in ,

Rekomendasi Kuliner di Medan yang Enaknya Kebangetan

Jalan Semarang Medan [image source]

Horas! Berkunjung ke tempat wisata Medan tak lengkap rasanya tanpa menikmati aneka kuliner menakjubkan yang menggoyang lidah. Seperti kota-kota lainnya di Sumatera yang terkenal dengan kuliner lezatnya, Medan juga memiliki sejuta destinasi yang bisa didatangi. Siap berpetualang dan memuaskan lidah di kota Medan?

Baca juga : 10 Hal Yang Membuktikan Bahwa Indonesia Itu HARUS DIJELAJAHI

1. Restoran Tip Top

Restoran Tip Top [image source]

Kalau Anda bertanya pada warga Medan tentang restoran terbaik yang bisa dikunjungi, Restoran Tip Top tentu menjadi jawaban teratas. Di restoran ini, Anda bisa mencicipi berbagai menu lezat mulai dari yang khas Indonesia termasuk makanan khas Medan, oriental, hingga Western Food. Menu lain yang juga populer di restoran ini adalah es krim dan roti jadul yang rasanya tetap bertahan sejak zaman dulu kala. Awalnya, restoran ini terletak di Jalan Pandu dengan nama Restoran Jangkie, namun sejak tahun 1934 berubah menjadi Restoran Tip Top seiring kepindahannya ke Jalan Pandu. Varian harga makanan di restoran ini cukup terjangkau, dimulai dari sekitar Rp 15 ribu saja.

Restoran Tip Top [image source]

Lokasi : Jalan Pandu, Kota Medan

2. Kedai Durian Ucok

Durian Ucok [image source]

Medan memang terkenal dengan sajian durian yang legit dan harum. Nah, bagi pencinta durian, wajib datang ke Kedai Ucok yang menyajikan berbagai jenis buah durian kualitas terbaik. Anda bisa bersantap di tempat ini pada malam hari hingga menjelang pagi, dengan bantuan para pegawai untuk memilih buah terbaik yang memuaskan lidah. Merasa durian yang Anda beli kurang mantap? Pemilik Kedai Ucok memperbolehkan Anda untuk menukar dengan durian baru, lho. Lokasi kuliner yang terletak di Jalan Wahid Hasyim ini bisa dikunjungi sepanjang tahun meski sedang tidak musim durian.

Durian Ucok [image source]

Lokasi : Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan

3. Merdeka Walk

Merdeka Walk [image source]

Kalau Anda ingin menikmati suasana kota Medan di malam hari sambil berwisata kuliner, Merdeka Walk menjadi salah satu lokasi yang wajib Anda tuju. Merdeka Walk merupakan lokasi kuliner sekaligus hiburan terbesa di Medan, di mana Anda bisa menemukan lebih dari 30 outlet makaann berbeda. Tak hanya kuliner lokal Medan yang bisa didapatkan di tempat ini, Anda juga bisa menikmati berbagai menu lain dari berbagai daerah di Indonesia seperti soto serta sop buntut.

Merdeka Walk [image source]

Lokasi : Jl. Balai Kota, Medan Barat, Medan

4. Jalan Semarang

Jalan Semarang Medan [image source]

Setiap kota tentu memiliki daerah pecinan alias lokasi yang dihuni mayoritas masyarakat keturunan Tionghoa. Nah, pecinan di Medan terletak di Jalan Semarang yang sudah populer sejak tahun 1960-an sebagai pusat wisata kuliner. Di siang hari, Jalan Semarang merupakan pusat penjualan suku cadang kendaraan. Namun di malam hari mulai jam 6 sore, lokasi ini berubah menjadi pusat kuliner dengan menu favorit Nasi Bebek Hainan.

Jalan Semarang Medan [image source]

Lokasi : Jalan Semarang Medan

5. Soto Kesawan

Soto Kesawan [image source]

Tak cuma Lamongan atau Madura yang punya hidangan khas berupa soto. Medan juga memiliki soto khas yang tak kalah lezatnya, tepatnya terletak di Jalan Ahmad Yani 116 dengan nama Soto Kesawan. Yang menjadi ciri khas dari Soto Kesawan adalah adanya udang gala yang berukuran cukup besar, menambah rasa gurih dan nikmat pada hidangan satu ini. Selain soto udang, ada juga pilihan soto daging dan soto ayam yang bisa Anda pilih sesuai selera. Soto Kesawan ini buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

