in ,

Dari Sempol hingga Chiki, Ini Empat Rujak di Surabaya yang Anti Mainstream

4 Rujak di Surabaya yang Isinya Unik

Rujak Unik di Surabaya

Rujak merupakan salah satu kuliner yang identik dengan Surabaya. Hidangan tradisional yang berupa campuran sayuran atau buah dengan bumbu kacang ini selalu membuat siapapun tergoda. Namun, siapa sangka jika di Kota Pahlawan tak hanya ada rujak cingur. Ternyata ada banyak varian anti mainstream yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran dengan rujak-rujak di Surabaya ini kan? Simak ulasannya yuk!

Baca juga : Tempat Menginap Murah Dekat Rabbit Town, Jalan Kaki Sambil Eksis

1. Rujak Sempol

Rujak Sempol Mas Bram
Rujak Sempol Mas Bram via instagram/@eattemptationsby

Biasanya, rujak terdiri dari sayuran atau buah. Namun, lain halnya dengan outlet yang terletak di Jalan Tidar No. 99 ini. Rujak di sini digunakan sebagai saos sempol. Sajiannya memang unik, tapi ternyata banyak sekali yang penasaran dengan jajanan yang bernama Rujak Sempol Mas Bram ini. Selain menyajikan saos rujak, kamu juga bisa memilih saos keju. Seporsi makanan ini memang tak mengenyangkan. Namun, lumayan untuk mengganjal perut keroncongan.

Rujak Sempol Mas Bram, Sempol di Surabaya dengan rasa istimewa
Rujak Sempol Mas Bram, Sempol di Surabaya dengan rasa istimewa via instagram/@rujaksempolmasbram

2. Rujak Chiki

Rujak Imbuh dengan topping Chiki
Rujak Imbuh dengan topping Chiki via instagram/@kokobuncit

Ada-ada saja inovasi penjual makanan saat ini. Tak hanya mangga yang dipadukan dengan ketan, kali ini ada rujak yang dicampur dengan snack atau chiki. Rujak di Surabaya yang kekinian ini memang menarik perhatian. Pasalnya, rujak manis dengan kuah pedasnya ditaburi dengan aneka chiki sebagai toppingnya. Isinya tak hanya itu, tapi ada buah segar seperti bengkoang, nanas, timun, kedondong, dan belimbing. Penasaran dengan rasanya? Mampir saja ke Outlet Rujak Imbuh di  Jl. Raya Tenggilis Mejoyo AI No. 34.

Imbuh, Rujak di Surabaya dengan topping Chiki
Imbuh, Rujak di Surabaya dengan topping Chiki via instagram/@imbuh.id

3. Rujak Bihun

Rujak Kuwah dengan Topping Bihun Goreng
Rujak Kuwah dengan Topping Bihun Goreng via instagram/@imbuh.id

Masih di oulet yang sama, ada satu lagi menu lain yang tak kalah anti mainstream. Namanya Ruwah atau Rujak Kuwah. Jajanan yang hingga artikel ini ditulis sekitar Rp12.000 ini berisi aneka buah segar yang menggugah selera. Kamu bisa memesan level pedas atau tidak. Uniknya, rujak di Surabaya ini diberi topping bihun goreng serta kacang. Sebelum bercampur dengan kuahnya, tekstur bihunnya kriuk-kriuk. Ingat, outlet ini ditutup tiap hari Rabu.

Rujak Kuwah di Imbuh
Rujak Kuwah di Imbuh via instagram/@imbuh.id

4. Rujak Sayur Asin

Rujak Sayur Asin di Surabaya
Rujak Sayur Asin di Surabaya via instagram/@surabayafoodies

Sayuran sudah menjadi hal biasa untuk dijadikan campuran rujak. Namun, bagaimana dengan sawi? Nah, kamu bisa menemukan kuliner enak ini di Jalan Diponegoro. Bukan sembarangan, sawi yang digunakan ini memiliki rasa asin tapi nikmat. Bahan ini dibuat sendiri dengan mengikat sawi putih dan direndam di air panas hingga layu. Kemudian, sayur tersebut di masukkan ke dalam toples yang berisi larutan gula, garam, cuka, dan air. Sajian ini makin nikmat dengan tambahan acar mentimun, irisan tahu goreng, serta bawang goreng. Rasanya, dijamin mantab.

Rujak Sayur Asin
Rujak Sayur Asin via instagram/@surabayafoodies

Hampir semua porsi makanan enak di atas tidak membuat perut kenyang. Selain ukurannya kecil, rujak di Surabaya ini memang diperuntukkan untuk kamu yang suka nyemil. Bagaimana, berniat untuk coba yang mana nih? Next

ramadan

Rujak Manis Ananas, Kudapan Siang di Malang yang Menggoyang Lidah

Gedung Arsip Nasional, Warisan Arsitektur Indah nan Bersejarah