in , ,

Rekomendasi Tempat Wisata Historical di Kota Bukittinggi.

Bukittinggi merupakan kota yang terletak digugusan pegunungan Bukit Barisan atau sekitar 90 kilometer utara Kota Padang. Kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota pada zaman Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Kota Bukittinggi erat kaitannya dengan sejarah masa mempertahankan kemerdekaan sehingga memiliki banyak destinasi wisata historical, nah berikut beberapa diantaranya.

Baca juga : Mengenal Gendang Beleq, Penyemangat Prajurit Lombok

1. Jam Gadang

Via IG @nuy.c_96

Dalam bahasa Indonesia Jam Gadang berarti “jam besar”, jam gadang memiliki 4 sisi dengan masing-masing sisi mempunyai 1 buah jam. Yang paling menarik adalah mesin jamnya hanya di buat 2 unit di dunia yaitu Jam Gadang dan Big Ben di Inggris. Jam Gadang terletak tepat di pusat Kota Bukittinggi.

2. Lubang Japang

via IG @_mels711_

Dalam bahasa Indonesia Lubang Japang berarti “Lubang Japang”, Lubang Japang adalah bungker militer yang dibuat Jepang pada zaman penjajahan sebagai perlindungan dan pertahanan. Pajang terowongan Lubang Japang mencapai 1,5 km dengan lebar 2 meter. Untuk masuk Lubang Japang sobat traveller harus menyewa guide agar tidak tersesat mengingat terdapat banyak lorong dan terowongan. Lubang Japang terletak tidak jauh dari jam gadang sekitar 10 sampai 15 menit dengan berjalan kaki.

3. Benteng Fort de Kock

Via IG @rikarygat

Benteng ini dibangun pada zaman Belanda sebagai pertahanan dalam perang Paderi. Nama Fort de Kock diambil dari nama seorang Wakil Gubernur Hindia Belanda pada masa itu Hendrik Marcus de Kock. Di benteng ini masih terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti meriam meriam kuno abad 19. Benteng ini berada di lokasi yang sama dengan Kebun Binatang Bukittinggi dan Museum Rumah Gadang, sekitar 15 sampai 20 menit jalan kaki dari pusat kota dan kawasan Jam Gadang.

4. Rumah Kelahiran Bung Hatta

Via IG @dindazirastivanii

Rumah Kelahiran Bung Hatta ini didirikan pada tahun 18060- an Dengan menggunakan bahan kayu sebagai strukturnya, terdiri dari bangunan utama, paviliun, kandang kuda, lumbung padi dan kolam ikan. Bung Hatta dilahirkan dan menghabiskan masa kecilnya di rumah ini, rumah ini sekarang dijadikan sebagai Museum untuk mengenang serta menghormati jasa beliau. Rumah ini terletak  tidak jauh dari Jam Gadang hanya sekitar 10 sampai 15 berjalan kaki.

Itulah beberapa destinasi historical yang terdapat di Kota Bukittinggi, menariknya hanya dengan berjalan kaki sobat dapat menelusuri jejak sejarah yang terdapat di Kota Bukittinggi. Next

ramadan
Nasi Goreng Kuah

Nasi Goreng Kuah, Kuliner Wajib saat di Kediri

Vintage Vibes

Broadway Alam Sutera, Nuansa New York di Tangerang Selatan