue Putu yang Berasal dari Nusantara

Via Instagram buatkue
Via Instagram buatkue

Putu merupakan kuliner dari Nusantara yang terbuat dari bahan dasar tepung dengan tambahan gula jawa dan juga parutan kelapa. Citarasanya manis dan gurih perpaduan dari bahan-bahan pembuatnya. Hal yang membuat putu begitu digilai banyak orang, selain rasanya nikmat, putu juga mengenyangkan. Nah, buat kamu para pecinta putu, berikut ini ada ragam kue putu dari Nusantara untuk menambah pengetahuan. Siapa tahu bisa mencoba semuanya.

Baca juga : Kafe Tema Tropis di Bandung, Nyaman untuk Nongkrong Fotogenic buat Dibidik

Putu Bambu

Putu bambu, Via Instagram dad_dish
Putu bambu, Via Instagram dad_dish

Putu bambu merupakan salah satu jenis putu yang banyak sekali ditemui di Nusantara. Ini terbuat dari tepung beras yang bagian tengahnya diisi dengan gula merah lalu dipadatkan. Dikukus hingga matang lalu dikeluarkan dari bambu dan diberi parutan kelapa. Aromanya begitu memikat hati, rasanya juga sangat nikmat. Sangat lezat disantap kala sedang hangat.

Putu Ayu

Putu ayu, Via Instagram heytheresia
Putu ayu, Via Instagram heytheresia

Putu ayu merupakan salah satu jenis putu yang memiliki bentuk yang sangat cantik. Kebanyakan, putu ayu memiliki warna hijau dari daun suji dan putih yang berasal dari parutan kelapa. Kue tradisional ini memiliki rasa yang lembut dan juga manis. Bentuknya yang cantik membuat putu ayu seringkali jadi hidangan berbagai acara.

Putu Mayang

Putu mayang, Via Instagram earlytitania
Putu mayang, Via Instagram earlytitania

Selanjutnya ada putu mayang yang berasal tepung kanji ataupun tepung beras yang dibentuk menyerupai mi. Selanjutnya nanti diberi tambahan kinca ataupun gula jawa. Selain diberi gula merah, ada sebagian orang yang menyantapnya dengan diberi tambahan sedikit taburan parutan kelapa dan juga gula. Rasanya juga legit dan gurih, cocok buat kamu pecinta makanan manis.

Putu Soppa

Putu soppa, Via Instagram indah.yulianti31
Putu soppa, Via Instagram indah.yulianti31

Orang Bugis memiliki putu soppa yang berbahan dasar beras ketan. Putu soppa ini memiliki rasa gurih dan membuat para penikmatnya jadi kenyang. Olahan ini cocok untuk dijadikan menu sarapan. Pembuatan putu soppa ini juga menggunakan cetakan dari pipa-pipa kecil. Bentuknya seperti putu pada biasanya kemudian ditaburi dengan parutan kelapa.

Iwel-iwel

Iwel-iwel, Via Instagram nanik_saiman
Iwel-iwel, Via Instagram nanik_saiman

Iwel-iwel juga merupakan ragam putu yang berasal dari Jawa. Bedanya dengan putu pada biasanya, parutan kelapa di iwel-iwel dicampurkan dengan tepung beras, lalu di bagian tengahnya diisi dengan gula merah dibungkus daun pisang lalu dikukus. Citarasanya tidak jauh berbeda dari putu biasanya, namun teksturnya sedikit lebih keras.

Lapet

Lapet, Via Instagram richa_triatmo
Lapet, Via Instagram richa_triatmo

Lapet terbuat dari tepung ketan yang dipadu dengan enten-enten (parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah). Untuk membuat teksturnya lebih kenyal, adonan lapet kadang-kadang dicampur dengan kentang ataupun juga tepung sagu. Citarasanya seperti biasanya, gurih dan juga manis yang membuat banyak orang ingin mengosumsinya lagi dan lagi.

Ombus-ombus

Ombus-ombus, Via Instagram theza_batubara
Ombus-ombus, Via Instagram theza_batubara

Ombus-ombus merupakan jenis putu lain di Indonesia yang berasal dari Medan. Ini merupakan jajanan yang sangat enak disantap saat panas. Pembuatan ombus-ombus ini adalah tepung berasanya dikukus terlebih dahulu lalu dicampur dengan parutan kelapa. Adonan tersebut diisi dengan gula merah lalu dibungkus daun pisang dengan bentuk kerucut.

Banyak juga ya ragam putu yang berasal dari Nusantara. Apakah kamu pernah mencoba salah satu dari jenis putu yang disebutkan di atas? Next

ramadan

Destinasi Wisata Alam di Aceh, Opsi Liburan Saat Ke Ujung Barat Indonesia

Nikmatnya Siomay dan Es Sekoteng Boper yang Nendang di Kota Bogor