in ,

Rujak Sayur Asin, Kuliner Unik dan Otentik Khas Surabaya

Kuliner Khas Surabaya, Rujak Sayur Asin
Kuliner Khas Surabaya, Rujak Sayur Asin

Selama ini Surabaya dikenal dengan kuliner andalannya, yaitu Rujak Cingur yang menggunakan bibir sapi sebagai bahan utamanya. Ternyata ada lagi yang menarik untuk dicicipi, yaitu Rujak Sayur Asin. Unik ya, rujak tapi kok asin bukannya pedas? Ini dia penjelasannya.

Baca juga : Eloknya Pantai Sendiki, Bikin Betah Meski Sendiri

Campuran Tionghoa dan Jawa

Kuliner unik Surabaya, Rujak Sayur Asin
Kuliner unik Surabaya, Rujak Sayur Asin [image source]
Bukan cingur, kuliner yang satu ini menggunakan sayur asin ala Tionghoa sebagai campuran. Namun tetap memakai petis ala Rujak Cingur khas Jawa, khususnya Surabaya. Selain dari ikan dan udang,  juga ada petis sapi yang terbuat dari hasil sampingan dalam proses pembuatan dendeng dan abon.

Rujak Sayur Asin
Rujak Sayur Asin [image source]

Kunci Kelezatan Kuliner Ini

Sawi Asin
Sawi Asin [image source]
Yang membedakan adalah campuran sawi asin yang menjadi cita rasa unik dari kuliner satu ini. Cara membuatnya cukup mudah. Sawi putih diikat dan direndam di air panas untuk membuatnya layu. Kemudian dimasukkan pada toples-toples yang berisi larutan gula, garam, cuka dan air. Sawi asin ini disajikan dengan acar mentimun, irisan tahu goreng setengah matang, bawang goreng dan kerupuk.

Rujak Sayur Asin Surabaya
Rujak Sayur Asin Surabaya [image source]

Bumbu yang Menggugah Selera

Rujak Sayur Asin di Surabaya
Rujak Sayur Asin di Surabaya [image source]
Acar mentimun menjadikan bumbu petis dalam rujak sayur asin ini encer dan mudah menyatu dengan isian di dalam piring. Tak lupa potongan cabe rawit yang bisa diminta sesuai selera. Taburan bawang goreng melimpah di atasnya juga menjadikan kudapan ini semakin sempurna. Cocok banget untuk menu makan siang, ya.

Rujak Sayur Asin dan kerupuk
Rujak Sayur Asin dan kerupuk [image source]

Sudah Jarang Ditemukan di Surabaya

Kuliner Surabaya, Rujak Sayur ASin
Kuliner Surabaya, Rujak Sayur Asin [image source]
Di antara kuliner Surabaya lainnya seperti Sego Sambel dan Lontong Balap, jajanan Rujak Sayur Asin tak banyak ditemukan. Kamu bisa mencicipinya di Jalan Diponegoro saat siang hingga sore hari. Tak menguras kantong, seporsinya bisa dilahap dengan harga 10 ribu rupiah saja. Murah dan kenyang bahagia.

Rujak Sawi Asin
Rujak Sawi Asin [image source]
Wah, perlu dicoba nih saat berkunjung ke Kota Pahlawan. Bisa jajan sambil jalan kaki menyusuri Surabaya. Bagaimana, jadi kapan nih? Next

ramadan

5 Wisata Baru Kediri, Keren-Keren untuk Menyenangkan Diri

Taman Tuk Mudal.

Surga Main Air yang Tersembunyi di Kulonprogo