in , ,

RM Saung Kuring Bogor, Rajanya Ayam Goreng Sejak 1978

Mencicipi Ayam Goreng Legendaris di RM Saung Kuring Bogor

Ayam Goreng di RM Saung Kuring
Ayam Goreng di RM Saung Kuring (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang gemar blusukan, wajib mampir ke kawasan kuliner Suryakencana di Bogor. Berdekatan dengan Pasar Bogor, ada beberapa tempat makan yang bisa kalian sambangi. Salah satu yang cukup recommended adalah RM Saung Kuring.

Baca juga : 3 Momen Selfie dengan Binatang, Mana yang Paling Unik?

img_20190720_133502__Aqf.jpg
Daerah padat Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

RM Saung Kuring termasuk salah satu rumah makan Sunda legendaris di Bogor. Rasa sajiannya benar-benar mantap dan tinggalkan kesan mendalam. Penasaran bagaimana sensasi kulineran di sini? Yuk, simak ulasan berikut.

Eksis Sejak 1978

img_20190720_152244_jE1.jpg
Melengenda sejak 1978 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mulanya, saya memilih RM Saung Kuring lantaran bangunannya cukup mencolok dibanding tempat lain di sekitaran Jalan Surya Kencana. Gedungnya berwarna jingga dengan billboard merah terang. Saya pun penasaran untuk mampir.

Pilihan saya rupanya tepat. Begitu menelisik bagian dalam rumah makan, barulah saya sadar bahwa restoran ini ternyata telah eksis sejak 1978.

Rajanya Ayam Goreng

img_20190720_151439_iMN.jpg
Suasana di dalam restoran (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebagai rumah makan khas Sunda, RM Saung Kuring punya menu andalan ayam goreng. Selain itu masih ada sajian menggoda lain seperti sayur asem, soto bening, dan aneka pepes. Mereka pun dengan percaya diri memasang tagline ‘Rajanya Ayam Goreng’. Artinya menu tersebut memang paling recommended dan patut dicoba di sini.

Atas saran dari pelayan, saya akhirnya memesan sepiring nasi uduk hangat, seporsi ayam goreng paha, bakwan jagung, dan es teh manis.

Ayam Gorengnya Juara

img_20190720_144636_Tiz.jpg
Pesanan saya tiba (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah menunggu beberapa menit, pesanan saya pun tiba. Melihat potongan paha ayam dan bakwan jagung, lengkap dengan sambal serta lalapan, selera makan saya langsung tergugah.

Ditambah lagi nasi uduknya tampak masih mengepul, dilengkapi taburan potongan telur dadar, bawang goreng, serta potongan daun kemangi. Saya jadi makin tak sabar untuk menyantap semuanya.

img_20190720_144723_6Nx.jpg
Rajanya ayam goreng (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Begitu saya santap, tidak salah memang jika ayam goreng RM Saung Kuring diklaim juara. Teksturnya begitu lembut, dengan cita rasa gurih menggoda. Saking empuknya, daging ayamnya sangat mudah terlepas dari tulang lho. Dicocol sambal, sensasi bersantap di sini jadi makin komplet.

Nasi Uduknya Maknyus

img_20190720_144647_oPp.jpg
Nasi uduknya maknyus banget (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setelah nasi uduk sudah terlihat tak begitu mengepul, buru-buru saya mencicipi sesuap. Terlanjur penasaran bagaimana rasanya. Kunyahan demi kunyahan saya nikmati. Hmm, nggak butuh kalimat panjang sih untuk mengungkapkan nikmatnya sajian ini. Maknyus banget, guys!

Bakwan Jagung dan Lalapan Bikin Sempurna

img_20190720_144801_zsP.jpg
Lalapannya nampol (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terakhir, masih ada bakwan jagung dan lalapan nih Teman Traveler. Dari awal yang bikin saya gagal fokus sebenarnya adalah porsi lalapan. Melimpah banget untuk ukuran saya, yang hanya datang dengan seorang balita.

menu_rm_saung_kuring_rPC.jpg
Daftar menu di RM Saung Kuring (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bakwan jagung dan lalapan daun selada, timun, serta kubis inilah yang bikin santap siang kala itu makin sempurna. Sungguh tepat rasanya memilih RM Saung Kuring untuk kulineran di kawasan Surya Kencana. Cukup rogoh kocek Rp35.000, saya sudah mendapat porsi banyak dengan kelezatan paripurna.

Menuju RM Saung Kuring

img_20190720_152113_fVu.jpg
Jalan di depan rumah makan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari Jalan Ir. H. Juanda yang bersisian dengan bagian selatan Kebun Raya Bogor, Teman Traveler tinggal berjalan kaki sejauh 400 meter ke arah Jalan Surya Kencana. Sepanjang jalan ini merupakan SSA (sistem satu arah) yang begitu ramai kendaraan. Jadi, jalan kaki atau naik kendaraan roda dua adalah pilihan terbaik untuk mencapai resto ini.

Nah, bagaimana Teman Traveler, siap bertualang ke kawasan Surya Kencana dan kulineran RM Saung Kuring? Tempat makan ini buka mulai pukul 09.30 hingga 19.30. Yuk, segera rencanakan untuk berburu kuliner Bogor di sini. Next

ramadan
Petik Buah di Ladang Strawberry

Lumbung Strawberry Batu, Seru Petik Buah Sepuasnya

kuliner dengan nama janda

Kuliner dengan Nama Janda di Indonesia, Apa ya Cerita di Baliknya