in ,

Rujak Bebeg, Kuliner Unik dengan Rasa Ciamik Khas Nusantara

Kuliner Rujak Bebeg

Rujak Bebeg
Rujak Bebeg

Kuliner Nusantara memang banyak yang menarik perhatian dunia. Sebut saja rendang, kuliner lezat yang mendapatkan predikat sebagai makanan terenak di dunia berdasarkan survey CNN. Tak hanya itu, jajanan seperti rujak juga makin diburu. Apalagi rujak satu ini!

Baca juga : 5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing, Banyak Jalan Menuju Puncak

Rujak Istimewa yang Diracik Sederhana

Rujak bebeg lezat
Rujak bebeg lezat [image source]
Rujak di Indonesia sangatlah beragam. Ada yang menggunakan lontong, kikil bahkan buah segar seperti Rujak Gelogor. Cara pembuatannya juga beragam, seperti rujak bebeg. Seperti namanya, proses pembuatan kuliner satu ini bukan diulek melainkan dibebek atau ditumbuk dengan menggunakan lesung atau alu kecil.

Buah Segar yang Ikut Ditumbuk

Penjual rujak bebeg
Penjual rujak bebeg [image source]
Bahan utama rujak bebeg ini adalah buah-buah segar, seperti mangga, jambu, mentimun, pepaya muda, bengkoang, kedondong serta nanas muda. Beberapa penjual juga menambahkan pisang batu atau mengkudu muda dalam racikan. Semua bahan tersebut ikut ditumbuk dalam alu bersama bumbu. Sebelumnya, buah dikupas dan dipotong kecil-kecil agar mudah hancur. Unik kan?

Pedas Nikmat yang Menggoyang Lidah

Rujak unik di Indonesia
Rujak unik di Indonesia [image source]
Sementara bumbunya juga lengkap dari gula merah, cabai rawit, garam, terasi, dan air asam. Pecinta pedas bisa langsung pesan menentukan jumlah cabai yang ingin dimasukkan dalam racikan. Begitu pun sebaliknya dengan kamu yang tidak begitu suka rujak pedas. Soal rasa tentu saja bakalan menggoyang lidah. Apalagi dengan tekstur buah yang halus.

Kuliner Favorit Warga Tangerang dan Sekitarnya

Rujak Bebeg Bogor
Rujak Bebeg Bogor [image source]
Jajanan lezat yang satu ini sebenarnya cukup mudah ditemukan di beberapa tempat. Salah satu yang terkenal adalah di kawasan Tangerang. Biasanya, penjualnya menjajakan kuliner tersebut dengan berkeliling. Tak perlu khawatir, harga untuk rujak satu ini relatif murah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati rujak bebeg di Jakarta, Bogor, hingga Klaten.

Wadah Saji dengan Aroma Khas

Rujak pincuk daun pisang
Rujak pincuk daun pisang [image source]
Bukan hanya proses pembuatannya, wadah rujak satu ini juga tak kalah unik. Sebagian besar penjualnnya menggunakan pincuk daun pisang berukuran mungil. Sendoknya juga terbuat dari lipatan daun pisang. Aroma setiap sendokannya pun benar-benar nikmat karena harum alami daun pisang. Namun jangan heran, ada beberapa orang yang menjual jajanan ini dalam bungkus plastik.

Bagaimana, sudah pernah mencoba jajanan menggiurkan satu ini? Jangan lupa ajak temanmu untuk melestarikan kuliner legendaris satu ini ya! Next

ramadan

Pantai Bak Surga di Lombok Tengah yang Belum Banyak Dijamah

Kota Wisata dengan Tiket Pesawat PP Tidak Sampai Satu Juta dari Jakarta