in , , ,

Rekomendasi Wisata Alam di Banyumas Sekitar Baturaden Untuk Liburan Akhir Pekan

fi rekomendasi wisata alam di banyumas

Sudah berada dipenghujung minggu nih Teman Traveler waktunya untuk mencari lokasi refreshing sejenak dari rutinitas. Berikut ada rekomendasi wisata alam di Banyumas, sekitar Baturaden untuk liburan akhir pekan yang menyenangkan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Fish and Chips Malang, Harga Ekonomis Rasa Lezat Abis!

1. Desa Wisata Ketenger

desa wisata ketenger
Ilustrasi via instagram patton_ony

Pertama ada Desa Wisata Ketenger yang berada di kaki Gunung Slamet, suasananya masih asri dan sejuk sangat cocok dijadikan tempat untuk refreshing sejenak. Teman Traveler bisa menginap pada penginapan yang tersebar di desa ini dengan lokasi dekat alam.

Selain itu ada banyak pilihan wisata curug pada desa ini seperti Curug Gede, Curug Bayan, Curug Kembar dan lainnya. Teman Traveler juga wajib mencoba kuliner tempe mendoan khas Banyumas, lalu mengunjungi situs bersejarah peninggalan zaman Belanda. Tak ketinggalan mempelajari kesenian budaya masyarakat sekitar yaitu kuda lumping.

Desa Wisata Ketenger berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Banyumas, hanya membutuhkan waktu 45 menit perjalanan. Dari sebelum Terminal Baturaden, pada sisi kiri jalan akan bertemu gapura Desa Ketenger.

2. Baturraden Adventure Forest

baturraden adventure forest
Ilustrasi via instagram bafadventure

Selanjutnya ada Baturraden Adventure Forest untuk Teman Traveler pecinta wisata dengan aktivitas fisik menantang. Di sini ada banyak pilihan petualangan yang seru seperti susur sungai, outbond di alam, menyusuri hutan dengan sepeda, trekking, berkemah dan masih banyak kegiatan lainnya. Lokasi yang cocok untuk liburan sambil refreshing sejenak.

Fasilitas wisata ada area parkir, camping ground, toilet, outbond area, cafe & resto, penginapan, wahana permainan, warung makan serta minum, gazebo dan lainnya. Ada pilihan paket wisata diantaranya student outbond, team building, river adventure, riverside camp, paintball, walk-in program, dan family camp. Tiket masuk per orang mulai Rp 200.000 hingga Rp 2.500.000.

Baturraden Adventure Forest berlokasi di Dusun II Pandak, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

3. Curug Bayan

curug bayan
Ilustrasi via instagram djecko_1979

Berikutnya beralih ke Curug Bayan untuk menikmati kesegaran aliran air terjun yang memiliki ketinggian 7 meter, memang tidak begitu tinggi tetapi pemandangan alam sekitarnya sangat menenangkan. Teman Traveler bisa berenang di dalam kolam alaminya. Saat musim kemarau air terlihat jernih dan bebatuan di dalamnya terlihat, aliran juga tidak begitu deras.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet umum, musala, warung makan serta minum, gardu spot foto, dan lainnya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang.

Curug Bayan berlokasi di Dusun II Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

4. Telaga Sunyi

telaga sunyi
Ilustrasi via instagram maulanamiftah_

Kemudian ada juga Telaga Sunyi yang tersembunyi di lereng Gunung Slamet berada pada area hutan damar dan pinus. Di sini Teman Traveler bisa melakukan trekking menuju telaga lalu banyak aktivitas seperti berenang, menyelam dan menikmati pemandangan menenangkan serta sejuk sekitar. Air jernih ini memiliki kedalaman sekitar 2-6 meter.

Telaga Sunyi masuk dalam kawasan Wana Wisata Baturraden dengan fasilitas wisata ada area parkir, toilet umum, musala, ruang ganti, dan sebagainya. Tiket masuk wisata Rp 15.000 per orang, ada juga pilihan tiket terusan Rp 20.000 per orang, sudah termasuk wisata ke Pancuran 7, Tebing Selirang, Kebun Raya Curug Tirta, dan Taman Labirin.

Telaga Sunyi berlokasi di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan 4 rekomendasi wisata alam di Banyumas sekitar Baturaden, bisa dijadikan tujuan liburan Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatannya. Next

ramadan
fi midnight trains

Midnight Trains Akan Meluncurkan Layanan Hotel di Kereta Api Untuk Keliling Eropa

fi susansparesort

Susan Spa and Resort di Semarang, Memiliki Kapel Dengan Elevasi Tertinggi