in ,

Rendang Bukan Sekedar Makanan, Namun Juga Kearifan Lokal Sumatera Barat

Menolak Nikmatnya Rendang Memang Sedikit Mustahil

Perdebatan tentang rendang yang dipicu penilaian juri masterchef UK masih terus berlanjut. Sang juri dinilai kurang punya pengetahuan yang cukup tentang masakan Asia. Sebaliknya, kita sebagai orang Indonesia perlu tahu perihal makanan yang sudah mendunia asli dari Sumatera Barat ini. Karena dari riwayat rendang, terkandung kearifan lokal masyarakat Sumatera Barat, seperti yang akan Travelingyuk bahas berikut ini.

Baca juga : Museum Bahari Terbakar, Ucapkan Selamat Tinggal pada Benda Sejarah Ini

Nama Masakan? Bukan

Rendang yang sedang dimasak via instagram/@foodie_vonnie

Banyak yang beranggapan bahwa rendang adalah sebuah menu makanan. Padahal, rendang adalah sebuah proses atau teknik memasak daging. Teknik ini dimulai dari gulai dan terus dipanaskan dengan menggunakan api kecil. Setelah bumbu menggumpal dan kuah habis proses rendang selesai. Daging pun siap disantap.

Banyak Varian Daging yang Digunakan

Rendang tanpa kuah via instagram/@mommyasyet

Meskipun banyak yang mengenal makanan ini menggunakan sapi, ternyata masih banyak daging lain yang menjadi bahan dasar. Setiap daging lain juga dapat diolah dengan teknik rendang. Telur hingga jengkol pun juga dapat menjadi makanan lezat ini.

Tak Heran Jika Cita Rasanya Mendunia

Rendang ayam yang telah dikeringkan kuahnya via instagram/@slamducky

Tak heran jika masakan ini dinobatkan oleh CNN pada peringkat satu dalam World’s 50 Delicious Food. Rasa dari masakan ini memang dapat diterima oleh lidah masyarakat internasional. Karena beberapa negara memiliki menu yang menyerupai rendang dengan beberapa perbedaan. Seperti kemiripannya dengan menu makanan Eropa Timur.

Dapat Bertahan Dalam Waktu yang Lama

Penyajian rendang yang berbeda via instagram/@dewihsan

Dalam ruangan bersuhu normal, rendang bisa bertahan sampai tiga hari. Namun ketika memasuki lemari es, makanan ini dapat bertahan selama sembilan hari. Hal ini dikarenakan kadar air dalam rendang sangat sedikit, sehingga tidak membuatnya cepat busuk. Selain itu penggunaan rempah-rempah seperti cabai, bawang, dan lain-lain ini berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan.

Hidangan Istimewa

Rendang ayam yang masih memiliki sedikit kuah via instagram/@prince_musa

Bagi orang Minangkabau, rendang juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Makanan ini juga sering muncul pada setiap acara adat di Minangkabau. Pembuatannya diusahakan menggunakan kelapa yang sedikit tua, karena usia kelapa yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa.

Cita rasa masakan Indonesia memang luar biasa. Penggunaan rempah-rempah yang berlimpah adalah salah satunya kuncinya. Tak heran jika dulu banyak penjajah yang datang untuk mencari rempah-rempah. Bagaimana menurutmu? Next

ramadan

Merasakan Atmosfer Negeri Dongeng di Rumah Hobbit Bantul

Sempat Rawan, Anjungan Titanic Jurang Tembelan Kini Jadi Wisata Pilihan