in ,

10 Restoran Indonesia di Luar Negeri Jadi Ujung Tombak Wisata Nusantara

Restoran Indonesia di Luar Negeri Bekerja Sama dengan Wonderful Indonesia

Gado-gado akan dipromosikan di luar negeri via Instagram djakartabali

Pemerintah terus mengambil langkah inovatif untuk memastikan wisata Indonesia semakin dikenal di luar negeri. Belum lama ini Kementrian Pariwisata menggandeng 10 restoran yang menyajikan makanan khas Tanah Air di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat untuk mempromosikan kekayaan kuliner Nusantara.

Baca juga : Sego Angkruk Khas Ponorogo, Enak Tapi Sangat Langka

10 restoran tersebut nantinya akan memajang logo Wonderful Indonesia di tempat usaha mereka. Tak hanya itu, para pemiliknya juga sudah sepakat untuk menyajikan lima hidangan khas seperti yang diminta pihak Kementrian. Masakan yang nantinya akan diunggulkan adalah rendang, nasi goreng, sate, soto, dan gado-gado.

Mentri Pariwisata, Arief Yahya, kemudian mengatakan bahwa semua restoran tersebut nantinya akan punya laman khusus terkait kerja sama ini. Diharapkan nantinya pesona wisata Indonesia akan semakin dikenal di luar negeri.

Lantas seperti apa istimewanya 10 restoran yang sudah dipilih langsung oleh Kementrian Pariwasata tersebut? Daripada penasaran, berikut TravelingYuk berikan penjelasan lengkapnya.

1. Gastrobar Indonesia (Amsterdam)

Sajian nasi goreng di Ron Gastrobar via Instagram rongastrobarindonesia

Ron Gastrobar merupakan restoran masakan Indonesia yang ada di Amstel, Amsterdam. Semuanya disajikan dengan penampilan cantik nan menggugah selera. Mulai dari menu makan siang hingga makan malam tersedia lengkap di sini. Beberapa menu yang jadi andalan antara lain sate, lemper keriting, risoles, dan daging giling.

2. Djakarta Bali (Paris)

Menu gado-gado di Djakarta Bali via Instagram djakartabali

Warga Paris yang ingin merasakan nikmatnya masakan khas Indonesia cukup datang ke Djakarta Bali. Terletak di distrik Les Halles, restoran ini menawarkan ragam menu dari daerah Jawa, Sumatra, dan Bali. Guna memanjakan pengunjung, Djakarta Bali juga menghadirkan pengalaman eksotis dengan adanya permainan gamelan secara live. Menu yang ditawarkan antara lain pepes ikan, sambel goreng udang, dan lumpia.

3. Yono’s Restaurant (Albany)

Daging bumbu sate ala Lampung di Yono’s Restaurant via Instagram yonosrestaurant

Yono’s Restaurant adalah restoran masakan khas Indonesia yang di Albany, Amerika Serikat. Pemiliknya adalah orang asli Indonesia yang berprofesi sebagai chef, Yono Purnomo. Restoran yang pernah meraih beragam penghargaan ini menyajikan sejumlah menu Indonesian Banana Foster, gado-gado, daging rendang, bakmi goreng, dan masih banyak lagi.

4. Kasih Restaurant (Los Angeles)

Sajian Ikan Pepes di Kasih Restaurant via Instagram kasih_la

Kasih Restaurant terletak di kawasan Little Tokyo, Los Angeles. Nama restoran ini sering muncul dalam beragam daftar restoran Indonesia terbaik di LA. Menu yang disajikan di sini kebanyakan familiar di telinga orang Indonesia, namun diolah dengan cara lebih modern seperti contohnya tempe lettuce wraps. Selain itu masih ada babi guling, bakmi goreng, dan nasi goreng.

5. Fluffy Lamb (Perth)

Menu sate daging di Fluffy Lamb via Instagram fluffylamb.perth

Flulffy Lamb merupakan sebuah gerai khusus yang menjajakan street food ala Indonesia di Perth. Lokasi tepatnya ada di Fremantle Market. Tempat ini biasa menyajikan beberapa menu variasi sate dan hidangan berbasis daging lain yang dimasak dengan cara dipanggang. Respon orang Australia terdapat makanan yang ditawarkan Fluffy Lamb kebanyakan positif, hingga tak heran mereka kemudian ditunjuk untuk bekerja sama dengan Kementrian.

6. Sendok Garpu (Brisbane)

Beragam hidangan Indonesia yang bisa ditawarkan di Sendok Garpu via Instagram sendok_garpu_brisbane

Sendok Garpu by Bunda Alicia adalah satu restoran di Brisbane yang mengklaim menawarkan menu makanan Indonesia otentik. Lokasi tepatnya ada di Clarence Road, Indooroopilly. Warga Indonesia yang berkunjung ke sini tak perlu khawatir, karena semua menu dijamin halal. Beberapa hidangan lezat yang bisa dicoba di Sendok Garpu antara lain cap cay, telor balado, ayama kalasan, dan iga sapi rica-rica.

7. Ubud Resto (Sydney)

Menu nasi campur ditawarkan di Ubud Resto via Instagram zoearcher

Terinsipirasi desa Ubud yang ada di Bali, Ubud Resto mencoba menghadirkan atmosfer tradisional nan menenangkan bagi para pelanggannya di Australia. Sejumlah menu ringan seperti martabak telur, lumpia goreng udang, dan asinan ubud bisa didapatkan di sini. Selain itu masih ada sejumlah makanan berat yang juga tak kalah mengunggah selera seperti ayam goreng ubud, kambing bumbu ubud, dan juga nasi uduk spesial.

8. Sari Ratu (Singapura)

Nassi Rendang Padang ala Sari Ratu di Singapura via Instagram sariraturestaurant

Singapura dikenal sebagai negara kecil dengan etnis dan kebudayaan beragam. Jika kebetulan berkunjung ke Lucky Plaza di Orchad Road, bisa mampir ke rumah makan Sari Ratu yang menyajikan masakan padang otentik. Mereka juga membuka cabang di Jl Pahang. Selain nasi padang, Sari Ratu juga menghadirkan sejumlah menu menarik lain seperti ikan bawal bakar, ikan masin, gulai telor ikan, dan telor gulai.

9. Bumbu Desa (Malaysia)

Bumbu Desa tawarkan beragam masakan khas Indonesia di Malaysia via Instagram bumbudesamalaysia

Bumbu Desa mengklaim diri sebagai restoran makanan khas Indonesia terbesar di Malaysia. Menu yang ditawarkan bervariasi mulai dari masakan khas Padang hingga Sunda. Belakangan mereka juga mulai menjual sambal khas dalam kemasan botol, bagi pengunjung yang ingin membawanya pulang. Bumbu desa juga menyediakan layanan katering bagi yang berminat.

Itulah tadi beberapa restoran masakan khas Indonesia yang baru saja ditunjuk bekerja sama dengan Wonderful Indonesia. Tak disangka, ternyata kuliner ala Nusantara juga bisa menarik minat food lover di Indonesia. Bagaimana, ada yang tertarik untuk mengunjungi salah satu restoran di atas dalam waktu dekat? Next

ramadan
Tampilan menggoda Cireng JupeTampilan menggoda Cireng Jupe

Cireng Jupe, Nikmatnya Jajanan Lokal Rasa Premium

Kakatua Raja

Molek nan Menawan, Deretan Burung Cantik Khas Indonesia