in ,

Rekomendasi Lentog Tanjung di Kudus Paling Dicari

Kudus dikenal sebagai kota penghasil kretek terbesar di Jawa Tengah. Selain itu, kota ini juga punya julukan kota Santri. Tapi kamu sudah tahu apa kuliner khas dari Kudus? Adalah Lentog Tanjung, hidangan lontong dengan kuah santan yang berisi tahu tempe dan nangka muda. Biasanya makanan ini disandingkan dengan beragam menu tusukan seperti telur puyuh dan usus. Nah, jika ingin icip kira-kira dimana saja ya tempat yang recommended?

Baca juga : Coba Olahan Alpukat Kekinian, Bikin Kenyang dan Sehat Sekalian!

1. Lentog Tanjung Pak Warsito

Foto via Instagram @norlailads

Warung yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu ini kini dikelola oleh generasi ketiga dari Pak Warsito. Sediyati, putri Pak Warsito sudah mengelola warung ini sejak umur 18 tahun. Pada hari biasa, warung Lentog Tanjung Pak Warsito bisa menjual hingga 100 porsi, di akhir pekan bahkan 400 porsi bisa terjual. Jika ingin kemari, datang dari jam 6:30 sampai 13:00 ya. Untuk satu porsi, kamu cukup membayar Rp5000 saja loh.

2. Warung Lentog Bu Siti

Foto via Instagram @kuduskulineran

Selain yang ada di kawasan Pusat Lentog Tanjung, kamu juga bisa menemukan kuliner khas Kudus ini di wilayah lainnya. Seperti Warung Lentog Bu Siti yang ada di Jl Kyai H. Wahid Hasim No.36, Magersari, Panjunan, Kudus ini. Lokasinya hanya sekitar 10 menit dari Terminal Kudus. Di dekat warung ini kamu juga bisa temukan Museum Jenang Kudus loh.

3. Lentog Tanjung Pak Ashari

Foto via Instagram @kuduskulineran

Warung lentog tanjung ini berada di dekat perempatan pasar Jember atau tepatnya Jl. KHR Asnawi, Pejaten, Damaran, Kec. Kota Kudus. Nah, lentog tanjung di warung ini tidak hanya bisa kamu nikmati di tempat tapi juga dapat dipesan melalui ojek online loh. Untuk satu porsi, harganya hanya Rp 5000. Di sini ada bakwan yang pas juga dimakan dengan lentog tanjung.

4. Lentog Tanjung Pak Mitro

Foto via Instagram @oeoengunawan2

Kembali lagi ke Pusat Lentog Tanjung, ada warung Pak Mitro yang juga merupakan salah satu yang legendaris. Warung ini sudah ada sejak 20 tahunan yang lalu. Jika makan lentog di warung Pak Mitro, jangan lupa minta tambahan bawang goreng yang banyak ya biar makin sedap. Pakai sambal atau rawit, pedasnya tetap bikin nagih.

5. Lentog Tanjung Pak Solikin

Foto via Instagram @temanmakan.jepara

Tak hanya rasanya yang gurih lezat, warung Lentog Tanjung Pak Solikin ini juga terkenal karena penjualnya yang gaul. Pak Solikin dikenal senang mengajak ngobrol pembelinya. Makan disini tidak akan terasa sepi deh karena Pak Solikin siap menemanimu makan lentog dengan obrolan yang update. Temukan warung ini di l. Gor Wergu Wetan, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus.

Lentog tanjung ternyata dikaitkan dengan sebuah mitos seorang wali yang berniat membangun sebuah masjid. Ia menggali tanah untuk membuat sumur namun urung terlaksana karena diketahui warga sekitar. Di tempat tersebut kemudian ditemukan tanah lembek. Yang lalu oleh sang wali disebut “Warga sini (Tanjungkarang) rejekinya dari yang lembek-lembek.” Dari sanalah kemudian banyak yang mengaitkan lentog tanjung, kuliner yang lembek ini sebagai ladang rejeki warga Kudus, khususnya Tanjungkarang.

Next

ramadan

Cungkring Pak Jum’at, Kuliner Legendaris Bogor Yang Mulai Langka

fi wisata salju terbaik dunia

Wisata Salju Terbaik di Dunia, Menikmati Liburan Musim Dingin