in , , ,

Rujak Ice Cream Legendaris Jogja, Masih Eksis di Tengah Arus Modernisasi

Rujak Es Krim Legendaris di Jogja yang Wajib Dicoba

Rujak Ice Cream Dokpri (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Siapa team ice cream? Ada sajian ice cream unik dan legendaris di Jogja yaitu Rujak Ice Cream. Bila Teman Traveler berkunjung ke Kota Pelajar, sisihkan waktu untuk berburu kuliner yuk. Ragam kuliner Kota Pariwisata ini menyebar di seluruh penjuru wilayah. Jika rujak biasanya disajikan dalam bentuk hangat dan pedas, rujak racikan Pak Marsikun ini berbeda. Berbekal coba-coba melalui inovasi, beliau membuat rujak dicampur ice cream sederhana.

Baca juga : Trik Lima Ratus Ribu Untuk Liburan Keempat Kota

Perkembangan bisnis kuliner modern memang menjadikannya kurang populer di ranah jajanan kalangan atas. Namun demikian, omset Rujak Ice Cream street food ini bisa menghidupi keluarga kecil yang tinggal di Tegalrejo, Kota Yogyakarta tersebut.

Lahir Sejak 1970-an

Rujak Campuran Buah Dokpri (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Rujak Ice Cream yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Yogyakarta ini sudah lama berdiri lho. Pak Marsikun mulai mengembangkan bisnis mikro ini sejak 1970an. Namun kini beliau harus beristirahat semaksimal mungkin. So, gerobak dan bisnisnya diturunkan kepada putra beliau. Eitss, tapi keaslian rasanya masih sama lantaran Ibu Marsikun seringkali membantu putranya tersebut meracik rujak legend dan membuat ice cream sederhana.

Pelepas Dahaga Kala Terik Melanda

Rujak Ice Cream via Shutterstock

Jalan-jalan ke Jogja selalu kepanasan? Jika sudah mulai lelah explore objek wisata, saatnya Teman Traveler mencicipi kuliner hits satu ini. Tidak jauh dari pusat kota, dari Tugu Pal Putih silakan menuju arah barat hingga menemukan pertigaan Planet Ban, belok kiri. Gerobak rujak ice cream berada di barat (kanan) jalan.

Rujak Ice Cream legendaris ini buka mulai pukul 10:00 WIB hingga ludes terjual. Bisa dine in di tepi jalan dengan panorama keramaian kota atau pun bisa order take away sebanyak-banyaknya. Tapi, ingat ya rujak ini mengandung ice cream yang mudah mencair. Jadi disarankan untuk makan di tempat. Meski pinggir jalan, lokasi gerobak berada di bawah pohon rindang. Sehingga, suasana nyaman siap menemani Teman Traveler. 

Rasa Nikmat Harga Hemat

Satu Porsi Rp 5.000 Dokpri (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Satu porsi Rujak Ice Cream Pak Marsikun dibanderol dengan harga Rp5.000 saja. Rasanya jangan duragukan, perpaduan pedas, manis, dan dingin bercampur sempurna. Sementara sambalnya bisa request sesuai selera pelanggan. Potongan buah-buahan dicampur dalam wadah besar. Isinya cukup beragam, ada nanas, pepaya, mangga, bengkoang, dan lain sebagainya. Bumbu khusus dibaurkan agar melekat bersama buah.

Bergizi dan Bikin Happy

Rujak Campuran Buah Dokpri (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Kandungan vitamin dalam buah tentu menyumbang nutrisi bagi tubuh. Serat alami pun akan terserap menjadi zat yang baik untuk dikonsumsi. Sementara sajian menu yang tampil menarik memanjakan mata. Siapa pun yang menikmatinya akan merasa bahagia.

Bukan hanya menu lezat, putra Pak Marsikun juga melayani pembeli dengan ramah. Teman Traveler yang kepo tentang cara pembuatan akan mendapat penjelasan singkat. Tunggu apa lagi, yuk mampir ke sini! Next

ramadan
Wisata Air Panas Cangar

Wisata Air Panas Cangar, Solusi Saat Kedinginan di Batu

10 Gaya Nyentrik Lucinta Luna Saat Liburan, Bikin Gagal Fokus