Soto Kesawan [image source]

Lokasi : Jalan Ahmad Yani 116, Medan

6. Soto RM Sinar Pagi

Soto RM Sinar Pagi
Soto RM Sinar Pagi [via Instagram]

Selain Soto Kesawan yang sangat terkenal, di Medan juga ada Soto RM Sinar Pagi dengan cita rasa unik yang menggugah selera. Di restoran yang terletak di Jalan Sei Deli ini, Anda bisa menikmati semangkuk soto daging dengan tambahan perkedel, rempeyek, dan sambal kecap yang membuat rasanya semakin nendang. Restoran Soto RM Sinar Pagi ini cocok dikunjungi saat sarapan karena sudah buka sejak jam 7 pagi dan tutup di jam 3 sore.

Sinar Pagi [image source]

Lokasi : Jl. Sei Deli No.2, Silalas, Medan Bar., Kota Medan

7. Rumah Makan Tabona

RM Tabona
RM Tabona [via Instagram]

Terletak di Jalan Mangkubumi, rumah makan Tabona menyajikan berbagai kuliner khas dengan cita rasa Timur Tengah seperti bihun kari, kari ayam, kari daging kambing, dan juga kari sapi. Restoran yang buka sejak pukul 06.30 pagi ini selalu padat pengunjung terutama pada jam makan siang karena letaknya yang tepat di tengah pusat perkantoran. Harga yang ditawarkan di rumah makan ini cukup bersahabat di kantong, dimulai dari Rp 18 ribu saja.

Rumah Makan Tohana [image source]

Lokasi : JL. Mangkubumi, No 17, A U R, Medan Maimun, Kota Medan

8. Mie Ayam Jamur Kumango

Mie Ayam Jamur Kumango
Mie Ayam Jamur Kumango [via Instagram]

Pecinta mie dijamin akan puas saat merasakan kelezatan mie ayam jamur Kumango yang terletak di Jalan Mangkubumi. Mie buatan sendiri yang diiris tipis dan memiliki rasa kenyal, berpadu serasi dengan gurihnya jamur dan daging ayam. Selain menyatap mie ayam jamur, hilangkan dahaga dengan kopi susu tradisional khas Medan.

MIe Ayam Jamur Kumango [image source]

Lokasi : Jl. Mangkubumi, A U R, Medan Maimun, Kota Medan

9. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek [image source]

Kedai Kopi Apek merupakan salah satu tempat kuliner tertua di Medan, yang ada sejak tahun 1922. Kedai kopi yang terletak di Jalan Hindu 37 ini meracik biji kopi terbaik dan menggilingnya sendiri dengan presisi sempurna. Untuk pembuatan kopi, diperhatikan pula pengaturan suhu hingga teknik mengaduk yang berbeda dari lainnya. Inilah yang membuat kopi di Kedai Kopi Apek selalu digemari, terutama dengana danya hidangan martabak telur dan aneka roti.

Kedai Kopi Apek [image source]

Lokasi : Jalan Hindu 37 Medan

10. Kerang Rebus Ring Road

Kerang Rebus [image source]

Kalau suka seafood, wajib sekali mengunjungi kawasan Ring Road untuk menyantap kerang rebus yang melegenda. Gurihnya kerang rebus dengan tekstur dagingnya yang kenyal membuat Anda tak akan cukup menyantap seporsi saja. Selain kerang, Anda juga bisa menikmati kelezatan masakan berbahan dasar keong yang menggugah selera.

Kerang Rebus [image source]

11. Rumah Makan Sipirok

Rumah Makan Sipirok [image source]

Rumah makan kawakan di medan dengan menu utama berupa sup daging yang mantap. Keberadaanya cukup legendaris dan berhasil eksis lantaran mempertahankan resep keluarga yang diwariskan turun temurun. Satu porsi bisa kamu tebus dengan harga yang murah meriah, yaitu sekitar Rp. 13 ribu saja. Menggiurkan bukan?

Rumah Makan Sipirok [image source]

Lokasi : Jalan Raya Sunggal, No 14 Simpang Tj. Medan Sunggal, Kota Medan

Mana dulu nih, yang akan Anda kunjungi saat berwisata ke Kota Medan? Next

ramadan

Written by andi

andi

Rekomendasi Hotel di Bandung Untuk Liburan Akhir Pekan

Tips Liburan Tanpa Ribet Kebanyakan Bawaan