in , ,

Bornga, Restoran Korea Paling Enak di Jogja

borngajogja
borngajogja

Siapa yang tidak kenal dengan negeri yang akrab dengan sebutan negeri gingseng yups di mana lagi kalau bukan Korea Selatan. Pengaruh K-pop yang mendunia menjadikan masyarakat Indonesia mulai mengenal budaya Korea Selatan bahkan menyukainya.

Baca juga : Bali, the Paradise of the Earth

Makanan Korea yang begitu beragam mulai banyak di cari serta digemari. Banyak yang menjadi penasaran bagaimana rasa makanan yang berasal dari negeri gingseng itu. Hal inilah yang medasari banyaknya pemgusaha kuliner yang mulai menjual makanam dengan menu khas korea selatan.

Saya beberapa kali mengunjungi berbagai tempat yang menjual makanan khas Korea di jogja. Soal rasa ada yang langsung cocok di lidah dan ada juga rasa yang di tolak oleh lidah saya. Sampai suatu saat saya bertemu dengan restoran korea yang bernama Bornga. 

Bornga berlokasi Jl. Lempongsari Raya, Sariharjo, Kec Ngaglik, Kab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Interior restoran ini dibuat menyerupai desain ala Korea sehingga ketika masuk saya merasa seperti sedang makan di Korea.

Di sini juga disediakan hanbook, pakaian tradisonal Korea bagi yang ingin mencoba memakainya. Waktu berkunjung saya lebih menyukai sore hari untuk menyantap makan malam d isini. Jangan datang terlalu malam karna mungkin kursi sudah terisi penuh dan kalian harus antri menunggu lama sampai ada yang selesai makan dulu baru dapat tempat. Pegawai di sini ramah dan sigap dalam melayani, mereka juga menyapa dalam bahasa korea.

Tteokbokki

Begitu duduk saya langsung diberikan menu dan memilih apa saja yang ingin saya pesan. Menu favorit saya adalah tteokbokki jajanan kaki lima yang biasa ada di Korea. Untungnya di sini juga ada menu tteokbokki selain itu ada beberapa menu lain yang sangat ingin saya rasakan yang ternyata dijual di Bornga yaitu samgyetang dan naengmyeon. Saya memesan ketiga menu itu.

Setelah pesanan dibuat makanan pendamping yang biasa disebut banchan disajikan terlebih dahulu. Banchan ini gratis refil ya bisa nambah sepuasnya begitu juga minumannya.

Samgyetang

Tidak berselang lama makanan mulai disajikan. Segera saya ambil sumpit untuk mulai mencicipi tteokbokki yang menjadi menu kesukaan saya. Waah rasanya sungguh luar biasa enak berbeda dari yang sudah pernah saya makan di tempat lain. Sausnya terasa enak dimakan dengan apa saja dua jempol pokoknya untuk hidangan ini. Tteokbokki di bornga disajikan lebih mewah karna dicampur dengan aneka makanan laut yang banyak.

Makanan kedua yang saya cicipi adalah samgyetang. Ini sangat membuat penasaran karena penyajiannya disajikan dalam bentuk ayam utuh tanpa kulit yang direbus dengan gingseng khas korea didalam perut ayam ini ada beras ketan yang cocok disantap bersama. Pertamakali mencoba saya langsung kagum dengan tekstur lembut daging ayam dengan kuahnya yang menghangatkan. Rasanya juga tidak terlalu kuat cocok sekali dilidah.

Naengmyeon

Makanan terakhir yaitu nengmyeon alias mie dingin. Sangat tidak lazim di negara kita makan mie yang disajikan dengan kuah dingin ada es batunya. Saya begitu penasaran apa enak makan mie dengan kuah es seperti itu ? Begitu merasakan saya kembali dikejutkan dengan rasa yang sungguh nikmat menyegarkan. Saya sampaibgeleng-geleng kepala kok bisa ada makanan se enak ini.

Ternyata oh ternyata restoran Bornga ini milik chef Baek Jong Won, chef terkenal di Korea Selatan yang selalu muncul dibanyak acara variety show jadi pantesan saja ya guys rasa masakannya menggoyang lidah semua. Untuk harganya memang tergolong mahal tapi untuk rasa tidak perlu diragukan lagi. Ini merupakan restoran korea paling recommended yang ada di Jogja. Next

ramadan
Wisata di Penang Malaysia

Sensasi Liburan di Penang, Bikin Kenangan Tak Terlupakan

‘Pintu Neraka’ Di Bumi Akan Dipadamkan, Ini Faktanya